image description

ARIPITSTOP.COM – Pada saat event Suzuki Bike Meet 2018 di sirkuit Sentul, saya menemukan satu unit display Suzuki GSX-R150 yang sudah dipotong2, di unit yang sudah dipotong2 ini kita bisa melihat jeroan mesin dari GSX-R150 serta ketebalan dari beberapa part seperti ketebalan rangka, cover bodi, dll.

GSX-R150 dan GSX-S150 keduanya sama2 dibekali mesin overbore, DOHC berkapasitas 150cc dan kompresi 11,5:1 mampu mengeluarkan power sebesar 14,1 kw@10.500 rpm dan torsi 14 Nm@9.000 rpm. Power besar dari mesin ini disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan. Motor ini memiliki batas maksimum putaran mesin hingga 13.000 rpm, suzuki mengklaim kalau power ini tertinggi di kelasnya.

Inilah mesin overbore dari GSX-R150 dan GSX-S150, seperti halnya motor2 DOHC meskipun kapasitas mesin yang tidak cukup besar namun mampu mengeluarkan power yang bisa maksimal ditunjang dengan mesin yang proporsional. Gesekan dan perantara gerakan dibuat seminimal mungkin agar power yang dihasilkan bisa maksimal, seperti contohnya tanpa adanya rocker arm, cam langsung menyentuh klep hanya dengan satu perantara saja yaitu shim.

Kita bisa bayangkan bagaimana printilan2 part tersebut dirakit, untuk proses merakit dari semua komponen printilan part2 motor hanya butuh waktu beberapa detik saja untuk menjadi sebuah motor yang sudah layak dijual. Seperti dalam proses perakitan GSX-R150 ini, dari proses pencetakan nomor rangka, lanjut rangka bergerak di line dan dengan cekatan para karyawan Suzuki ini merakit semua komponen demi komponen hanya dalam waktu 90 detik saja sudah selesai dirakit.

Berikut video unit dan engine cuttingnya, via hp klik disini

7 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda