image description

ARIPITSTOP.COM – Suzuki Indonesia secara resmi merilis GSX-R150 Shuttered Key, motor ini dimaksudkan untuk mengisi segmen motor sport yang lebih terjangkau. GSX-R150 Shuttered Key dibanderol Rp.28.900.000, selisih 1 juta dengan versi Keyless. Motor ini juga sudah didistribusikan mulai hari ini, jadi buat sampeyan yang penasaran bisa langsung meluncur ke dealer Suzuki terdekat, pokoknya sudah diumbar.
instagram-aripitstop

Suzuki GSX-R150 Shuttered Key Rp 28.900.000 on the road DKI Jakarta dengan 3 warna yang disediakan. Yakni Brilliant White, Stronger Red/Titan Black, dan Solid Black/Gloss jadi warna biru MotoGP hanya untuk tipe keyless. Sebagai bonus, SIS juga melengkapi anak kunci GSX-R150 dengan keyholder Suzuki. Suzuki memproduksi tipe shuttered key hanya 15% dari tipe keyless, jadi hanya sedikit saja.

Dari yang kita lihat ternyata anak kunci GSX-R150 Shuttered Key ini modelnya terpisah antara anak kunci untuk kontak dengan pelindung pengaman kunci kontaknya, tidak menyatu seperti yang ada di GSX-S150. Kenapa dibuat terpisah ? padahal bisa berpotensi hilang kalau kita tidak hati2 meskipun sudah sebenarnya dari pabrikan sudah dikasih besi cantolan agar selalu menyatu. Ternyata alasannya menyangkut soal safety buat si biker.

Banggas FS Pardede selaku Market Relation 2 Wheel Section Head SIS ketika saya hubungi via telpon menjelaskan bahwa pihak Suzuki sudah melakukan riset perihal anak kunci yang terpisah ini.

“Hasil riset keselamatan kita di jepang, jadi disana kita rubah. Karena ketika naik motor tipe GSX-R150 posisi ridingnya akan nunduk jadi takutnya ketika menunduk itu posisi helm apalagi pakai yang full face bisa terkena anak kunci yang nonjol, berbeda dengan tipe GSX-S150 yang posisinya ridingnya nyantai tegak tidak menunduk.” ungkap Banggas di sambungan telpon.

Dari alasan ini jika kita lihat posisi riding motor sport fairing ternyata memang masuk akal juga, lihat gambar dibawah ini. Bisa dilihat posisi helm terutama ketika memakai helm full face terlalu dekat dengan area kunci kontak. Apalagi kalau motor ini dipakai ketika untuk balapan, bisa mengganggu konsentrasi sang pembalap.

Kemudian apakah GSX-R150 Shutter Key ini akan diekspor seperti versi Keyless ?. Untuk sementara hanya diproduksi lokal saja tersedia dalam 3 warna yaitu Brilliant White, Stronger Red/Titan Black, dan Solid Black/Gloss.

”Untuk sementara masih lokal belum ada rencana ekspor kecuali ada tiba-tiba permintaan negara lain atau Asean kalau mau mengadopsi ya bisa kita produksi untuk mereka. Jadi disini tujuan kita mengisi drop market, produksi tidak banyak hanya 1:5 dibandingkan versi keyless”, tutup Banggas.

9 KOMENTAR

  1. mantap, produsen yang peduli dengan konsumen. sampe2 diuji keselamatan ulang di Jepang. jgn sampe kaya pabrikan lain, terutama yang gak demen recall, cuma demen “upgrade” kecil.

  2. @AD lah, emang kalo ketampol kenapa? emang sampe kedorong helmnya? kalo kunci yang nyantol kan jelas posisinya fixed gak bisa bergerak, kalo lagi ngerem mendadak terus nyundul kuncinya gimana?

    lu pikir bikin kunci jadi 2 buah gitu lebih murah tong? mereka jadi bikin 3 cetakan, dari yang seharusnya cuma 1 cetakan.

    pinter dikit ngapa tong!!!

  3. @profit? Risih kali helm kena tampol shutter-key, masa iya waktu nunduk-ngebut butuh konsentrasi malah keganggu sama anak kunci.
    – kalo ngerem mendadak terus nyundul berarti desain suzuki dari awal udah kacau duluan, kenapa gak dari awal produksi kunci yang gak nonjol, jadi lebih safety dan gak perlu bikin anak kunci lagi.
    bedain kritis sama goblok dong !!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini