image description

ARIPITSTOP.COM – Punya motor baru ? apalagi jika baru pertama kali punya motor biasanya akan bingung ketika di pagi hari akan keluar air dari knalpot, air tersebut keluar dari lobang kecil yang posisi biasanya ditengah2 knalpot atau bagian terendah dari knalpot.
instagram-aripitstop

Bagi yang belum paham biasanya langsung mengira bahkan memutuskan bahwa knalpot di motornya merupakan cacat produksi karena yang mereka tahu bahwa lobang knalpot itu hanya ada di belakang yang berfungsi membuang gas sisa pembakaran.

Hal ini sudah sering terjadi dan berulang2 ada yang langsung datang ke dealer dan tak banyak pula yang bertanya dan mengunggahnya di media sosial.

Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari lobang kecil di bawah knalpot itu ?, apakah cacat produksi ? tentu jelas bukan.

Lobang ini berfungsi untuk membuang atau mengeluarkan air yang masuk di knalpot entah itu air masuk karena saat mencuci atau air masuk karena banjir atau hujan bahkan air embun saat pagi hari.

Yup… saat pagi hari dan pertama kali menyalakan motor kita sering mendapatkan air menetes dari knalpot, itu adalah embun yang dihasilkan saat malam hari / suhu dingin dan motor dalam kondisi diam/mati dan embun akan mencair dipagi hari atau suhu lingkungan meningkat yang kemudian keluar melalui lubang pembuangan alhasil ada tetesan air keluar dari knalpot. Paling mudah lihat saja mobil saat dipanasin pasti keluar airnya banyak…

Justru kita harus memastikan agar lobang ini tidak tersumbat, jika tersumbat audah pasti air tidak akan bisa keluar dari knalpot dan justru bisa bahaya karena jika kita melewati banjir atau genangan maka air yang masuk ke knalpot akan terjebak didalam dan bisa mengakibatkan motor mogok. Dan tentunya kalau air yang terjebak tersebut jika didiamkan dalam waktu lama bisa menimbulkan karat.

6 KOMENTAR

Ketik Komentar Anda