ARIPITSTOP.COM – Berbeda negara memang berbeda jenis pangsa motornya, jika saat ini masyarakat Indonesia lebih suka motor matic, berbeda dengan negara2 tetangga di Asean seperti Malaysia, Vietnam bahkan Filipina yang lebih suka dengan motor bebek. Yang menarik justru line up motor yang sudah tidak dijual di Indonesia masih laris manis di luar negeri.

Seperti yang terjadi di Filipina dimana masyarakat Filipina justru masih menggandrungi motor Suzuki Satria versi karburator. Saat ini Suzuki Filipina memasarkan motor Satria yang diproduksi di Indonesia meskipun beberapa dirakit secara CKD. Berdasarkan data ekspor PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Suzuki Satria makin diburu dan ini buktikan dengan penjualan ekspor yang gemilang dengan mencapai 15.720 unit selama 2018. Padahal, tahun lalu di periode yang sama hanya mampu laku sekitar 3.000 unit saja. Bahkan versi karburator dari Suzuki Satria sekarang sedang dicari oleh pecintanya.

“Yang buat saya bangga adalah Suzuki Rider (nama lain Suzuki Satria diluar Indonesia) sudah terkirim sebanyak 15.720 unit (CKD). Padahal tahun lalu hanya sekitar 3.000-an saja,” katanya lagi.

Lonjakan tersebut sekaligus membuat Suzuki Satria dari Indonesia menjadi produk yang diekspor secara terurai atau Compelitely Knock Down (CKD) terlaris sampai saat ini. “Menariknya Satria yang karburator juga masih tinggi permintaannya. Di Filipina, khususnya, penerimaannya (Suzuki karburator) masih tinggi,” ucap Fauzi selaku Assistant to Head of 2W Overseas & Marketing PT SIM dilansir dari detik.com.

Bisa dilihat dari line up motor yang dipasarkan Suzuki Filipina, disana masih dijual 3 tipe Satria yaitu Raider 150 FI (Satria Injeksi), Raider 150 (Satria kerburator), dan ada Raider J115 Fi (Satria F115 Young Star).

Motor karburator memang unggul di perawatan yang meskipun terlihat tidak sesimple motor injeksi namun lebih mudah diakali ketika motor sedang rewel di bagian pengabutannya. Dibandingkan versi injeksi jika da kerusakan maka kemungkinan besar harus ganti satu set.

8 KOMENTAR

    • Setuju boss,

      Tetangga ane punya new shogun 110, ditanya pedagang mie ayam kenapa gak ganti motor,,,,,jawaban tetangga ane ‘gak dijual,,soalnya motor nya gak rusak-rusak, mesin masih halus’

      padahal tuh motor sudah 15 tahun lebih umur nya

Ketik Komentar Anda