Advertisements
jump to navigation

AHM Mengajak 55 Blogger Tanah Air Mengintip Pembuatan Motor Honda Beat dan All New CBR250RR Juli 16, 2017

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

image description

Sabtu 15 Juli 2017, sebanyak 55 blogger dari seluruh penjuru tanah air meramaikan acara factory visit yang diadakan oleh AHM, blogger dari pulau Batam, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali hingga Makassar tumplek blek jadi satu berkumpul di plant 4 AHM di Karawang Jawa Barat. Pabrik Honda Motor yang belum lama diresmikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla ini sering disebut sebagai Plant Karawang yang terdiri dari Plant 4 dan Plant 5 serta sekarang ditambah lagi ada part center. Plant 4 dan plant 5 melengkapi pabrik lainnya yang berada di Sunter, Pegangsaan dan Cikarang, sehingga total 5 pabrik pembuatan motor Honda yang mampu memproduksi sekitar 5,8 juta unit dalam satu tahun.
instagram-aripitstop

Alhamdulilah untuk berkunjung ke plant Karawang ternyata saya sudah untuk ketiga kalinya, pertama saat acara touring Supra GTR, Peresmian produksi All New CBR250RR dan kini bisa mengintip lebih detail lagi karena bisa ngubek2 plant 4 yang memproduksi motor matic terutama untuk Beat dan Vario.

Benar2 ramai puol karena baru pertama kali ini saya bisa merasakan berkumpul dengan para blogger setanah air, terima kasih buat AHM yang sudah memfasilitasi para blogger untuk bisa bersama2 mengintip lebih detail cara pembuatan dan perakitan sebuah motor dari mulai proses pencetakan crankcase, pembuatan rangka, hingga perakitan unit honda beat yang hanya butuh waktu 20 detik saja untuk menjadi satu rangkaian unit motor yang utuh siap dijual ke dealer, namun sayangnya kegiatan kami di dalam pabrik tidak bisa diabadikan dengan kamera ( dilarang bawa euy…!).

Plant Karawang ini terdiri dari Plant 4 yang memproduksi motor matic (Beat dan Vario) sedangkan untuk Plant 5 memproduksi motor Sport seperti All New CBR250RR, CBR150RR serta CB150R. Para blogger diajak keliling dua plant ini, awalnya kita berkeliling di plant 4 mengintip produksi motor Honda Beat kemudian dilanjutkan berkeliling ke Plant 5 mengintip produksi motor All New CBR250RR.

Bukan hanya mengintip proses produksi motor Honda namun sebelumnya para blogger juga dijelaskan background dari pabrik di Karawang serta 3 tempat pabrik Honda motor lainnya, kita juga dijelaskan cara pemasaran motor Honda dengan ”Konsep 3 Layer Honda”, artikel selanjutnya akan kita bahas lebih detail.

Kesan berkunjung ke pabrik Honda kali ini benar luar biasa sekali, pabrik dengan ribuan karyawannya memproduksi barang yang terbuat dari metal, plastik hingga proses peleburan, pengecetan sampai pengelasan namun kondisi pabrik tetap bersih banget bahkan lantai saja tetap kinclong karena memang para karyawan selalu diajak untuk sadar akan kebersihan mulai dari diri sendiri. Mesin serba canggih dan sudah memakai banyak mesin robotik untuk proses pembuatan dan perakitan motor yang saling terintregrasi antara porses satu dengan proses lainnya. Teknologi yang diterapkan merupakan teknologi yang mengusung konsep green company, Pabrik baru AHM ini menggunakan bahan baku ramah lingkungan dalam produksinya dan mulai memanfaatkan sumber daya alam seperti pembangkit listrik tenaga surya, jiaaan keren tenan.

Advertisements

%d blogger menyukai ini: