image description

ARIPITSTOP.COM – Setelah sesi perilisan, Yamaha menyediakan sesi tes ride bagi para media, blogger dan komunitas yang hadir di sirkuit carting Sentul. Berbeda pada saat perilisan Nmax pertama kalinya di sirkuit sentul besar, selain merasakan feelnya kenyamanan motor juga bisa sekalian tes top speednya. Kali ini di sirkuit sentul kecil memang tak butuh lagi tes top speed karena mesin dari New Nmax 155 masih memakai spesifikasi engine lama. So… di karakteristik sentul kecil yang lebih sempit serta lebih cepat menikung justru pengetesan Nmax bisa lebih maksimal meskipun sebenarnya lebih afdhol lagi kalau tes ride langsung di jalanan yang sebenarnya.
instagram-aripitstop

Seperti yang sudah dibahas sebeumnya kalau Yamaha memberikan sentuhan berbeda pada bagian speedometer, jok, emblem 3D, velg warna gold hingga sok belakang yang paling ditunggu2 kehadirannya di Nmax karena sebelumnya konsumen banyak yang mengeluhkan kondisi ayunan sokbreker belakang yang keras.

Awal melihat motor New Nmax ini terutama pada warna hitam yang merupakan warna jagoan, warnanya tambah elegan paduan warna hitam doff serta hitam mengkilat dan dipadukan dengan balutan velg warna gold. Secara.dwsain memang masih sama seperti yang lawas, justru penampilan Nmax lawas menurut pendapat saya saat ini belum saatnya untuk diganti karena dwsain Nmax saat ini bisa.ditwrima oleh semua kalangan masyarakat. Dinaikin rider muda masih tampak ganteng, dipakai konsumen berumur 30-40 tahunan jadi lebih kalem dan apalagi buat umur yang lebih tua tetap cocok euy… makanya menurut pribadi saya desain sekarang sudah pas dan belum waktunya untuk diganti.

Ketika duduk di jok motor terbaru ini ternyata memang tidak kese’t lagi seperti yang kulit jok model lama, desainnya terpisah pakai jahitan dengan benang warna gold terkesan lebih stylis.

Secara ergonomi saya rasakan tidak ada perubahan antara Nmax baru dengan Nmax lawas karena memang secara speisifikasi masih sama dengan Nmax lawas. Tingkat kenyamanan pegangan stang juga tetap sama.

Lanjut pengetesan saat riding kelilingi sirkuit sebanyak tiga lap. Saat mau masuk trek sirkuit, Yamaha membuat trek dadakan untuk bisa merasakan ergonomi sang kuda besi ketika diajak2 meliak liuk dan ada speedtrap juga untuk merasakan bantingan dari suspensi yang baru. Ketika melewati jalanan yang bergelombang memang saya akui bantingan ayunannya agak lembut dan saya bilang ini nyaman bisa dirasakan dari (maaf) pantat terasa nyaman diatas jok. Sensasi awal belum masuk trek sudah merasakan hal yang berbeda banget.

Lanjut masuk trek sirkuit carting, langsung geber di trek lurus paling panjang alias trek untuk start ketika start balapan motor (video menyusul sedang diedit). Masuk tikungan pertama baru pemanasan dulu, heheheehe… lanjut meliak liuk di trek yang pendek penih dengan tikungan agak tajam. Ketika masuk tikungan memang feelnya sudah terasa dibandingkan dengan Nmax lawas, anteng… apalagi ketika mau keluar tikungan lanjut digeber… ternyata bantingan ayunan sok belakang tetap stabil meskipun agak terasa ada sedikit getaran yang saya rasakan seperti agak sedikit membuang mungkin karena sok yang lebih soft namun tetap stabil.

Lanjut melihat bagian speedometer digital yang dulu desainnya setengah lingkaran kini berubah menjadi kotak dan layar menjadi negatif LCD. Jika melihat dari action cam memang tidak begitu terlihat namun ketika riding dilihat dengan kedua mata, layar speedometer tetap jelas terlihat meski tak selebar speedometer versi lawas.

Overal, Yamaha New Nmax 155 VVA memang jauh lebih nyaman dibandingkan versi lawas. Pada saat di trek saya juga sempat kondisikan kaki senyaman mungkin bahkan saya selonjorkan juga , posisi selonjoran ini pernah saya lakukan juga ketika tes ride Nmax di sirkuit sentul besar.

Yamaha memang mendengarkan keluhan konsumen untuk titik ayunan belakang yang dinilai agak keras dengan merevisi memakai sok breker memakai tabung agar volume oli lebih banyak sehingga kinerja oli di dalam sok tetap stabil yang membuat ayunannya tetap nyaman.

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini