image description

Sedang viral di media sosial perihal diduga salah satu SPBU menjual BBM jenis Pertamax namun isinya Pertalite, dugaan penipuan ini diungkap oleh akun facebook bernama Panji Aribowo. Dalam video yang diunggah oleh akun tersebut memperlihatkan adanya warna yang sama antara Pertamax dengan Pertalite yang warnanya agak kehijauan.
instagram-aripitstop

Kejadian ini tentunya harus menunggu hasil investigasi dari pihak Pertamina agar permasalahan menjadi clear, karena video yang beredar saat ini baru keputusan satu pihak saja.

Sebelum melihat kronologi yang diunggah oleh akun Panji Aribowo itu, mari kita lihat dulu perbedaan warna BBM yang dijual oleh Pertamina, berdasarkan sumber dari tempo.co dan okezone.com disebutkan :

  1. Premium berwarna kuning kecerahan.
  2. Pertalite memiliki warna hijau dengan penampilan visual jernih dan terang.
  3. Pertamax yang berwarna biru kehijauan.
  4. Pertamax Plus berwarna merah.

Berikut kronologi berdasarkan yang ditulis akun Panji Aribowo :

PERTALITE & PERTAMAX WARNANYA SAMA? mungkin cuma di SPBU 34-15311 daerah cisauk.

kejadian ini saya alami sendiri.

kebetulan orang tua juga bisnis jual bbm untuk PERTALITE & PERTAMAX dirumah. hari ini Senin 14 Agustus 2017 jam 11an siang, dapet amanat buat beliin stok bbm tersebut di spbu diatas.

dengan rincian 200rb PERTALITE dan 300rb PERTAMAX yg di isi kedalam dirigen, sampe dirumah langsung tuang ke botol kaca, awalnya saya gak sadar dengan warna kedua bbm tersebut, tapi orang tua menanyakan “a, inimah pertalite” dan saya melihat dirigennya pertamax “ini, pertamax kok mah”. rancu dengan itu, kemudian saya menuang PERTALITE ke botol kaca juga, dan ternyata sama warnanya. emang iya warnanya sama? penasaran saya kembali ke spbu tersebut untuk menkonfirmasi kebenarannya. mungkin si tukang bbm salah nozzle.

sambil bawa uang 20rb dan saya membawa 2 botol kaca, langsung menuju kembali ke spbu tersebut dan mengisi PERTALITE & PERTAMAX ke masing2 botol, dan hasilnya memang sama warnanya. bertanya-tanya lagi emang iya warnanya sama? penasaran saya lgs ke office spbu terebut untuk klarifikasi.

pihak spbu menjelaskan bahwa, memang terkadang ada kesamaan warna antara PERTALITE & PERTAMAX. ang saya tahu PERTAMAX lebih gelap warnanya dibanding PERTALITE. dan saya sedikit beragumen soal itu, dan pihak spbu tetap bersikeras bahwa PERTALITE & PERTAMAX SAMA WARNANYA. agak sedikit aneh, saya menunjukan video rekaman saat nozzle mengisi 2 botol kaca tersebut dengan PERTALITE & PERTAMAX sambil mengatakan bahwa saya akan menanyakan hal ini ke pertamina pusat. pihak spbu tiba-tiba mengatakan untuk kembali besok dengan menukar PERTAMAX yang sudah saya beli senilai 300rb tersebut dengan yg PERTAMAX baru, karena menurut pihal spbu besok akan ada loading PERTAMAX yg baru. OK besok saya kembali.

just sharing aja dan masih bertanya tanya EMANG WARNANYA SAMA PERTALITE & PERTAMAX? mungkin ada pernah ngalamin kesamaan warna.

klo memang spbu ini salah, waduh berapa banyak org yg sudah dirugikan, dan klo memang spbu ini melakukan kecurangan tersebut, sangat disayangkan spbu akan ditutup oleh pertamina pusat, sama seperti spbu (jarak 5km) yg saat ini sudah tidak beroperasi dikarenakan hal yg sama.

semoga bermanfaat dan salam, terima kasih

video via hp klik disini

11 KOMENTAR

  1. Orang tua saya juga jual bbm eceran… tapi emang kadang warna.nya sama antara pertamax dan pertàlite… kadang beda agak kebiruan pertamax

  2. Kalo boleh nakal dikit, yg premium pun gampang sekali diubah jadi pertalit karena cuma dicampur pake pewarna pakaian/wenter hijau itu sdh berubah jg pertalite.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini