ktm indonesia

ROLLER XEON DAN MIO M3 (2)

Roller ? sudah nggak perlu dibahas secara detail, pecinta motor matic pasti sudah tahu itu apalagi yang suka ngotak atik motornya. 

Roller itu sebuah komponen yang berada di bagian pulley depan atau pulley primer di motor matic posisinya di bagian CVT. Motor jenis matic menggunakan penghubung berupa v-belt yang bertumpu pada pulley. Nach roller yang merupakan pemberat yang mengatur besar kecilnya diameter pulley yang berhubungan dengan perbandingan reduksi putaran mesin. Istilah gampangnya kalau roller ibarat sebagai gear depan seperti di motor manual.

Ibarat kata kalau buat yang suka ngotak atik motornya untuk mendapatkan akslerasi atau performa yang diingankan maka merubah gear depan atau gear belakang di motor manual, nach kalau di motor matic dengan cara merubah berat rollernya.

roller-x-ride-vs-nouvo roller x-ride

Kalau mau mengorbankan akselerasi namun mendapatkan top speed yang lebih tinggi bisa menggunakan roller yang lebih berat. Sebaliknya, kalau pengen mendapatkan akselerasi yang lebih responsive namun top speed akan sedikit berkurang bisa menggunakan roller yang lebih ringan. Paham ? tidak…. ngiahahaha…

monggo dilihat daftar subtitusinya, kalau ada yang mau nambahin monggo share di kolom komentar, semoga bisa berguna. Di dalam tabel dibawah ini, dalam satu kotak kolom merupakan jenis motor yang bisa saling subtitusi rollernya.

subtitusi roller motor matic

32 KOMENTAR

  1. kang motor ane fino karbu, pake roller xride apakah akselnya akan lebih baik? kadang ngeri kang pas mau nyalip mobil tapi suka ngeden motornya. makasih kang ari

  2. baik roller matik honda ataupun yamaha dari dimensi sama semua, mang?

    tertarik buat masang yg lebih enteng di mio purba, biar irit nambah aksel supaya irit bensin 😀

  3. Kang,Apakah dengan mengganti roller lebih ringan dari standart dan mengganti per cvt dengan lebih keras (1500 rpm) bisa bikin motor enak bawahnya dan top speed masih tetep dapat.kondisi mesin standar pabrik ya. Terimaksih

  4. Kalau saya ganti roller ke bobot yang lebih berat 0.5 dari ukuran standar tarikan bawahnya lemotnya signifikan gak kang?

  5. ijin ngopi lek….
    oiyaa…buat xeon karbu sama injeksi (rc/gt) berat rollernya bukannya sama lek….??
    di katalog kode partnya sama2 44D..

  6. Kang, kalo akselerasi dr 40-60nya beraat banget, sebaiknya ganti roller yg lbh ringan atau berat? Buat mioGT ade dirumah. Tarikan awal sih cukuplah, tapi dr 40-60 naujubilah lemotnya. Motor kondisi standar.

Ketik Komentar Anda