ARIPITSTOP.COM – Balapan motor listrik alias MotoE di ajang MotoGP akan mulai digelar tahun 2019  tahun depan. Dalam awal pelaksanaannya hanya digelar di daratan Eropa saja dan untuk diluar Eropa akan menyusul mulai musim 2020. Sebuah gebrakan baru dari Dorna dengan menghadirkan balapan motor listrik meskipun tim2 pabrikan belum mau ikut andil didalamnya.

Dorna Sports dalam event peluncuran di Roma, Italia pada Selasa 6/02/2018, resmi meluncurkan satu tambahan kelas baru yaitu MotoE yang akan berlangsung mulai tahun 2019 dan Energica Ego yang bermarkas di Italia ditunjuk memasok motor2 yang akan digunakan untuk balapan, yup… bisa dibilang ini adalah balapan one make race. Balapan motor listrik ini resmi disponsori oleh Enel yang merupakan perusahaan distribusi listrik di Italia. MotoE akan memulai debut balapannya mulai tahun 2019 dan kemungkinan baru akan dimulai 5 seri saja itupun hanya di seri daratan Eropa dan selanjutnya akan diselenggarakan di benua luar Eropa mulai tahun 2020 nanti, kelas MotoE ini akan dibalapkan pada sesi diantara Warm Up MotoGP dan Race Moto3.

Tim yang dipastikan turun terdari Tech3, LCR, Marc VDS, Pramac, Angel Nieto, Avintia dan Gresini (privateer di MotoGP), masing-masing tim akan turun dengan dua motor, empat tim lainnya adalah VR46, Pons Racing, GP Intensif dan SIC58 Squadra Corse yang masing-masing akan turun dengan satu motor.

Para pembalap nantinya akan melakoni dua sesi latihan bebas, masing-masing selama 30 menit, pada Jumat. Sedangkan sesi kualifikasi ‘E-Pole’ berlangsung pada Sabtu atau satu hari sebelum balapan.

MotoE juga akan mendapat pasokan ban dari produsen yang sama seperti MotoGP, yaitu Michelin. Setiap tim akan mendapat 4 ban depan dan 5 ban belakang kering serta 3 ban depan dan 4 ban belakang basah untuk setiap seri balapnya

Namun informasi terbaru dari kelas ini mengumumkan bahwa Sky Racing Team VR46, yang awalnya berniat untuk terlibat ternyata mengundurkan diri dan akan digantikan oleh Ajo Motorsort. Para tim dan pembalap MotoE akan mulai bersiap-siap melalui tes pramusim yang digelar pada November mendatang di Sirkuit Jerez, Spanyol.

3 KOMENTAR

  1. “Namun informasi terbaru dari kelas ini mengumumkan bahwa Sky Racing Team VR46, yang awalnya berniat untuk terlibat ternyata mengundurkan diri dan akan digantikan oleh Ajo Motorsort”
    isi artikel yg sesuai judul cuma ini doang, kirain bkl d bahas alasan2 knp sky mundur

Ketik Komentar Anda