image description

ARIPITSTOP.COM – Apa yang ada di benak kita ketika melihat piringan cakram bisa karatan parah seperti gambar diatas ?, pastinya kurang perawatan bahkan bisa jadi karena motor tidak pernah dipakai namun tidak dirawat hanya teronggok di garasi atau gudang. Kasihan motornya…
instagram-aripitstop

Motor tidak dipakai lama sebaiknya dicuci dahulu sampai bersih agar tidak ada kotoran2 yang bisa menimbulkan karat terutama kotoran yang menempel di part terbuat dari besi. Akan mudah terkontaminasi jika motor dalam keadaan kotor langsung disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Motor tidak dipakai bukan berarti justru akan menjadi lebih awet namun justru akan semakin cepat rusak, bisa dilihat salah satu contohnya gambar diatas. Ketika motor sudha nongkrong lama tiba2 motor mau dipakaitapi kondisi tidak laik untuk jalan.

Apa yang harus dilakukan jika motor ditinggal cukup lama,

Sedapat mungkin meninggalkan sepeda motor dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini untuk menghindari korosi atau karat selama ditinggal. Biasanya sebelum ditinggal sepeda motor dicuci dulu, dalam kondisi tersebut harap dipastikan kondisi benar – benar kering setelah dicuci.

Kedua, pastikan kondisi terminal aki dilepas agar setrum lebih awet dan aman dari gangguan kelistrikan.

Kuras bensin di tangki, bensin semakin lama akan menjadi basi bahkan bisa menimbulkan karat di tangki, jangan lupa jug abuang bensin di penampungan karburator agar karburator tidak mampet.

Posisi penyimpanan motor jangan sampai terpapar langsung oleh sinar matahari dan hujan karena bisa menimbulkan korosi.

9 KOMENTAR

  1. karatanya sih masih tipis, wajar sih klo lama gak dipakai karatnya nimbul, kec sudah tebel dan gak bisa muter atau nyangkut di kaliper

  2. Inimah mirip kendaraan yg ngandang di parkiran polis berminggu2 bahkan berbulan2. Keujanan kepanasan… klo motor disimpan ditempat tertutup ga mungkin begitu om….

  3. Gak kaget sama sekali kalo produk yahaha ya memang bgtu kalo gak karatan, ya geal geol, velg ambyar, skok depan protol, skok blakang mleyot, mesin ambrol alias cuma menang plastik doang?

Ketik Komentar Anda