kampas-rem-habis-3

Entah apa yang ada dibenak biker yang satu ini, bisa saja karena faktor ekonomi atau memang dirinya yang membandel tidak menghiraukan perawatan motor dan mengabaikan safety. Kampas rem merupakan syarat utama sebuah motor untuk layak jalan, tanpa rem yang mumpuni maka jangan sampai kita nekat mengendarai motor kita.

honda cengkareng

Kampas rem jika sudah habis bahkan jika sepatu kampas sudah benar2 habis, pasti akan menimbulkan bunyi keras dari gesekan plat kampas dengan piringan cakramnya, dan pastinya setiap mengerem akan terdengar bunyi yang ngilu. Lach kalau sudah bunyi seperti ini tandanya kita telat mengganti kampas rem sebelum waktunya. Biasanya pada saat service, mekanik akan memberitahukan kondisi sparepart yang ada di motor kita, sparepart yang sudah saatnya ganti akan diusulkan untuk dilakukan penggantian baru.

Namun semua itu tergantung dari sisi biker sendiri bro… kalau kita membandel, pastinya motor tidak akan terawat, kalau terpepet faktor ekonomi ?, kampas rem kw yang harga 10ribuan saja sudah banyak beredar kok.

Lihat kondisi rem motor ini, plat kampas habis hingga bolong mengakibatkan piston kaliper rem ikut tergerus. Kalau begini jadinya malah jadi nombok banyak dech.

Plat kampas rem sampai bolong

kampas-rem-habis-3

Piringan sudah pasti tergerus

kampas-rem-habis-4

Piston kaliper rem sampai ikut tergerus

kampas-rem-habis-1 kampas-rem-habis-5 kampas-rem-habis-2

 

29 KOMENTAR

  1. Kelewat irit yg akhirnya malah keluar uang lebih banyak, sama kaya teman ane ganti oli mesin 4 bulan sekali oli gardan gak pernah padahal motor tiap hari jalan 40km akhirnya turun mesin sampe ngabisin uang jutaan ?

    Merawat kendaraan itu sama dengan menyayangi diri anda sendiri

  2. edan, kok betah ya. padahal kalo kampas mulai tipis suaranya udah berdecit ngga karuan, lha ini malah sampai nggerus plat besi

  3. Pasti emak2 nih ridernya…

    Tar klo udeh knapa2 sm motornya..dibilang motornya jelek..ga kaya motor merk anu… padahal ridernya yg guoblok!

  4. User cewek biasanya!

    Cuek banget ma perawatan, ngeyel, susah ngeluarin uang buat macam services kayak gitu!
    Nggak harus soal ekonomi, beli HP baru, baju, sepatu, make-up aja mampu kok!

  5. trlalu sadissss…

    ane sih hobi ngabisin kampas rem smpai tuntas, kalo mulai berdecit, tonjolan besi indikatornya ane tipisin, trus pasang lagi :v skedar biar gak bunyi, smpe nyaris habis kampasnya baru deh diganti.. ngahahaha..

  6. Mas ari rem belakang mio j sy bunyi. Itu knpa ya kira2? Sy cek tanda segitiga keausan masih jauh mas, mohon tipsnya mas. Makasih…

    • biasanya kotor,
      kalau ketebalan sepatu kampas diukur dari setelan rem jangan secara kasat mata saat dibongkar
      atau karena kampasnya yang memang dapat yang bunyi

  7. Pancal mubal gas pol rem blong wkwk

    Yang di otaknya apa sih pikirannya sampai kayak gitu ??

    Kampas rem yang bagus kan cepat habis, kalau yg KW kan lama, saking lama habisnya remnya ga berfungsi wkwk

  8. biasanya pengendara perempuan yang masa’ bodo dengan motornya, atau abege bisa laki bisa perempuan karena belum ngerti merawat kendaraan.

Ketik Komentar Anda