image description

Kecelakaan memang sudah takdir, kita tidak bisa melawan takdir kita namun sebisa mungkin kita tetap berusaha mencegah kecelakaan saat berkendara dengan cara tertib berlalu lintas, taati rambu2 lalu lintas dan jangan sampai ugal2an. Keamanan berkendara seperti kelengkapan safety gear juga harus dan wajib hukumnya untuk meminimalisir luka.
honda cengkarenginstagram-aripitstop

Yap, artikel ini saya tulis bukan untuk BC alias black campaign, nanti saya bisa dituduh BC meskipun faktanya memang ada. Bukan hanya kali ini saja penampakan helm standar bawaan motor yang rusak parah ketika mengalami kecelakaan, bukan hanya helm bawaan motor Yamaha,Honda dll hanya saja kali ini contohnya adalah helm bawaan R15.

Ada pertanyaan yang masuk dari Daffa Ramadhany ke saya perihal helm yang remuk ini,

Mas ari.
Pagi ini saya dapet kabar kalau temen saya jd korban tabrak lari dan meninggal dunia.
Dia RIDER R15 lengkap dengan helm Fullface bawaan R15. Helm itu bukannya udah SNI dan cukup layak untuk dipakai ya? Tp ini helmnya pecah dan membuat pendarahan di otak. Apakah kualitas helm bawaan R15 ini tidak mendapat QC yang baik atau memang perawatan yang salah dari almarhum?
Untuk info lengkap sama gambar ada di grup Info Cegatan Solo
https://m.facebook.com/groups/804691746216067?view=permalink&id=1456111357740766&comment_id=1456134241071811&notif_t=group_comment_reply&notif_id=1484782582636196&ref=m_notif

Mohon kalau diangkat artikel foto korban di blur ya mas ari. Terimakasih

Dan saya jawab secara diplomatis saja yaitu ”Klo untuk helm bawaan sebenarnya sudah sni buatan vendor yamaha bukan Yamaha. Coba saya cek ke grup info solo, Itu yg masih sekolah SMA ya. Status di grup sudah dihapus”.

Iya masih sekolah sma. Dia meninggal pas jalan ke rs. Heran juga helm fullface gitu yg udah lewat test dan dinyatakan SNI nyatanya gaada bedanya sama helm asal-asalan.

Yap, itulah pertanyaan dari bro Daffa Ramadhany, kita harus melihat kondisi bagaimana kecelakaan itu terjadi, bagaimana kronologinya serta seberapa besar benturan yang terjadi. Kecelakaan ini merupakan kecelakaan di artikel sebelumnya Kecelakaan Hingga Helm Ambyar..! Anak Sekolah Naik Motor Sport.

So… kita tidak bisa langsung menjudment helm bawaan motor itu jelek atau gimana karena kita harus melihat dari sisi seberapa besarnya benturan dan kronologi kecelakaan yang terjadi. Apalagi dalam kecelakaan itu melibatkan sebuah mobil sehingga kemungkinan ada benturan keras yang terjadi.

Jika benturan yang sangat keras, helm yang harganya mahal kualitas bagus juga bisa remuk, memang semua itu berujung pada kualitas, namun jika helm itu bawaan motor dan sudah SNI tentunya pabrikan tidak akan main2 dengan kualitas apalagi yang berhubungan dengan keselamatan.

20 KOMENTAR

    • mungkin maksudnya EPS / disini dikenal dengan styrofoam yang kualitasnya kursng baik..
      memang sudah menilaiya, karena kalau baca manualnya semua helm yang “pernah” jatuh (jatuh karena crash ato jatuh bego) sebaiknya tidak digunakan kembali karena bagian EPS (peredam tadi) sudah tertekan dan terdapat celah antara EPS dan shell..

  1. Bukan helmnya yang jelek bro
    tapi motornya terlalu kencang….
    juara balapan gitu lockhhh

    turut berduka
    pelajaran buat kita semua…

  2. bukan kualitas helm yang jadi patokan saja tapi apda kecepatan dan benturan yang diterima helm, aspal itu juga keras soalnya..
    Kalo jatoh jatoh ringan mungkin bisa toleransi ya namanya saja helm bawaan toh nggak sebagus helm luar yang diatas 500ribu.

  3. Kalo menilai helm berdasarkan korban tewas apa nggak, ya kira-kira semua helm di dunia bakal dianggap produk jelek. Bahkan helm AGV Simoncelli-pun tak bisa menyelamatkan nyawanya, lock double-d aja copot. Kalo crash konteksnya ke arah “secepat apa, posisi crash gimana, ada benturan ke helm apa nggak”, selama belum terjawab, belum bisa dipastikan kalo helmnya tak berkualitas, atau seperti yg dituduhkan DR di atas sebagai “helm asal-asalan”.

  4. Helm nya emang rada jelek,punya saya itu busa samping dalemnya kadang suka copot sendiri,not recommended,mending pake helm yang laen, btw turut berduka

  5. @Lin Dan

    tepat, dan yg melawan arah berarti mobil nya. Lu jalan 40kph aja di tabrak mobil 80kph jg pasti mampus kok.

    atau lu jalan 40kph helm full face, nabrak bokong truk gak pake ngerem jg kelenger bro.

    liat kronologisnya dulu jgn asal bacot sembarangan.

  6. Helm bawaan yamaha emang tipis kang,jangankan half face,full face juga enteng bgt.. mendingan honda klo buat ketebalan mah,tapi kalo keren,masih kerenan helm yg bawaan yamaha.

    • Iya kang,saya ada 4 helm d rumah,(punya kakang saya sama punya adik juga).n saya pernah bandingin,helm TRX honda lebih tebal n berat,,entah karna tebal busanya atau plastiknya.. n coba pegang helm r15 kakang saya beratnya sama kya helm TRXnya honda dri beat ane,n coba saya bandingin lagi sama helm bawaan new soul gt yg half face, pas d angkat ya Allah ringan bgt kang,,

      Mungkin yg tadi mnrut ente helm bawaan honda gampang d tekannya,karna emang lentur,,bukan berarti gk teball

      Tapi saya tetep demen helm bawaan yamaha,coz kereen.. klo yg bawaan honda(TRX) gak bagus,kesannya kek tukang ojek.

  7. nah iya bener nih..
    helm bawaan abs.revo trx item masih lebih tebal dan kaku daripada helm bawaan r25 (yang katanya merk c**gl*ss).
    bahkan visornya helm bawaan r25 distorsi, namun memang kualitas busa (bukan eps/styrofoam) nya lebih lembut dan menjepit sehingga ga ada fitur 360°

  8. Emang klo helm tebal dan berat itu jaminan bagus ya?
    Klo itu jd jaminan bagus kasihan jg para pembalap, bisa tenggleng itu lehernya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini