ARIPITSTOP.COM – Yamaha Xmax berubah jadi roda tiga memakai sespan alias kereta samping. Unik juga nich motor, kereta sampingnya juga memakai cover bodi dari Xmax.

Jika dilihat sespan yang terpasang di bagian depan memakai full cover depan Xmax termasuk headlamp dan lampu seinnya. Kereta samping ini jadi tampak serasi kan…

Belum diketahui berapa biaya yang dihabiskan untuk memodifikasi motor Xmax seperti ini.

Modifikasi-xmax-roda-tiga-2

Lalu bagaimana dari segi hukumnya ?, kementerian Perhubungan memperbolehkan motor dimodifikasi asalkan sesuai peraturan yang berlaku. Kemenhub lernah menjelaskan jika motor bisa dimodifikasi menjadi sespan yaitu modifikasi kereta samping.

Dalam twitter resmi kementerian di @kemenhub151 disebutkan mengenai hal tersebut. Pernyataan ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 55 Tahun 2012 mengenai Kendaraan Pasal 77.

Didalam peraturan tersebut tertulis :

“Sepeda motor dapat digandengkan dengan kereta samping.”

Dalam ketentuan itu disebutkan ada syarat yang harus dipenuhi. Pertama, adanya lampu depan dan belakang. Berikutnya, adanya pemantul cahaya. Dan ketentuan lainnya lampu penunjuk arah atau sein di bagian depan dan belakang.

8 KOMENTAR

  1. ketentuan pasal 1 PP 55/2012

    Uji Tipe Kendaraan Bermotor adalah pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi.
    Modifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor

    Uji Tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 121 ayat (3) huruf a terdiri atas:
    a. pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan
    b. penelitian rancang bangun dan REKAYASA KENDARAAN BERMOTOR..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini