image description

ARIPITSTOP.COM – Yamaha Byson apakah perlu disuntik mati atau dupdate dengan desain yang baru mendekati desain yang lama versi karburator yang justru dianggap desainnya lebih gagah sesuai dengan namanya. Hal ini melihat hasil penjualan Byson yang terus menurun bahkan penjualannya di awal tahun 2018 sangat terperosok.

Awal kemunculannya pada tahun 2010, Yamaha Byson mengusung mesin karburator dengan desain yang gagah meskipun tenaganya dianggap kurang tapi fatanya Byson karburator sangat digandrungi. Pertama kali lahir hingga tahun 2011 ketika masih diimport dari Thailand motor ini mengalami inden yang mengular hingga akhirnya jalur inden bisa terpangkas setelah YIMM resmi merakit sendiri mulai tahun 2012.

Hingga akhrinya pada tahun 2015 mendapatkan update desain serta mesin baru yang sudah injeksi. All New Byson fi memiliki kapasitas engine 149,3cc sedangkan powernya menjadi 13,06PS@8000rpm, meski kapasitas turun tapi Byson injeksi diklaim akslerasi lebih kencang dari versi lama dan hal ini langsung dibuktikan oleh para awak media ketika sesi tes ride bahwa performa Alll New Byson memang terasa sekali powernya, akslerasi yang rigit ditunjang bobot motor yang berkurang hingga 3kg.

Namun ternyata setelah ada update versi injeksi justru penjualan motor ini semakin menurun, puncaknya pada tahun 2017 motor yang mengusung desain gagah ini hanya terjual 678 unit sepanjang 2017, atau kira-kira 56 unit per bulan. Dan di bulan Januari 2018 penjualannya hanya dua unit saja, hal ini apakah perlu Byson disuntik mati atau segera update versi terbaru ?.

sumber : viva.co.id

26 KOMENTAR

  1. Ini motor enak padahal.. kenyamanan juara di kelasnya. halus tarikan mesinnya, kopling enteng, minim getar, suspensi empuk dan stabil bgt (khususnya yg depan), posisi duduk jg nyaman karena stang baplang. Kalau buat cruising sehari hari cukup bgt.. mnurut saya dibanding megapro cuma kalah di akselerasi, lain2nya enak byson. Bahkan dibanding vixion dan cb yg lbh mahal masih gleseerr byson kalau di bawa jalan2 santai. Knapa ya ga laku…

  2. Desain byson lama memang istimewa, smpe2 bisa mengkompensasi kurangnya power & bikin ini motor tetep laris.

    Konyol YIMM, lengserin byson lama. Buang emas ambil kerikil.

  3. Dari pada beli Byson Fi Sohc 150 2 Valves 5 Speed.

    Mending beli aja GSX-S/R150 2017 mesin jauh lebih Powerfull yaitu Dohc 4 Valves 6 Speed dan RPM 13000. Imho. :mrgreen:

  4. Kalo kata om kobay telah terjadi sinting delman di era sekarang matic yang harus powerfull, sport so so gapapa..hehehe
    Yang dibahas yang laku aja, giliran gak laku gak dianggap

  5. Pada zamannnya (2010-2013) byson laku karena ban belalang gede, shock depan gede, tengki gede. Namun ketika vikson bermutasi dengan pake ban gede, tengki gede, maka byson mulai tidak dilirik.

  6. koreksi ya, mesin byson gen awal import sari india (yamaha fz16), BUKAN THAILAND.
    dan yamaha thailand tidak pernah jualan fz16 atau byson.

  7. menurut ane kalo mau laku, mesti redesain ulang sendiri trus tambah fitur. jangan pernah ambil desain india, jelek pol. untuk desain bisa mulai dari basis byson awal, tinggal di sempurnakan sedikit, jangan over. pake teori evolusi, jangan revolusi.

    untuk fitur bisa coba ganti desain pelk, jok jangan split, rem belakang ganti cakram. power dan torsi dinaikin. lampu sein, rem belakang pake led, lampu depan tetep halogen, jangan led bikin silau dan susah tembus kabut hujan

  8. Desain depan byson bagus cuma desain belakang aneh ga enak. harga byson saat ini terlalu overpriced, minim fitur pula. next byson wajib di upgrade :
    1. SKS (secure key system)
    2. Revisi total desain belakang termasuk tail lamp (ganti desain belakang seperti punya MT 25)
    3. Rear disk brake
    4. Naikkan torsi akselerasi power dengan VVA
    5. Pasang Assist Slipper Cutch
    6. Gunakan forged piston dan diacyl cylinder
    7. Tambahkan gear indicator N-1-2-3-4-5

    dengan update seperti itu dijual seharga 19jutaan mepet kompetitor honda cb150 verza dijamin beralih ke byson ganteng ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini