image description

Selamat siang menjelang malam, setelah satu bulan motor nongkrong di rumah dan jarang dipakai karena STNK yang terlambat turun alhasil motor baru menempuh jarak 512 km. Meskipun kilometer masih sedikit tapi sudah satu bulan dan harus ke bengkel resmi untuk servis gratis pertama serta mendapatkan oli standar pabrikan. Sampai di bengkel resmi hanya pengecekan biasa saja karena motor jarang dipakai dan saya memutuskan untuk tidak mengganti olinya dan oli gratisan saya bawa pulang saja karena saat pulang nanti mau mampir di Si Tepat untuk membeli oli Motul.

instagram-aripitstop

Ssesampainya di Si Tepat saya langsung menunjukkan pada penjaga toko untuk membeli oli Motul tipe Ester 5100 10W40, kenapa mau pakai oli tipe ini ?, kebetulan saya kerja di bengkel dan sering bertanya kepada para konsumen bagaimana testimoninya ketika menggunakan oli mesin ini, bukan hanya itu tapi saya juga sempat blog walking membaca testimoni dan hasilnya mereka bilang positif. Rasa penasaran membuat saya semakin ingin mencoba produk ini apalagi sebagian besar konsumen yang memakai oli ini katanya cocok buat touring. Motul 5100 10W40 membuat performa motor tetap terjaga dikala motor diajak riding jauh, itu salah satu testimoni dari konsumen bengkel saya.

Karena motor Suzuki GSX-S150 kapasitas oli mesinnya 1,2 liter maka saya beli dua botol dan sisanya untuk bulan depan cukup beli satu botol saja. Sampai di rumah, motor saya tunggu hingga dingin kemudian saya kuras oli mesinnya dan kemudian saya tuangkan oli Motul 5100 10W40. Keesokan harinya motor saya panaskan sebelum persiapan riding cukup lumayan jaraknya sekitar 55 km PP jadi sekitar 110 km, lumayan bro dari Jonggol ke Bintaro, hehehehe…

Riding pagi2 jam kerja memang menyedihkan ketika melewati jalanan kota Jakarta, jalur yang saya lewati sebagian besar terkena macet dari di daerah Cibubur kemudian di jalur jalan TB Simatupang yang luar biasa macetnya. Lalu bagaimana hasilnya ketika pertama kali memakai Motul Ester 5100 10W40 ?. Ketika motor baru dipakai jalan di hari pertama, motor awalnya akslerasi di awal terasa menurun namun setelah jalan sekitar 5 km akslerasi mulai normal bahkan sempat tak sadar kalau akslerasinya semakin nyaman, perpindahan gigi juga terasa halus.

Untuk getaran di mesin juga semakin halus terutama disaat motor panas, tidak ada getaran berarti saat riding. Di hari kedua hingga ketika saya mengetik artikel ini sudah berjalan satu minggu, kalau bang Bondan Winarno yang suka wara-wiri icip2 kuliner itu bilang ” pokoke maknyus”. Performa motor terutama ketika motor panas justru semakin enak dibetot gasnya, awas jangan sampai kebablasan…!. Mesin motor tidak menujukkan gejala power drop, kita ketahui bahwa efek panas pada mesin yang berlebihan sebagian akan mengurangi kinerja dari mesin

Overall untuk pemakaian oli Motul 5100 10W40 di pemakaian awal ternyata cocok untuk harian, kebetulan akhir bulan ini saya ada acara di Cipanas puncak Bogor sehingga bisa lebih dalam review dari oli ini, apalagi kilometer motor pemakaian oli Motul juga semakin bertambah. Pemakain awal ini pokoke maknyus…!

10 KOMENTAR

  1. Gsx150 anda kapasitas olinya 1200ml dr pabrikan? Apa saya salah beli motor gsx150 ini punya saya 1300ml. Punya anda istimewa x ya ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini