jump to navigation

Kini Ganti Seal Waterpump Vixion Jauh Lebih Murah, Cek Sebelum Jebol Desember 18, 2017

Posted by aripitstop in : BENGKEL , trackback

image description

ARIPITSTOP.COM – Seal waterpump salah satu part penting pada motor yang memakai pendinginan jenis air radiator, jika seal waterpump rusak atau jebol maka air radiator akan bercampur dengan oli mesin dan pastinya akibatnya fatal karena jeroan mesin bisa aus.
instagram-aripitstop

Part ini memang jarang diganti namun sebaiknya setiap 50.000 km meskipun kondisi masih terlihat bagus tetap diganti yang baru agar dikemudian hari tidak terjadi seal bocor. Kalau ada dwitnya sich sekalian ganti pompanya.

Biasanya kalau sudah saatnya ganti juga akan timbul suara decitan ketika motor sudah panas, decitannya semakin lama akan semakin kencang, bisa dicek via video dibawah ini. via hp klik disini

Untuk ganti seal waterpump memang cukup menguras kocek karena harga sealnya saja sudah 137ribu belum lagi ongkos pasangnya. Nach sekarang ada part subtitusi yang lebih murah nich, yaitu memakai seal waterpump milik All New Vixion R, harganya jauh lebih murah cuma 64 ribu.

AKIBAT SEAL JEBOL :

Begini penampakan seal pompa radiator yang sudah jebol :

sil pompa (4)sil pompa (5)

Bukan hanya itu, kipas pompa alias impeller juga bisa habis alhasil air radiator tidak bisa bersirkulasi dan mesin cepat over heat nich contohnya :

pompa (2)

Kondisi normal seperti ini :

pompa (1)

Ketika seal pompa radiator mulai keras dan akan jebol biasanya akan timbul suara berdecit di sekitar cylinder head ketika mesin dalam kondisi panas. Ayo buruan cek seal waterpump sebelum keburu jebol bikin dompet jebol.

Komentar»

1. Rizki - Desember 18, 2017

Bisa untuk jupiter mx 135 juga mas?
Apakah kualitasnya juga sama,mengingat harganya lebih murah

aripitstop - Desember 18, 2017

Mx135, 150 bisa sama
Kualitas ? Klo ini sy belum tahu tapi kalau barang asli pasti kualitasnya terjamin

2. Noufal - Desember 18, 2017

Sepertinya semua motor Yamaha yg pakai radiator bisa saling substitusi seal water pumpnya, termasuk yg matic (Xeon, gt-125, aerox)

3. Kobayogas - Desember 18, 2017
4. Edward - Desember 18, 2017

Hahhaha ga ngerti, emang di bengkel resmi Yamaha sendiri ga ada prosedur nge-cek ampe kesana??

5. Thyo - Desember 19, 2017

Kang ari sy mau tanya,motor sy mx king trus sudah bore up 62mm pake cylinder head snd 24/22 dan dampak sy dapatkan itu air radiator cepat habis karna memuai dan turun ke penampungan pembuangan trus sering ganti busi.mohon informasinya

6. tolet teblum - Desember 19, 2017

tingkatkan kemampuan kipasnya, bisa ganti yang lebih muter kipasnya lebih kencang atau yang lebih lebar. Cairan radiator pakai merk Engine Ice atau Prestone dengan perbandingan 80% coolant 20% air.

btw2 itu squishnya dibentuk ulang ngga? Kompresi udah diukur?

Thyo - Desember 19, 2017

Kompresi sudah di ukur dan kipanya di sambung langsung ke kunci kontak biar nyala terus tp tetap tdk ngaruh.apa harus gantj radiator yg lebij gede?

aripitstop - Desember 19, 2017

Boleh ganti radiator lebih gedhe, karena ketinggian kompresi juga mudah overheat

Thyo - Desember 19, 2017

Pakai radiator satria injeksi yah kang ari karna radiator satria fi lebih gede.

7. baztard - Desember 19, 2017

ah untungnya motorku air cooled jadi gak perlu ganti begituan, tinggal sikat aja sirip2 nya

8. tolet teblum - Desember 21, 2017

kompresi udah diukur, tapi jadi berapa? usahain setara sama standarnya atau patok aja di 10:1 buat kejar ketahanan. Kompresi ketinggian juga bisa ngaruh ke cepet panasnya, jadinya ya cairan radiatornya sering muntah.

selain pakai radiator satria fi, sekalian saja kipas jadi ada dua. Biar lebih lagi.

Thyo - Desember 21, 2017

Kompresinya naik 12

9. misrian - Desember 29, 2017

mu tanya nh,knpa air dia ator smpk kring pdhl tbung blng smping msh penuh,gk ngalir ke dpan,n jg knpa air diator msuk ke msin pdahl udh gnti seal y smpek duax ttp aj msk k dlm msin,,


space for ads

%d blogger menyukai ini: