jump to navigation

Ini Motor Sport Dari Yamaha Yang Pakai Rem UBS Alias CBS Ala Honda Januari 12, 2018

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

image description

ARIPITSTOP.COM – Yamaha Factor 150, pertama kali dirilis oleh Yamaha Jepang untuk pasar Brazil tahun 2015 silam, motor ini melengkapi Factor 125 yang sudah dirilis sebelumnya. Motor sport ini baru di jual di Brazil dengan harga yang paling murah dari motor sport Yamaha. Ada dua seri yaitu tipe velg jari2 untuk tipe standar dan velg CW untuk tipe UBS.
instagram-aripitstop

Factor 150 ini memiliki dua tipe pengereman yaitu tipe standar, kedua rem depan belakang memakai rem tromol sedangkan untuk tipe keduanya yaitu tipe UBS. Unified Brake System (UBS) adalah teknologi pengereman yang saling berkaitan antara rem depan dengan rem belakang. Kalau di Indoensia lebih terkenal dimerk Honda yaitu trem CBS.

Sesuai informasi yang saya dapatkan dari website Yamaha Brazil bahwa kinerja rem UBS ini bekerja ketika pedal rem tromol belakang diinjak maka rem depan akan ikut tertarik dengan kontribusi rem belakang sebesar 70% dan rem depan sebesar 30%, mirip2 rem CBS punya Honda kan…

Nach ternyata sistem pengereman UBS ini juga diterapkan pada motor Fazer 150 alias motor sport diatasnya Factor 150, kalau di Indonesia lebih mirip antara Honda CB150R dengan Verza, sayangnya di Yamaha Indonesia belum ada versi sport murahnya.

Ketika saya melihat kinerja rem UBS di motor Fazer 150, bisa dilihat di Video Youtube dibawah. Sistem pengeremannya bekerja ketika pedal rem belakang diinjak saja, jadi ketika menean rem depan saja maka rem belakang tidak ikut terintegrasi. Pengereman yang dihasilkan memang lebih efektif ketika mengerem di jalanan yang lurus, bahkan jaraknya bisa terpaut sampai 7 meter ketika Fazer 150 tanpa UBS dan UBS ditest bareng dengan kecepatan 60 kpj.

Dari hasil pengetesan diatas memang hanya pada jalanan lurus saja, namun sayangnya pada pengetesan diatas tidak ada pengetesan ketika jalan menikung.

Saya kira system pengereman terintegrasi hanya ada pada motor Honda saja, ternyata Yamaha juga mengadopsinya.

Komentar»

1. agung - Januari 12, 2018

Shroudny ky apa gitu ya kang….hahahah

2. Lupa Bernafas - Januari 12, 2018

Fitur yang bisa membuat celaka biker.

Abs aja sekalian lebih safe.

nkong - Januari 12, 2018

lumayan ada peningktn teknologi…

3. dispunten - Januari 12, 2018

rem moto jipi pake jempol dong diadopsi …. biar greget hi tech nya

4. Medimore - Januari 12, 2018

Jadi inget fby gembar gembor
Abs
Bbs
Cbs

Dan ternyata yamaha
Ubs

Wkwkwkw

5. Bonsai Biker - Januari 12, 2018

Jozzz

…………..
Pastinya ngenes, Polisi dibegal di Indramayu, Kopaskas dibegal juga di Indramayu, Ducati Panigali dibegal di Indramayu, dan kalau ini diiarin, bakal tersebarlah istilah Indramayu Kotabegal.

Untuk menghindari hal ini, kepolisian Indramayu mencanangkan program Indramyu bersih begal 2018

Bakal ditembak mati

http://bonsaibiker.com/2018/01/12/pasca-ninja-rr-paskhas-dibegal-di-indramayu-panigale-dibegal-polisi-bakal-tembak-mati-begal/

6. WARUNGASEP - Januari 12, 2018
7. Roy - Januari 12, 2018

Coba pas cornering terus ngerem belakang… kira2 gimana yak…

8. Moey - Januari 13, 2018

Ini motor lumayan keren… klo dijual disini bisa jadi lawan berat verza…


space for ads

%d blogger menyukai ini: