image description

ARIPITSTOP.COM – Pada saat sore hari berakhirnya tes pra musim di Thailand, para tim dan pembalap MotoGP menyetujui diadakannya simulai trek basah di sirkuit Losail Qatar, sebanyak 18 truk akan dikerahkan untuk mengguyur trek agar lintasan terlihat basah layaknya hujan turun, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah sirkuit Losail layak untuk race dalam kondisi basah.

Dilansir dari crashnet Race Director (Direktur Pengawas Balap) MotoGP, Mike Webb menjelaskan mengapa keputusan ini diambil. Seperti yang kita ketahui kalau balapan di Qatar dilakukan pada malam hari, jika trek dalam kondisi kering maka tidak ada masalah, karena yang menjadi momok adalah badai pasir dan hujan yang pastinya bisa mengganggu jalannya balapan.

Pada tahun 2009 silam, balapan MotoGP bahkan dimundurkan satu hari karena badai hujan melanda pada Minggu malam. Tahun lalu, balapan ditunda dua kali akibat lintasan tak kunjung kering. Dan akhirnya kini kekhawatiran ini muncul akibat cahaya yang memantul pada permukaan lintasan yang basah dinilai bisa mengganggu penglihatan rider. Silau cahaya yang bisa mengakibatkan manipulasi penglihatan.

“Hal ini dilakukan menyusul dampak yang terjadi di Losail dalam beberapa tahun terakhir, terutama tahun lalu. Keputusan ini diambil karena kami ingin mengetahui apakah memungkinkan atau tidak untuk menurunkan motor dalam kondisi basah di lintasan yang disinari lampu. Kami harus tahu soal ini,” ujar Webb.

Uji coba atau simulasi race ini nantinya akan mengakibatkan sebanyak 18 truk yang akan mengguyur para pembalap dan trek. Nantinya para pembalap harus keluar dari pit dan masuk ke trek secara berkelompok, sesi ini akan digelar dua kali, yakni dalam kondisi gelap dan dalam kondisi diterangi lampu dengan daya sebesar 5,4 juta watt.

“Uji coba ini hanya untuk memeriksa penglihatan, jadi bukan cari setup atau catatan waktu. Para rider akan lihat bagaimana kondisinya. Jika jawaban mereka ‘tidak’, maka kami takkan menggelar balapan dalam kondisi hujan. Bila jawabannya ‘ya’, kami akan diskusi apa yang harus kami rencanakan bila hujan turun selama pekan balap,” lanjut Webb.

Namun semua itu pastinya keputusan ada pada para pembalap, meskipun sudah diuji coba dan pada saat waktunya race tiba terjadi hujan turun, maka keputusan race atau tidak diputuskan oleh para pembalap.

5 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda