jump to navigation

Vlog, Tutorial Pasang Dinamo Kipas Angin Yang Mati Desember 13, 2017

Posted by aripitstop in : BENGKEL , trackback

image description

ARIPITSTOP.COM – Kipas angin sudah seperti menjadi alat rumah tangga yang wajib dimiliki terutama buat masyarakat yang berada di daerah yang suhunya panas seperti kota2 besar di daratan rendah misalnya Jakarta. Bisa dibayangkan kalau di dalam rumah tidak ada kipas angin, pengap dan panas bikin nggak betah di dalam rumah.
instagram-aripitstop

Kali ini saya membahas hal yang melenceng dari dunia otomotif, namun saya rasa sangat bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk saya share saling bagi2 pengetahuan.

Kebetulan kipas angin di rumah saya sudah mati, saya lupa dulu berapa harganya saat beli kipas angin tipe dinding ini, sepertinya sich diatas 200ribuan. Saya coba tanya ke tempat reparasi kipas angin tenyata total biayanya katanya sekitar 150ribuan ???. Biaya servis segitu sudah hamoir sama ketika beli baru, lebih baik beli baru aja dech… tapi dipikir2 kenapa tidak coba dibenerin sendiri aja.

Yo wes lah… bingkar aja sendiri, kebetulan saya juga suka bongkar alat elektronik, dulu pernah punya mesin cuci dua tabung selalu saya servis sendiri kalau rusak, sampai bertahan 7 tahun akhirnya baru dibuang dech?.

Balik lagi ke kipas angin, sebenarnya komponen kipas angin itu sangat sederhana. Kipas angin bisa mati karena ada 4 faktor :

  1. Kabel putus, periksa kabel dari steker sampai kabel ke dinamo, paling kudah ngeceknya pakai multimeter atau pocket tester. Kalau kabel putus gimana mau nyala…???

  2. Dari faktor speednya rusak, kalau speednya mati kadang kipas masih bisa nyala tapi pelan atau mati sama sekali.

  3. Karena faktor kapasitor yang terbakar, kapasitor kalau sudah konslet, terbakar atau lemah syahwat sudahbwaktunyabharusbganti, harganya murah cuma 10ribuan saja.

  4. Dinamo konslet, kalau kipas angin dinamo atau motornya yang rusak biasanya diawali putaran kipas angin berkurang kecepatannya, kadang normal kadang lemot lagi. Harga dinamo ternyata cukup muruh hanya 60ribuan saja.

Seperti pada kipas angin milik saya yang setelah saya cek ternyata dinamonya yang mati.

Lalu bagaimaan cara pasang dinamo kipas angin dinding ?, silahkan buka videonya sudah lengkap tu tutorialnya… dari awal melepas kipas hingga merakitnya kembali.

Video via hp klik disini.

Komentar»

1. HGT - Desember 13, 2017

Kalau yg warna itemnya yg kayak meleleh, mleyot, itu knp ya?
Dan sekarang ga bisa nyala. Dulu klo dinyalain ga langsung kencang, tp berputar pelan dl, trus agak lama baru normal….

aripitstop - Desember 13, 2017

Itu kapasitornya terbakar, klo g diganti bisa merembet ke dinamo, murah itu cuma 10ribuan.
Gejalanya persis punya saya, awalnya pelan2 baru kencang dan tak lama langsung mati deh kipasnya??


space for ads

%d blogger menyukai ini: