image description

ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya ada video trik pengencangan mur dan baut pada motor agar tingkat kekencangan atau torsinya tetap standar seperti standar pabrikan. Biasanya untuk mengetahui tingkat kekencangan suatu baut atau mur menggunakan kunci torsi/momen namun karena keterbatasan alat tersebut bisa menggunakan spdiol sebagai gantinya.
instagram-aripitstop

Setiap baut atau mur yang nempel di motor kita pasti ada maksimal torsinya, jika salah torsi maka bisa berabe dech… jika kita sudah terbiasa lepas atau kencangkan baut/mur seperti mekanik maka kita bisa mengira2 seberapa tingkat kekencangan yang dibutuhkan, lawong mekanik saja kalau lagi apes kadang bautnya bisa patah apalagi orang awam yang tidak terbiasa. Teknik pengencangan baut atau mur yang benar sebenarnya harus memakai kunci torsi atau kunci momen, wah mosok setiap ngencengin baut pakai kunci momen ? repot… tapi itu sudah  prosedurnya. Kunci torsi ini ada yang manual ada pula yang digital, kita bisa seting seberapa torsi yang diperlukan untuk mengencangkan sebuah baut sesuai torsi yang tertera di buku manual motor.

Kini sebagai pengganti kunci torsi kita memakai spidol. Caranya mudah, sebelum mur dilepas kita tandai garis lurus atau titik yang sejajar antara mur dan bautnya. Berikut tutorialnya, via hp klik disini

3 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda