image description

patent-monoshock-honda-beat-8

Motor memakai sok tunggal di belakang ? sudah biasa bro, lalu bagaimana jadinya ketika motor memakai sok tunggal di depan ? ini yang menarik kita tunggu apakah akan ada versi produk massal kedepannya nanti setelah pihak Honda mematenkan sebuah motor matic yang sangat identik dengan Honda Beat memakai sok depan tunggal. Sampeyan bisa lihat gambar diatas, motor matic ini dibagian CVTnya mirip sekalipunya Beat, dan juga box filter udaranya identik dengan motor dua juta umat.
honda cengkareng
instagram-aripitstop

Honda telah resmi mematenkan suspensi tunggal bagian depan, suspensi tunggal bukan berarti motor ini hanya memakai sok sebelah saja layaknya sok belakang matic ya bro… kalau as sok depan cuma sebelah jadi aneh mirip mobil2 mainan dari kaleng yang didorong pakai kayu sambil lari2, hehehehe… jamannya masa lalu saya ini mainan mobil2an cuma satu roda saja lalu diajak keliling kampung.

Jadi sok depan tunggal yang dimaksud adalah bagian ayunannya terletak diatas, bingung ? cekibrot gambar dibawah ini.

patent-monoshock-honda-beat-6

Sok depan terletak didepan dudukan komstir, bagian tabung sok menempel dengan komstir, sehingga bagian depan tampak seperti ada dua tabung, yang pertama adalah tabung sok dan yang kedua adalah tabung komstir. Jadi motor ini memakai monoshock, sedangkan untuk tumpuan roda seperti memakai garpu batang besi sebagai pengganti yang biasanya memakai tabung sok teleskopik atau USD.

Ini penampakan ketika sok tanpa beban/ayunan.

patent-monoshock-honda-beat-9

Dan inipenampakan ketika sok depan sedang mengayun.

patent-monoshock-honda-beat-5

 

Jika dilihat dari samping tampak sok depan ada link yang cara kerjanya mirip sok belakang motor sport pada umumnya.

patent-monoshock-honda-beat-10

patent-monoshock-honda-beat-1

Satu lagi yang menarik ni bro, lihat sok belakangnya, sok belakang tampak lebih miring alias lebih tidur. Mungkin posisi ini menyesuaikan dengan kondisi sok depannya. Bisa jadi ayunannya agar lebih lembut sehingga biker lebih nyaman ketika mengendarai motor ini. Menarik sekali ini, apakah motor ini akan diproduksi massal ? tergantung hasil riset dari Honda, kalau hasilnya bagus bisa jadi matic Honda kedepannya akan memakai monoshock juga.

sumber : http://tmcblog.com/2016/12/13/honda-mematenkan-suspensi-depan-tunggal-buat-honda-beat/

13 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini