image description

Bulan april 2017 terjadi kebakaran di sebuah SPBU di daerah salatiga yang diakibatkan oleh motor yang memakai knalpot racing mengeluarkan api dari knalpot dan menyambar bensin yang sedang diisikan ke tangki (artikel klik disini).  Akibat kejadian tersebut kini pihak pertamina melarang motor yang memakai knalpot racing mengisi BBM di SPBU.

instagram-aripitstop

Kronologi waktu pengisian bak tampung bbm oleh truck pertamina, ada konsumen yang datang hendak isi bbm dengan menggunakan motor berknalpot yang tidak standart yang mengeluarkan percikan api, sehingga menyulut letupan di bak tampung bbm. Untuk korban jiwa 3, terdiri 2 orang dewasa laki-laki(39th), wanita(34th), 1 anak kecil(2,5th) warga senjoyo dengan luka bakar ringan di kaki dan kepala, sudah terkondisikan semua dan sekarang sudah dalam perawatan dari pihak kesehatan.

“Berdasaran pengalaman selama ini kalau knalpot tidak standar, waktu di starter, muncul bunga api yang sangat membahayakan bagi keselamatan,” ucap Vice President Fuel Marketing Pertamina Afandi saat dihubungi Otomania, Rabu (17/5/2017).

Selain tidak melayani motor knalpot tidak standar, SPBU juga tidak melayani pengisian bahan bakar ketika kondisi kendaraan menyala. Hal itu juga untuk keselamatan. Saran Afandi buat konsumen dengan motor berknalpot modifikasi yang ingin mengisi bahan bakar, mematikan mesin di luar SPBU. Setelah mengisi bahan bakar, menyalakan mesin di luar SPBU.

15 KOMENTAR

  1. Kalo menurut ane ga masuk akal kalo kejadian itu d sama ratakan. Toh kejadian itu jelas salah dari pihak spbunya. Bukannya kalo pengisian dari tangki harus ada batas aman d sekitar tangki tsb. Tapi itu mepet bener sama kendaraan lainnya. Kalo nyalain setelah keluar spbu mobil harus d dorong dulu ya. Masa motor sama mobil beda perlakuan

  2. Mencegah lebih baik drpada mengobati…
    Setuju aja sih, mgkn yang dimaksud itu knalpot para alayers and lebayers yang gk jelas sertifikasi dll..
    Asal bunyi keras ma cempreng aja, bekas kuali emak ma seng sisa proyek pun dipake..

    Di Pekanbaru jg udah lbh ketat, probabilitas itu selalu ada agaknya, apalagi di siang hari yg lgi hot.. Masalahnya sebagian yg punya knalpot breng breng, kadang2 ntah kenapa sampe di spbu geber2 gas, begitu selese juga gitu.. Selain ribut jg gk nyaman.

    Drpada mati konyol, nyawa gak bisa digantiin deh…

    Supportlah..

  3. gampang aja, tinggal isi di pom bensin merk lain. gitu aja kok pusing?. jelas2 SOPnya yg *****. huehuehueh

  4. wah..wah..kebijakan pertamina kok kyak gtu ya..kayaknya itu tangki penampungan bahan bakar dan pompa pengisian ke pembeli di spbu tersebut terlalu dekat deh jaraknya..saya mengamati di banyak spbu yg saya jumpai ga sedekat itu jaraknya..seharusnya itu dijadikan evaluasi juga..atau setidaknya pas ada penambahan stock bbm ke tangki prnampungan..spbu sementara tidak melayani penjualan bbm dulu..pasti pada maklum deh..hehehe

  5. paling seperti yang sudah2. aturannya cuman pajangan. yg larangan jangan make hp dan foto2 nyatanya di dunia maya masih banyak yg sering foto2 di SPBU. matikan mesin kendaraan nyatanya?…

Ketik Komentar Anda