image description

ARIPITSTOP.COM – Apakah sampeyan pernah mengalami masalah ketika akan mendorong motor atau memindahkan motor tapi tenryata motor tidak bisa bergerak mundur seperti ngerem sendiri namun motor masih bisa didorong kedepan dan berjalan normal ?. Jika kondisi ini didiamkan terlalu lama maka akan berbahaya karena motor bisa mendadak ngerem sendiri.
instagram-aripitstop

Yap, untuk motor yang masih memakai rem tromol mungkin sudah pernah mengalami kejadian seperti ini, penyebabnya adalah per kampas remnya sudah letoy. Bahkan sudah sering ditemui per kampas sampai patah yang mengakibatkan motor tiba2 bisa ngerem sendiri dan mengunci, apesnya kalau motor masih bisa melaju justru patahan per kampas rem ini akan merusak permukaan velg.

Tanda2 per kampas letoy, jarak sepatu kampas rem terlalu longgar.

Sepertinya memang sepele banget ya… hanya sebuah per tapi efeknya bisa kemana2. Per kampas rem ini sebenarnya memang harus mekanik yang aktif untuk menginfokan kepada pemilik motor karena hanya dia yang membongkar motor dan yang tahu kondisinya, namun sebagai pemilik motor harus aktif juga menanyakan hal2 seperti ini agar tidak terjadi hal2 yang tidak diinginkan.

Untuk penggantian per kampas ini memang di buku panduan yang kita dapatkan saat membeli motor tidak tercantum kapan harus diganti, namun saya sarankan per ini diganti minimal setiap 20ribukm atau dua tahunan kali ya… murah kok harganya hanya 5ribu ada 2 pcs jadinya cuma 10ribu saja, diganti berbarengan ketika mengganti kampas remnya saja.

Sepele tapi harus diperhatikan juga…

10 KOMENTAR

  1. Sy beli kampas rem Revo absolute merk Aspira, sudah ada per nya di dalam kemasannya, kl beli yg ori malah ga ada, lumayan menghemat.?

  2. untung motorku udah cakram depan belakang, tinggal rajin bersih2 aja soalnya pasir jalanan suka banyak nempel dikaliper dan swingarm

Ketik Komentar Anda