image description

Oli sudah tidak asing lagi buat para bikers, karena hampir setiap bulan sudah menjadi rutinitas mengganti oli mesin pada motor agar kondisi motor selalu dalam kondisi fit. Sebagian bikers hanya tahu kalau fungsi dari oli hanya untuk melumasi part2 di dalam mesin, padahal fungsi dari oli ada berbagai macam dan tipe setiap oli juga memiliki spesifikasi yang beda sehingga beberapa oli mesin terkadang menonjolkan salah satu fungsi dari oli agar konsumen tertarik dengan produk olinya.
instagram-aripitstop

Lalu apa sich fungsi dari oli mesin di motor kita ?, selain sebagai pelumas part2 di dalam mesin oli juga memiliki tugas sebagai pembersih. Untuklebih jelasnya saya jabarkan sebagai berikut :

  • Mengurangi gesekan komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Supaya gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotora n tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Nach, banyakkan fungsi dari oli mesin. Kita sebagai buyer harus jeli oli seperti apa yang akan kita pakai pada motor kita apakah fungsi dari oli terkandung pada oli yang akan kita pakai. Kita juga harus tahu bahan baku dari oli itu, karena bahan baku oli juga berbeda2, saat ini oli yang terbaik adalah oli yang sudah full syntetic. Berikut penjabaran jenis bahan baku oli :

  • Oli mineral – Oli yang bahan dasarnya dari proses penyulingan bahan mineral.
  • Oli Vegetebel  – Oli yang diperoleh dari bahan tumbuh-tumbuhan yaitu minyak dari tumbuhan jarak. Jenis ini mempunyai sifat pelumas yang baik sehingga sering digunakan untuk recing, namum mempunyai kelemahan harga mahal dan tidak dapat digunakan dalam waktu yang lama, karena proses oksidasi terjadi dengan cepat.
  • Oli Syntetic – Oli yang dibuat dari bahan dasar produk petroleum sepertiettylene, kemudian diproses secara kimiawi untuk menghasilkan viskositas yang stabil sesuai dengan karakteristik yang diinginkan.  Keunggulan oli jenis ini adalah karakteristik oli relative stabil, mempunyai kemampuan pelumas yang sangat baik
  • Oli semi syntetic – Oli merupakan paduan antara oli mineral dengan syntetic, menghasilkan kemampuaan pelumas yang baik dengan harga lebih murah darisyntetic.

Untuk oli full syntetic saat ini yang saya pakai di motor saya adalah Motul, produk asal prancis ini sudah terbukti kehandalannya untuk merawat part2 mesin serta menjaga performa mesin agar selalu stabil. Saya sendiri memakai oli Motul Ester di motor sport saya dan memang saya rasakan performa motor selalu terjaga bahkan sudah lebih dari 2.000 km motor tetap nyaman dipakai.

 

12 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini