image description

Hari ini Rossi dan Vinales secara resmi merilis New R15 secara internal Yamaha, bertempat di Ciputra Artpreuner Theatre dipamerkan dua motor New R15 berwarna biru dan hitam. Salah satu kesan pertama kali melihat New R15 adalah adanya sok depan yang sudah USD dan fitur ini belum ada di kompetitor.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Selain fitur sok depan sudah USD, headlamp LED dan kejutan satu lagi adalah adanya slipper clutch. Yap, sudah konfirmed salah satu fitur yang disematkan di Yamaha New R15 adalah Assist & Slipper Clutch.

Saat ini  Assist & Slipper Clutch lebih sering kita dengar di motor berkapasitas di atas 200cc, seperti yang disematkan di Kawasaki Ninja 250 fi dan Yamaha serta Honda sudah menggunakannya di beberapa model. Yamaha kini ingin menjadi pelopor di kelas 150cc di indonesia dengan menerapkan  Assist & Slipper Clutch di motor New R15.

Assist & Slipper Clutch membuat motor semakin berakslerasi dan lebih bertenaga. Sekilas tentang assist & slipper clutch punya dua cam, assist cam dan slipper cam). Keduanya menggerakan clutch hub dan mengoperasikan plat kopling bersamaan, atau terpisah. Assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo, yaitu menarik clutch hub llau mengoperasikan plat secara bersamaan untuk menekan plat kopling. Ini membuat beban per kopling berkurang. Kita semakin merasa ringan saat menekan tuas kopling.

Dan kebalikannya, saat pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja. Komponen ini memaksa clutch hub dan plat terpisah, yang membuat tekanan pada plat kopling berkurang. Dan pada akhirnya pada saat kita melakukan down shift (penurunan gigi) secara cepat, maka gejala torsi berlebihan pada kopling (disebut juga back torque) yang menyebabkan ban belakang mengalami skid (mengunci) dan hilang traksi tak akan muncul.

Berikut video penuturan rossi :

via hp klik disini

15 KOMENTAR

  1. Gak terlalu berpengaruh untuk speed,hanya kenyamanan perpindahan gigi yang didapat,secara teknis fungsi utama dr kopling cuma buat memperhalus perpindahan transimisi.
    Tapi okelah tampilan dan fiturnya,

  2. Gw pernah baca lek Ari tentang ini di blog nya juragan rondo,tapi galama hilang tuh bacaannya heheheh… waaah jadi halus dong jadinya saat turun gigi dadakan saat keadaan kencang..#Bravoyamaha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini