ARIPITSTOP.COM – Ada pengalaman menarik ini, ketika saya scroll di beranda facebook, saya melihat salah satu postingan di sebuah grup motor memperlihatkan video momen terbakarnya fuel pump akibat keteledoran ketika servis.

Video yang diunggah oleh akun ‎Daniel Novianto‎ di grup bekakas ini menjadi pembelajaran bersama terutama buat kita yang suka otak atik motor sendiri. Dalam videonya tersebut awalnya memperlihatkan proses pembersihan fuel pump yang mungkin sebelumnya macet yang biasa jadi karena di dalam tangki banyak air atau tangki karatan sehingga menyebabkan fuel pump menjadi macet.

Fuel pump macet akibat kotoran memang ada sebagian yang bisa kita akali dengan mencoba untuk dibersihkan menggunakan bensin bersih, fuel pump dicuci dibilas sampai bersih, bahkan terkadang sampai dipretelin (pengalaman pribadi ngakalain fuel pump agar bisa normal lagi, meskipun tingkat keberhasilannya rendah tapi lumayan kalau berhasil bisa menghemat). Jika dirasa fuel pump sudah bersih maka selanjutnya adalah proses pengetesan kinerja fuel pump.

Disinilah letaknya kehatian… saya dari dulu tidak pernah berani mengetes fungsi kerja fuel pump secara terbuka, harus dipastikan mengetesnya terpasang kembali di dalam tangki agar tidak terjadi percikan api.

Bisa dilihat divideo dibawah ini, mencoba menghidupkan fuel pump menggunakan kabel secara terbuka langsung menuju ke aki, sudah pasti yang namanya menyambungkan atau menghubungkan kabel secara terbuka itu rawan akan percikan api, dan betul saja terjadi percikan api dan langsung menyambar bensin di wadah yang digunakan untuk membersihkan fuel pump.

Pembelajaran bersama agar selalu hati2 ketika bertindak…

video via hp klik disini

7 KOMENTAR

  1. Mungkin seharusnya pake “capit buaya” atau soket dihubungkan ke fuel pump dulu terus baru disambungkan ke accu dengan jarak yg cukup jauh dari bensin tsb agar percikan tidak menyambar bensin #saranamatir hehe..

Ketik Komentar Anda