image description

ARIPITSTOP.COM – Tidak diduga sebelumnya, tampil apik di awal2 seri namun kedua pembalap Yamaha justru sangat kesulitan di pertengan hingga akhir seri MotoGP musim 2017, kedua pembalap sulit menaklukkan M1 yang dinilai bermasalah terutama dengan grip ban. Agar motor M1 bisa lebih kencang lagi dan mudah ditaklukkan oleh pembalapnya ternyata ada masukan unik dari kepala mekanik dari Rossi, dia meminta agar Yamaha membajak karyawan pembuatan ECU.
instagram-aripitstop

Saat ini penyuplai tunggal ECU di MotoGP adalah Magneti Marelli. Dikutip dari Motorsportmagazine, Silvano Galbusera memberi saran agar para insinyur Yamaha melakukan terobosan dengan piranti elektronik dari Magneti Marelli. Seperti halnya Honda dan Ducati yang sudah menemukan racikan khusus untuk motor mereka. Kedua tim pabrikan tersebut tenryata sudah dari awal membajak karyawan ahli dari Magneti Pirelli sehingga kedua tim bisa dengan mudah menguasai elektronik di motor dan motornya tampil maksimal di musim 2017 lalu.

Galbusera juga ikut menyarankan agar Yamaha ikut membajak salah satu staff Magneti Marelli untuk mempercepat pengembangan. Ducati sudah sejak lama bekerja sama dengan pabrikan ECU tersebut sehingga bisa dengan mudah menguasai ECU tunggal itu dan mengambil karyawan terbaik dari Magneti Pirelli.

“Ducati telah bekerja dengan Magneti Marelli selama bertahun-tahun. HRC mempekerjakan seorang insinyur tahun lalu untuk bekerja di Ducati dan kemudian untuk Magneti Marelli. Orang-orang ini tahu segalanya tentang sistem ini. Hal ini memudahkan untuk menemukan setting yang tepat.” ujar Galbusera.

“Saya pikir karena ada yang tertinggal dengan begitu banyak pengalaman. Yamaha perlu mengerjakan barang elektronik dan menemukan apa yang telah ditemukan Ducati dan Honda, “katanya.

hem… ayo bajak…

5 KOMENTAR

  1. kata crat crutcrow 93 cm main2 d awal musim, trs ada yg blg krn HRC menyewa insinyur magneti marelli…mana yang benar …?? ?

Ketik Komentar Anda