ARIPITSTOP.COM – Pada saat datang ke museum Suzuki atau yang lebih dukenal dengan Suzuki Plaza, disana terpajang berbagai jenis produk yang pernah dipasarkan oleh perusahaan Suzuki. Bukan hanya mobil dan motor namun juga terpajang mesin tenun yang merupakan cikal bakal berdirinya perusahaan asal Hamamatsu.

Di museum ini terpajang sejarah motor Suzuki dari awal pertama kali diproduksi yang berupa motor namun desainnya mirip banget dengan seoeda ontel. Namun juga ada beberapa koleksi motor yang saat ini masih dipasarkan oleh Suzuki global salah satunya adalah Suzuki Gixxer yang motor ini diproduksi oleh Suzuki India.

Jika selama ini saya hanya melihat lewat dunia maya, maka kali ini saya bisa melihat langsung sang kuda besi yang ternyata dipajang di ruang utama atau lantai 1 dari Suzuki Plaza. Motor ini hanya dipasarkan di India saja meski dulu sempar beredar isu kalau motor ini akan dimasukkan oleh Suzuki Indonesia namun ternyata PT SIS punya motor naked sendiri yaitu GSX-S150 yang justru menjadi produk global. Untuk urusan mesin sudah pasti jomplang jika dibandingkan dengan GSX-S150 karena Suzuki GIxxer masih menganut mesin 155cc, aie coolwd dan masih SOHC, bisa dilihat dari blok mesinnya yang tampak kopong.

Untuk desain bagaimana ?, untuk secara desain kalau boleh saya bilang justru tidak sepeeti yang kita kira yang hanya melihat lewat dunia maya, memang sich desainnya tampak lebih jadul atau motor ke-bapak2an, dan memang sepertinya akan punya kans kecil jika dijual di Indonesia.

Headlampnya jika dilihat dari dekat boleh dibilang kita akan berhadapan dengan Honda MegaPro yang desainnya memang kearah selera bapak2. Tapi ini justru diminati di pasar India, faktanya Suzuki Gixxer memiliki market besar disana, bersaing dengan produk ATPM lokal yaitu bajaj dan hero. Penjualan Suzuki Gixxer justru lebih laria dari kompetitor sesama produk Jepang, dan kembali lagi karena selera biker di Indonesia memiliki selera yang berbeda dengan biker di India.

Yang paling saya suka dari desain Gixxer adalah bagian tangki yang memiliki lekukan tajam terlihat tampil berotot. Air shroud yang tidak terlalu besar memang cukup manis, bagian bodi belakang not bad justru enak dilihat teutama bagian behel yang memakai model tanduk, dan ternyata desain jok tandem Suzuki Gixxer ini memiliki tonjolan ditengah2 untuk menopang agar boncenger tidak melorot kedepan.

Knalpot Gixxer ini memang unik, dengan desain gambot di belakang lalu memiliki dua lobang exhaust tampil dengan gaya sporty.

Overal desain dari Suzuki Gixxer ini memang enak dilihat, justru saya berfikiran jika PT SIS berani memproduksi motor ini di Indonesia sebagai motor sport naked versi murah mendampingi pasar Honda Verza yang sekarang bwrjalan sendirian dan faktanya hasil penjualan Verza setiap bulannya bisa dibilang bagus bahkan kadang lebih laris dari motor sport entry level lainnya.

So… diproduksi di Indonesia ?, bolehlah mengisi market sport naked murah.

10 KOMENTAR

  1. lah dulu kan posisinya emang entry level.. konsumen sini langsung mencibir dengan membandingkannya lawan vixi sama cb yg secara kelas tidak sama… ya buyar langsung coret.. padahal kalau dipasarkan bakal jadi bangkitnya era thunder seperti dulu..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini