image description

pic : berita gresik

Musibah menimpa salah satu bengkel Honda di daerah gresik, tepatnya di dealer Honda AHASS 9840 Anugrah Motor milik Fadlrul Mubin (52) di Jalan Raya Bungah, Dusun Nongkokerep RT 03/RW 01, Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Gresik, Jawa Timur. Keteledoran saat service diduga menjadi pemicu kebakaran yang disinyalir mengakibatkan kerugian hingga 2,1M.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Kronologi yang saya himpun dari motorplus :

  • Kejadian ketika Mashudi dan Zaidi servis Honda CBR250R keluaran 2015.
  • Mengetes fuel pump atau pompa bahan bakar. Diambil dari dalam tangki kemudian dites menggunakan aki.
  • Terjadi korsleting menimbulkan percikan api di bagian fuel pump.
  • Api menyambar bensin yang ada di bawah dan di tangki yang digunakan membersihkan fuel pump tersebut. Sesaat kemudian menyambar oli yang berada di dalam dus-dus dan barang di sekitar sehingga menimbulkan ledakan.

Meski tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian materiil hingga miliaran rupiah. Setidaknya ada dua sepeda motor yang turut terbakar.

“Tidak hanya itu, ada juga beberapa komputer, peralatan bengkel, dan spare parts sepeda motor yang masih baru juga ikut terbakar. Dengan total kerugian yang saya alami sekitar Rp 2,5 miliar,” kata Fadlrul Mubin (52), pemilik bengkel. kompas.com.

Saya sebagai mekanik pasti ikut prihatin atas kejadian ini, diperlukannya kerja sesuai SOP (Standard Operating Prosedure) dan peralatan bengkel sesuai standar pabrikan motor agar kinerja para mekanik bisa maksimal dan pastinya kembali lagi adalah faktor manusia yang harus sadar juga akan kerja sesuai SOP.

Dan pengalaman saya saat menjadi Service Advisor sudah sangat sering mengingatkan mekanik agar kerja sesuai SOP apalagi yang berhubungan dengan bensin, mekanik bandel lalu ditegor malah ngambek, baper sampai kabur meninggalkan motor yang diservice pernah saya alami, demi satu…! kerja sesuai SOP. Cara kerja mekanik juga harus didukung dengan peralatan yang standar yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Pabrikan pasti sudah menentukan bagaimana cara agar servis aman terlihat profesional, namun ujung2nya juga terdapat pada kesadaran sang pemilik bengkel apakah mau melengkapi peralatannya sesuai standar yang ditentukan pabrik, karena masih buaaanyak owner bengkel yang tidak mau melengkapi peralatan bengkel seperti yang disodorkan oleh pabrikan.

Buat teman2 mekanik dan semua yang suka ngutak-atik motor, hati2 saat kerja yang berhubungan dengan bensin, pastikan saat tes kelistrikan jauh dari bahan yang mudah terbakar terutama bensin. ini yang harus dipastikan…! jangan sekali2 tes putaran fuelpump dengan kondisi tangki yang masih ada bensinnya.

  • Kuras dulu tangkinya.
  • Lepas baut2 fuelpump.
  • Jauhkan dari tangki ketika mengetes putaran fuelpump.

Kenapa ? soket didalam fuelpump pasti berdekatan antara kabel positif dan negatif, meski dari pabrikan sudah merancang dengan aman namun kita tetap harus berhati2, terutama buat fuelpump yang terminal tembaganya mudah patah karena karat.

Ada yang mau menambahkan ?.

36 KOMENTAR

  1. Pemicunya kesalahan pada waktu pengetesan pompa bensin menggunakan aki. Krn ada percikan api dekat tangki yg belum tertutup rapat.

  2. Wow owner cbr 250rr datang…..ane domisili gresik tapi kok taunya ada cbr 250r (bukan 250rr) kebakar malah dari sini wkwkwk……kejadian kapan itu lek?

  3. ini masuk kategori dealer wing enggak ya, ??
    soalnya koq standar-nya buruk, baik standar kerja mekaniknya maupun standar keamanannya (entah bener atau engga, denger2 tabung pemadam ternyata ga ready di area bengkel)

  4. Cerita dari temanku yg domisilinya sekitar situ, emang tuh bengkel ga profesional blas kang. Malah temanku kena palak hampir 500rb coz disuruh ganti bbrp spare parts yg ternyata masih bisa dipakai. Dan kemungkinan besar ada yg bernasib sama..
    Apakah kejadian ini akibat dr doa orang² yg teraniaya? Wallahu a’lam.

  5. motor yg kebakar cm 2, oli, sm sperpat, drimana itungan nya bisa ampe 2500 juta alias 2.5 M ? jgn2 emang kyk komen diatas tuh bengkel emang suka curang makanya mark up kerugian

  6. Kalo bengkel biasa, (gak semua, tapi saya pernah nemuin waktu servis motor sendiri) mekaniknya bersihin karburator sambil udud. Berasa cool kayanya kalo servis sambil udud…
    sampluklinggis

  7. @gglvhm
    hitungan 2,5 milyar mgkin termasuk kerugian bangunannya ..termasuk juga kerugian gak bisa buka bengkel alias gak ada pemasukkan selama waktu yang gak di tentukan ..blm lagi kalo punya cicilan bank, giro dll..prayo mumet tenan…itung2an pengusaha beda ma kita2 bro…

  8. kalau seperti itu gimana pertanggungjawaban bengkelnya ke konsumen yang motornya ikut kebakar?
    karena itu khan sudah pasti kesalahan mekanik yang menjadi tanggungjawab bengkel itu semestinya..

  9. pernah ada service vixion sampe harus nyopot fuel tank, sebelumya bensin dikuras, ditaruh hampir 5 meter, ini toh alasannya SOP hehehe
    dealer Yes Sidoarjo, Buduran… good lah..

  10. beberapa kali servis di bengkel pinggir jalan, mekaniknya bersihin karbu sambil ngerokok, edann klo jatoh sedikit itu api , habis udah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini