GERRY SALIM IRS 600

Laporan dari sirkuit sentul 26-27 Maret 2016, Pebalap Binaan PT Astra Honda Motor (AHM) menunjukkan keunggulannya di ajang balap nasional Indospeed Race Series (IRS) 2016 dengan mendominasi podium khususnya kelas Supersports 600 CC seri perdana balapan yang berlangsung di Sentul Internasional Sirkuit, Bogor – Jawa Barat, pada 26-27 Maret 2016. AHM menurunkan pebalap binaannya di ajang ini sebagai bagian dari strategi pembinaan ​balap untuk melahirkan pebalap muda berprestasi di Tanah Air.

PEBALAP AHM (1)

Pada IRS 2016, pebalap binaan AHM akan mengikuti 4 kelas, yaitu :

  1. Kejurnas Supersports 600CC
  2. Kejurnas Sport 150CC
  3. CBR Dream Cup 250R
  4. CBR Dream Cup 150R

Pebalap binaan AHM yang akan bersaing di Kejurnas Supersports 600CC yaitu :

  1. Gerry Salim
  2. Irfan Ardiansyah
  3. Reza Danica

Kelas Kejurnas 150CC, 14 pebalap binaan AHM yang berasal dari 7 tim akan unjuk keterampilan balap.

​Pada kelas One Make Race (OMR), AHM mengirimkan pebalap peserta program pembinaan pebalap Honda Racing School (HRS). Di kelas CBR Dream Cup, diikuti 8 pebalap dan di kelas CBR Dream Cup 150R akan diikuti 15 pebalap.

kejurnas irs kelas sport 150 cc (3)

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan mengikutsertakan pebalapan pada kejuaraan nasional merupakan tahapan yang harus dilalui pebalap binaan AHM sebelum nanti bisa berkiprah di ajang yang lebih tinggi. IRS 2016 merupakan salah satu ajang balap yang dipilih AHM untuk menguji keterampilan balap pebalap muda yang dibina.

“Komitmen perusahaan dalam mendukung dunia balap Tanah Air diwujudkan melalui keikutsertaan pebalap binaan AHM dalam ajang IRS 2016. Dengan semangat Satu HATI, kami berharap pebalap kami pun dapat menorehkan prestasi pada ajang ini sebagai gerbang untuk menuju kancah balap Internasional”

PEBALAP AHM (3)

Race dan Kualifikasi

Pada sesi kualifikasi yang dilaksanakan pada 26 Maret 2016, pebalap binaan AHM menorehkan hasil ​positif. Di kelas Kejurnas Supersports 600 CC, Gerry Salim mencatatkan waktu terbaik 1’32.307 sehingga berhasil start di posisi pertama. Sementara itu pada kelas Kejurnas Sport 150CC, M. Nurgianto dari tim Honda Loyal Tech Nissin mencatatkan waktu 1’53.114. Begitu pula pada kelas OMR, di kelas 250R Hadi Faisal Baskara, mencatatkan waktu 1’55.491 dan di kelas CBR Dream Cup 150R, Brilliant Ongker mencatatkan waktu 2’03.961.

cbr150r

Setelah sesi kualifikasi di hari pertama (26/3), Kejurnas Supersports 600 CC langsung dilakukan race pertama. Gerry Salim berhasil mencetak catatan waktu terbaik saat kualifikasi diikuti Irfan Ardiansyah berada di posisi 3 dan Reza Danica berada di posisi 5. Sejak balapan dimulai Gerry langsung memacu motornya dan berhasil memimpin jalannya race pertama hingga finish dengan catatan waktu terbaik 1’32.552. Sementara itu Irfan yang mengawali balapan di posisi ketiga berhasil overtaking pebalap di depannya sehingga berhasil finish di posisi ke-2. Sementara itu rekan satu timnya yang lain, Reza Danica berhasil mengakhiri balapan 16 lap ini di posisi ke-4.

kelas supersport 600 cc

Pada race kedua (27/3), Gerry yang mengambil posisi start pertama langsung memimpin jalannya race dan berhasil mempertahankan posisi hingga finish melalui catatan waktu terbaik 1’32.161. Lalu Irfan yang terus mengikuti posisi Gerry dari awal berlangsungnya race, berhasil finish di posisi ke-2. Sementara itu, Reza Danica harus berjibaku dalam mengikuti jalannya race, namun semangat pemuda 17 tahun ini tidak kendur hingga dirinya berhasil finish mengamankan posisi ke-3. Hasil race kedua pada kelas Kejurnas Supersports 600 CC ini menampilkan semua pebalap binaan AHM di podium.

“Meraih pole position merupakan bekal utama saya dalam balapan ini. Raihan positif di seri ini menjadi motivasi tersendiri, mengingat IRS tahun lalu saya belum maksimal. Namun saya merasa masih ada beberapa hal lagi yang perlu diperbaiki dari sisi body moving, riding style dan juga suspensi. Hal ini tetap menjadi evaluasi saya untuk seri berikutnya. Semoga saya dapat mempertahankan prestasi ini dalam seri IRS berikutnya,” Ujar Gerry Salim.

PEBALAP AHM (4)

Sementara itu pada kelas OMR, pebalap binaan AHM pada program HRS 2016 – Yassin Somma yang turun di CBR Dream Cup 250R dan memulai jalannya balapan dari start posisi ke-4 berhasil mengambil alih posisi pebalap-pebalap di depannya dan berhasil finish di posisi ke-2 dengan catatan waktu terbaik 1’53.378. Lalu pada kelas CBR Dream Cup 150R, M. Adenanta peserta HRS 2016 yang juga memulai jalannya balapan dari start posisi ke-4 berhasil untuk overtaking pebalap di depannya, sehingga pemuda berusia 11 tahun ini mampu podium di posisi ke-3 dengan raihan waktu terbaik 2’04.266

“Raihan waktu terbaik pada sesi kualifikasi dan hasil podium pada race pertama dan kedua di kelas Kejurnas Supersports 600 CC merupakan modal utama bagi para pebalap binaan AHM untuk terus berlanjut dan berkembang di seri IRS 2016,” ujar Indraputra menilai pencapaian pebalap binaan AHM.

PEBALAP AHM (6)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini