Advertisements
jump to navigation

Review Pemakaian Oli Motul Scooter Setelah Pemakaian 2.500 km Mei 19, 2017

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

image description

Sebelumnya saya pernah menulis review pemakaian oli Motul Scooter 10W30 pada motor mio lawas tahun 2005, saat itu pemakaian pada kilometer 100 dan overal oli khusus motor matic ini memang memuaskan, lalu bagaimana dengan pemakaian pada motor Yamaha X-Ride yang setiap hari saya pakai untuk beraktifitas ?, cekidot… instagram-aripitstop

Belanja oli Motul dulu di @sitepat_jatimakmur

A post shared by Ariyanto (@aripitstop_blog) on

Sebenarnya saya menganjurkan untuk penggantian oli motor maksimal sampai 2.000 km, tidak kita pungkiri kalau saat ini banyak sekali produsen oli dalam setiap informasi kekuatan oli motor mereka bisa dipakai hingga jarak tempuh 5.000 km bahkan ada yang lebih, namun demi keamanan tetap lebih baik kita menggantinya di setiap pemakaian 2.000 km. Namun kali ini karena kebetulan motor sering dipakai dan baru sempat membeli oli Motul di SiTepat (klik disini) beberapa hari yang lalu alhasil oli Motul Scooter terpakai pada motor X-Ride hingga 2.500 km.

Penggantian oli Motul pada X-Ride ini sekitar pertengahan bulan Maret 2017, jadi oli Motul Scooter yang memiliki spek SAE 10W30, JASO MB dan API SJ terpakai selama dua bulan. Apa yang saya rasakan setelah riding selama 2.500 km ?, pada awal pemakaian di kilometer 200 km, motor agak sedikit kasar pada saat manasin motor namun setelah pemakaian 200 km justru motor menjadi lebih halus hingga pemakaian sampai sekitar 2.000an km tingkat kehalusan suara mesin tetap normal.

Suhu panas yang dikeluarkan oleh oli Motul ini memang berasa banget, biasanya untuk motor matic akan berasa panas di bagian jok belakang atau behel belakang, namun pemakaian oli ini terasa perbedaan suhunya terasa tidak terlalu panas.

Untuk akslerasi overal pemakaian dari hari pertama hingga kilometer diatas 2ribuan ini berasa nyaman, akslerasi enteng, gas berasa tidak pernah mengalami kekosongan alias ngeplong. Dari kecepatan 0 hingga 60 kpj akslerasi enak banget, cepat naiknya dan untuk top speed saya tidak mengukur tingkat kecepatan karena saya juga bukan pecinta top speed ( nasib motor matic 115 cc terlalu maksa banget kalau raih top speed), namun performa motor di rpm menengah terasa lebih terasa banget nampolnya.

Untuk pemakaian jarak jauh ternyata akslerasi motor tetap terjaga, pernah dalam satu hari berjalan hingga 210 km perjalanan dari Joggol ke Karawaci Tangerang dan kembali lagi ke Jonggol. Akslerasi motor tetap stabil meski dalam sepajang perjalanan banyak dilalui dalam kondisi lalu lintas macet.

Overal pemakaian oli Motul Scooter 10W30 ini memang nyaman, hanya suara mesin agak sedikit lebih kasar di kilometer awal namun setelah itu motor justru lebih halus. Mau beli oli Motul Scooter LE ? harganya sekitar 80ribuan saja.

Advertisements

Komentar»

1. Kobaypitstop - Mei 19, 2017
2. Selamat - Mei 20, 2017

Sekarang bukan jamannya lagi memakai oli ber-sertifikasi JASO MB, akan tetapi sekarang lah jamannya pemakaian oi ber-sertifikasi ILSAC GF-5

3. Sponge Bob - Mei 20, 2017

Cintailah ploduk-ploduk endonesa..

4. yonas - Mei 20, 2017

banyak yg palsu gimana bedainnya?
di dealer lebih aman tapi gak jual motul

5. rifz - Mei 20, 2017

2500 dah item?
Pake pft 3500 masih bening

6. aanam - Mei 20, 2017

nak, ini aku pakai dari km 7200, sampai sekarang km 15.640 blum ganti, oli motul yg scooter ini, tak lihat oli nya warna masih normal, dan motor lari nya masih enak.

7. Kainlaps - Mei 21, 2017

Kok enak pakai oli sesat yah? Xixixixi ketagihan lho

8. #TeamChitoge - Mei 21, 2017

Enakan Oli Diesel :v
Makin panas, makin josss


space for ads

%d blogger menyukai ini: