image description

Semua tim balap pasti tidak menginginkan para pembalapnya terjatuh, namun dalam dunia balapan tidak ada kamus yang menyebutkan pembalap tidak pernah jatuh, pasti semua sudah mengalaminya. Pada saat pembalap terjatuh, bukan hanya resiko cidera yang dialami oleh pembalap namun kerusakan motor juga menjadi derita para tim balap.
instagram-aripitstop

Lalu berapa biaya yang dikeluarkan oleh tim balap MotoGP jika pembalapnya terjatuh ?, Christophe Bourguignon, mekanik kepala dari Cal Cruthclow dalam wawancara dengan Telegraph memberikan sedikit gambaran jika pembalapnya terjatuh.

Harga satu unit paket RC213V saja sudah mencapai satu juta Euro atau setara Rp15.647.000.000, jiiiir… 15 Milyar rupiah bro… namun itu harga satu unit motornya, tapi kalau kecelakaan yang dialami pembalap sangat parah mengakibatkan motor hancur sudah tentu tim harus mengganti baru unit baru. Ingat ini baru biaya yang dikeluarkan oleh tim satelit LCR Honda.

“A crash can be between €15,000 and €100,000,” Christophe estimates. “A €2,000 crash does not exist in MotoGP. If we are lucky then we just have to change a few parts and we raid our stock in the race truck. A big one – or a few big ones in a row – can suddenly put you in trouble because we don’t have five spare fuel tanks, for example.

Lalu jika piringan cakram harus ganti, bagian dalam karbon yang per setnya diperkirakan 10.000 Euro, terus misalnya kalau perlu ganti satu set roda sekitar 4.000 Euro, sedangkan radiator tergantung dari rangkaian fitur yang terkena, tapi bisa menyedot anggaran 10.000 Euro.

Dalam satu kali event balapan saja alias balapan di satu sirkuit, dana yang terpakai bisa dari 15ribu hingga 100ribu euro alias Rp1.564.700.000. Itu baru biaya jika pembalap terjatuh satu kali, bahkan kita sering banget melihat pembalap bisa terjatuh hingga beberapa kali dalam satu event balapan misalnya saat sesi latihan sudah terjatuh, sesi kualifikasi terjatuh dan apesnya lagi saat balapan juga terjatuh, bisa dibayangin betapa besarnya biaya yang ditanggung oleh tim2 di MotoGP.

10 KOMENTAR

    • secara pribadi golf emang mahal, tapi masih kalah balap motor underbone sekalipun… kalo tim, bola termasuk mahal, berapa trilyun tuh belanja pemain

    • jangan lupa sepeda gunung, ninja250 aja mah lewat… kalo golf bukan alatnya yg mahal, tapi outputnya yg mahal, dapat proyek broh…

  1. Pantes kawasaki bangkrut di moto gp, ada yg inget pembalap kawasaki spesialis dlosor randy de puniet???
    Tiap tace jatoh itu bocah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini