Advertisements
jump to navigation

Vlog; Trik Akali Lampu Sen Yang Tidak Berkedip Desember 19, 2017

Posted by aripitstop in : BENGKEL , trackback

image description

ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mengakali lampu sen yang tidak berkedip akibat relaynya bermasalah. Sebenarnya artikel seperti ini sudah saya bahas namun kali ini saya bahas dengan tutorial via video vlog.
instagram-aripitstop

Bisa karena faktor umur atau relay kotor tiba2 lampu sen mati. Kita tidak tahu tiba2 lampu sen tidak menyala sama sekali atau bahkan lampu sein bisa menyala tapi kedipannya lambat atau juga biasanya setelah ganti bohlam LED maka lampu sen sama sekali tidak berkedip atau tingkat kedipannya berjalan lambat, langkah awalnya coba disetel relaynya dulu karena ada cara lain yaitu dengan mengganti Elco di bagian relay dengan ukuran yang lebih rendah (saya bahas next artikel), kali ini saya bahas yang tidak pakai modal dulu.

Jadi begini, singkat saja kok nggak jlimet. Di dalam relay sein ada lempengan yang berfungsi mengatur kedipan lampu sein, kita seting kedipan mau lambat atau cepat. Kalau lampu sein sampeyan bermasalah tidak hidup atau hidup tapi tidak berkedip monggo lepas flasher relaynya dari motor.

Berikut tutorial videonya : via hp klik disini

Ingat…! jumlah kedipan lampu sein untuk normal harus 80-90 kedipan dalam satu menit. Jumlah kedipan ini merupakan sudah standar dari regulasi peraturan berlalu lintas. Semua pabrikan motor menyetel jumlah kedipan sesuai jumlah baku yang ditetapkan agar nyala lampu sein bisa terlihat jelas oleh pengendara lain.

Berikut penampakan lempengan yang harus disetel.

flasher lampu sein (3)

Langkah pertama, lepas flaser relay dari dudukannya.

flasher lampu sein (4)

Kemudian lepas bungkus atau rumah relay dengan cara mencongkel kunciannya seperti yang tampak digambar, dicongkel dengan obeng men kecil.

flasher lampu sein (1)

Setelah tercongkel maka rumah relay sudah bisa dilepas dan terlihat jeroan relaynya…

flasher lampu sein (2)

Cara setelnya, siapkan tang besar ( jangan pakai tang lancip ). Pasang relay ke soket awal ( kabel bodi).

  1. Jika lampu sein nyala tapi tidak kedip cara setingnya, lempengan ditekuk kekanan secara perlahan sampai nyala kedipan yang kita inginkan.
  2. Jika lampu sein tidak nyala/mati, lempengan ditekuk ke kiri ( ke arah luar ) secara perlahan juga sampai nyala kedipan yang kita inginkan.

Jumlah kedipan harus berjumlah 80-90 kedipan dalam satu menit.

SETING KEDIPAN LAMPU SEIN (1)

Lihat penampakan tang ketika menjepit lempengan setingan relay.

SETING KEDIPAN LAMPU SEIN (2)

Ingat…! jumlah kedipan lampu sein untuk normal harus 80-90 kedipan dalam satu menit. Jumlah kedipan ini merupakan sudah standar dari regulasi peraturan berlalu lintas. Semua pabrikan motor menyetel jumlah kedipan sesuai jumlah baku yang ditetapkan agar nyala lampu sein bisa terlihat jelas oleh pengendara lain.

Advertisements

Komentar»

1. Lupa Bernafas - Desember 19, 2017

Ganti flasher aftermarket harga 10ribu aja.

Daripada ribet.

aripitstop - Desember 19, 2017

Beda orang beda pemikiran apalagi yg suka otak atik motor pasti lebih baik diservice dulu sebelum harus ganti baru

gesek - Desember 19, 2017

Ganti motornya yg uda pake lampu sign led. Ngoahahahaha

2. menyan - Desember 19, 2017

Banyakin artikel kayak gini mas ari. Terutama masalah injeksi….makasih

3. Kobayogas - Desember 19, 2017
4. Roy - Desember 19, 2017

percuma om, lha sein kiri belok kanan, kadang belok gak pake sein, ada juga sein nyala sepanjang jalan kenangan. klo di tegor galakan dia menurut gw sih artikel ini gak guna yah

aripitstop - Desember 19, 2017

Hehehehe, iya aja deh sama pembaca tolol kayak gini

Vicky - Desember 19, 2017

@roy gw penasaran sm artikel versi lu tong (itu pun kalo lu bsa bikin artikel ya wkwk), org jaman skrg gampang ya nyerocos di dumay, tp giliran tatap muka langsung keok wkwkwk..
ketawain aja lek ari gausah diladenin, komentar org ini di blog manapun ga ada yg berguna, sama seperti orangnya wkwk 😂 jos gandos artikelnya lek, lanjutkan

5. Roy - Desember 19, 2017

widih… laen yg jenius. kok lu bisa jenius gitu sih? bisa bilang ke org laen tolol? laen yg jenius…

huehehehehehe

6. Roy - Desember 19, 2017

eniwei, kemaren ada yg naik motor pake helm udh pasti lbih bagus drpd helm kualitas dealer

https://www.iwanbanaran.com/2017/10/09/pembalap-muda-fadhil-muhammad-meninggal-saat-race-selamat-jalan-kawan/

kok bisa begitu ya padahal helm nya kan helm kenamaan. Klo kayak biker biasa nih kebut2an di jalan pake helm sertifikasi DOT terus nabrak tiang listrik pas di kepala atas atau tengkuk kira2 mati gak ya?

atau situ mau praktekin biar klo slamet makin banyak pelaku kebut2an dijalan pake helm sertifikasi DOT?

7. Tokek - Desember 19, 2017

@roy ini artikel tutorial kenapa kamu bisa bilang tidak berguna?
Emang kamu yg tolol,
Domain aja kang ari, artikel bermanfaat sekali, lebih baik artikel seperti ini daripada gosip2

8. beben - Desember 19, 2017

Ooh makanya kok kmaren di bengkel pas flasher saya bermasalah di bengkok2in lempengannya sama temen bengkel.. Ternyata persis kek yg om ari jelaskan nih… Thanks buat infonya om


space for ads

%d blogger menyukai ini: