About these ads
jump to navigation

Indonesia Menjadi Yang Pertama Yang Merilis All New CBR250RR Juli 27, 2016

Posted by aripitstop in : HONDA , trackback

honda cbr250rr (2)

PT Astra Honda Motor (AHM) hadirkan All New Honda CBR250RR sebagai model pertama diperkenalkan di dunia yang akan menorehkan standar premium sepeda motor di Indonesia. All New Honda CBR250RR mengusung berkendara dengan manuver yang menyenangkan bagi pecinta motor di tanah air.

honda cengkareng

“Masyarakat Indonesia memiliki tradisi berkendara yang kuat dan sangat menyukai motor. Sepeda motor tidak hanya menjadi alat transportasi yang memberikan kebebasan tapi juga sudah menjadi sarana penyaluran hobi. Passion dan minat yang tinggi penggemar motor di Indonesia ini mendorong kami menghadirkan All New Honda CBR250RR ini,” ujar President Director AHM Toshiyuki Inuma.

All New Honda CBR250RR dikembangkan berdasarkan filosofi dasar Honda dalam mendesain motor supersports yaitu mengaplikasikan kasta motor balap tertinggi. Motor yang memenangkan balapan secara esensi tidak jauh berbeda dengan motor yang didesain untuk menghadirkan rasa senang saat berkendara. Mesinnya menjadi sarana terbaik untuk meningkatkan kemampuan pengendara. Motor ini harus dapat mengikuti keinginan pengendara, berbelok cepat ke arah yang dituju, berhenti dan melakukan akselerasi sesuai yang pengendara kehendaki. Semua gerakan secara mudah dilakukan oleh pengendara sehingga dapat memberikan rasa aman dan percaya diri. Pada akhirnya pengendara merasa semua ada dibawah kendalinya untuk berkendara ke mana saja. Ini yang disebut sebagai “Total Control,” konsep kunci dalam mengembangkan All New Honda CBR250RR.

honda cbr250rr (4)

Dari sisi desain, Honda selalu mengutamakan hasil yang diberikan dari setiap fungsi, sehingga styling yang ditentukan melalui pemahaman yang mendalam terhadap fungsi tiap parts. Styling secara mendasar memberikan kontribusi saat motor bermanuver. Honda membuat desain dari sisi luar, kemudian dilanjutkan ke frame, mesin dan terakhir suspensi. Hal ini menghasilkan suatu bentuk yang paling ringan, memberikan fungsi optimal dan performa tertinggi. Motor supersports terutama seri RR harus cepat dan menyenangkan untuk dikendarai. Karena itu, desain menjadi sangat tergantung pada evolusi dari setiap fungsi beriringan dengan teknologi. All New Honda CBR250RR telah meraih lebih dari itu semua. Tampilannya yang menarik dan aspek fungsionalnya mampu menghadirkan kesenangan dalam berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai. Inilah yang disebut tema desain “Speed Shape” All New Honda CBR250RR.

Model premium Honda yang dibekali mesin generasi baru 250cc liquid-cooled 4 stroke DOHC 4 katup – 2 silinder dikembangkan melalui kolaborasi kuat antara tim engineer dari Jepang dan Indonesia sebelum akhirnya diproduksi langsung oleh putra bangsa di pabrik AHM Karawang.

“Indonesia terpilih sebagai negara pertama di dunia yang memproduksi dan meluncurkan model flagship Honda di kategori supersport ini. Hal ini merupakan bukti nyata karya anak bangsa telah memenuhi standar internasional dan mampu bersaing di pasar global,” ujar Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.
Dalam pengembangan All New Honda CBR250RR sebagai motor lightweight supersport terbaik di kelasnya di kelasnya telah dirumuskan beberapa tujuan untuk setiap bagian, yaitu:
· Styling : menampilkan desain yang membangkitkan sensasi terhadap power dan kecepatan.

· Chassis : menghadirkan kemampuan manuver yang optimal dan memberikan performa berkendara luar biasa.

· Power unit : Karakter mesin yang optimal di seluruh putaran dan suara knalpot memberikan sensasi saat menikmati kecepatan didukung desain engine yang compact. Hal ini menjadikannya motor yang ideal.

· Elektronik dan sistem kontrol : hadir dengan kualitas terkini dan canggih sejalan dengan desain dan performa.
All New Honda CBR250RR memiliki desain yang compact di setiap bagian sehingga dapat berkontribusi memberikan kesenangan bermanuver yang sesungguhnya. Setiap bagian teknis terintegrasi satu sama lain untuk menciptakan satu kesatuan sepeda motor yang ideal.

Styling
Styling dari model ini disesuaikan dari evolusi tiap fungsi bersama dengan pengembangan teknologi terkini. Tema desain “Speed Shape” menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.

CBR250RR

Garis tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan garang seperti pemangsa yang siap menerkam.
Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl”, untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Kemudahan bermanuver dari motor supersports sangat dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki. Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

Chassis
Desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan. Frame ini turut mendukung output yang dihasilkan dan menghadirkan stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara.
Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link.

RANGKA CBR250RR (3)

Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.

Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi velg dengan 7-spoke yang di desain secara eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.

Power unit
Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang compact merupakan dasar yang penting untuk menghadirkan model ini.

Untuk membuat mesin yang sangat compact, banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pump di sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkan water pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V. Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.

cbr250rr (1)

Bagian penting lain di layout power unit yaitu Downdraft air intake. Air cleaner dipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang compact, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot. Jok pengendara yang diperkecil juga memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.

Karakter output dari All New Honda CBR250RR membuat pengendara dapat menikmati kesenangan saat bermanuver dan mengontrol secara penuh.

All New Honda CBR250RR menjadi motor terbaik di kelasnya dimulai dari akselerasi awal, menyalip hingga kecepatan tertinggi.

Target tim development untuk mencapai karakter motor yang menjadikan pengendara mampu mengontrol sesuai dengan keinginannya dalam berbagai kondisi di setiap kecepatan mesin.

Electrical and Control systems
Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, telah diimplementasikan teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW. All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.

Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.

cbr250rr (4)

Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan.

All New Honda CBR250RR tersedia dengan 2 tipe yakni STD (standar) dan ABS dengan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic. Model ini akan diterima konsumen di penghujung tahun 2016 yang sudah mulai dapat dipesan di jaringan Wing Dealer Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk melengkapi tampilan yang semakin membanggakan, AHM telah menyiapkan 10 item Honda Genuine Accesories (HGA) seperti Tank Pad, Radiator Protector, Single Seat Cowl, Eliminator Fender, Aero Fin, Hand Guard, Fr Fender Carbon, Hugger Carbon, Cover Upper Tank Carbon dan Cover Muffler Carbon. Pengendara All New Honda CBR250RR juga dapat melengkapi kelengkapan berkendara dengan apparel Honda berupa Leather Jacket, Helmet Fullface, Leather Glove dan T-Shirt. Keseluruhan HGA dan apparel tersebut tersedia di jaringan Wing Dealer Honda per akhir 2016.

BLOGGER DAN AHM

About these ads

Komentar»

1. komentator - Juli 27, 2016
2. sucahyo - Juli 27, 2016

Kalau diekspor juga maka sip banget karena artinya konsumen Indonesia akhirnya dapat Honda kualitas sama dengan eropa.

https://kupasmotor.wordpress.com/2016/07/27/kelemahan-dari-throttle-by-wire-seperti-yang-diterapkan-di-new-honda-cbr250-led/

3. Sugenk. Dwi - Juli 27, 2016

Ahm ki negoro ngendi lek? Genderone opo?

aripitstop - Juli 27, 2016

aduh salah ketik, suwun

4. Motor keren - Juli 27, 2016

fhoto nya nga banyak ya..

5. arvi - Juli 27, 2016

Sedikit kurang klop gitu judul sma isi artikelnya…

6. SuRyA - Juli 27, 2016
7. bark - Juli 27, 2016

Tak Sabar Mengendarai Motor Ini ?

8. Nino mix max - Juli 28, 2016

Ahm kaya coyy bisa bikin negara sendiri



%d blogger menyukai ini: