ARIPITSTOP.COM – Akhirnya sudah gamblang Yamaha Vietnam resmi merilis versi terbaru dari Exciter atau MX King jika di Indonesia, motor ini jika dilihat secara umum masih sama seperti versi yang lama namun ada perubahan signifikan di bagian headlamp yang desainnya berubah dan sudah LED dan speedometer yang kini sudah full digital. Dengan perubahan terbaru ini Yamaha Exciter di Vietnam dibandero 47,49 Juta dong atau 29 jutaan rupiah.

Bisa kita lihat perubahan di bagian headlampnya yang kini memakai desain agak melebar dibandingkan versi lama. Headlamp LED dengan 3 cluster, dua cluster smapign untuk lampu dekat dan yang tengah adalah lampu jauhnya.

Kemudian untuk bagian enginya, bisa dilihat di websiter resmi Yamaha Vietnam bahwa motor ini dibekali kapasitas mesin tetap 150cc, dengan ukuran piston 57,0 x 58,7 mm, SOHC, 5 speed, watercooled kemudian power yang didapatkan 11,3 kW / 8500 rpm serta torsi maksimumnya 13,8 Nm / 7000 rpm. Dari sini sudah bisa dipastikan untuk spesifikasi mesin tidak ada perubahan.

Perubahan selanjutnya yang terjadi di Exciter 150 atau MX King adalah bagian roda depan yang kini naik satu tingkat, ukuran ban depan kini lebih lebar dengan ukuran 90/80-17M/C yang sebelumnya 70/90-17M/C tetapi untuk ukuran ban belakang masih sama 120/70-17M/C.

Lalu motor ini sudah dibekali dengan sngie stop atau engine kill switch, motor bebek rasa sport yang semakin sport. Bisa dilihat di saklar sebelah kanan tampak engine stopnya kemudian dibawahnya ada tombol saklar lampu karena di Vietnam belum ada regulasi AHO, kemudian dibawahnya ada tombol starter.

Kemudian kita lihat dibagian sebelah kirinya, terlihat jelas kini memiliki fitur pass beam atau lampu jauh sesaat untuk kebutuhan pertanda/sinyal ketika menyalip kendaraan di depan kita. Tombol pas beam menyatu dengan tombol lampu jarak dekat dan jauh.

Dan perubahan signifikan ada di bagian Speedometer yang kini sudah full digital, bagian teratas ada 6 sinyal berurutan yaitu indikator suhu mesin, lampu netral, indikator battery, sinyal lampu rem, indikator injeksi dan lampu jauh.

Kemudian dibawahnya kompartemen yang cukup mewah dan informasi yang komplit, Indikator speed/ kecepatan lumayan besar, lalu terlihat ada fuel level meter, takometer dalam bentuk bar-graph, Gear Indicator, dan Multi information display berupa trip meter 1 dan 2 . . lalu juga ada semacam indikator konsumsi bahan bakar baik rata rata maupun yang sedang berjalan

Dan ada tambahan lagi yaitu Answer Back System/ABS, gunanya untuk mencari posisi parkiran motor kita.

Bisa kita lihat bagian belakang motor ini tidak ada perubahan sama sekali, kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apakah motor ini juga akan dirilis dalam waktu oleh Yamaha Indonesia, mengingat kejadian yang dulu kalau MX King juga lebih dulu dirilis oleh Yamaha Vietnam baru kemudian di Indonesia. Wajar sich jika dirilis di Vietnam dulu karena di Vietnam bisa dibilang basisnya motor bebek berbeda dengan Indonesia yang kini sedang demam motor matic.

Yamaha Vietnam menjual Yamaha Exciter MY 2019 ini dalam 2 tipe yaitu versi GP dan versi standar yang totalnya terdapat 4 pilihan warna.

6 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda