Advertisements
jump to navigation

Mata Rantai Bisa Copot Sebelah Pertanda Kurang Perawatan Maret 14, 2016

Posted by aripitstop in : BENGKEL , trackback

rantai lepas

Rantai lepas ? rantai terlihat karatan ? rantai putus ? indikasi kurang perawatan atau kantong kempes. Kenapa indikasi kantong kempes ? kalau belum punya dwit untuk beli gear set yang baru dan terpaksa harus potong rantai, tapi ingat tetap harus dilihat dari segi keamanan ketika motong rantai, rantai dan gear yang sudah sangat aus jangan berani untuk dipotong dari pada nanti celaka di jalan.

Merawat rantai hukumnya wajib untuk para biker yang memakai motor dengan penggerak rantai, idealnya penyetelan rantai minimal senulan sekali namun jika musim hujan diusahakan seminggu sekali dicek apalagi motor jalan jauh atau sering lewat jalanan basah, hujan2an atau sering melewati daerah banjir. Di musim hujan rantai akan sering kendor karena pelumas yang menempel di rantai akan cepat kering akibat basah air. Kalau rantai berisik gampang kendor itu tandanya kurang pelumasan, rantai kendor hingga aus sampai karatan ya pastinya kalau buat jalan agak kencang sedikit bisa putus dan membahayakkan si bikernya bisa nyungsep saat motor tiba2 ngejem karena rantai putus dan nyelip ke gear. Bisa dilihat video dibawah ini ketika rantai lepas motor langsung nyungsep, via hp klik disini.

rantai putus

Seperti gambar diatas ini, mata rantai bisa lepas sebelah saja, sangat berbahaya jika mata rantai sudah lepas seperti ini jangan sekali2 berani untuk motong rantai meski bersifat sementara, jika sementara karena tidak punya dwit lebih baik beli rantai yang KW dulu ( ingat rantai KW untuk sementara saja).

Kalau kita tidak bisa setel rantai sendiri, bisa minta tolong bengkel untuk setel rantai saja, cukup keluar 5-10 ribu buat beli pulsa mekanik tapi kita riding aman tidak was2 rantai lepas.

Rawat rantai di musim hujan ini minimal seminggu sekali disemprot pakai chain lube, kalau tidak punya chain lube bisa pakai oli mesin, kalau nggak bisa beli oli mesin minta saja dech oli mesin bekas ke bengkel atau pada saat kita service bilang ke mekanik kalau oli bekasnya dibawa pulang. Lebih baik dilumasi pakai oli mesin bekas daripada tidak sama sekali.

Sudah banyak kok yang jual chain lube, bahkan dealer resmi saja juga sudah jualan chain lube seperti dealer Yamaha yang jualan Yamalube chain lube untuk memudahkan kita merawat rantai. Harganya juga terjangkau cuma Rp.23.500,- saja.

yamalube chain lube (2) yamalube chain lube (1)

Advertisements

Komentar»

1. Indomoto - Maret 14, 2016

wow mengerikan . . .

ninja150ss - Maret 14, 2016

Walah serem…nyawa taruhannya,mending ganti ae lah…

All new cb150r bermasalah:
http://traktordohc.com/2016/03/13/problem-yang-mendera-honda-all-new-cb-150r/

singindo - Maret 14, 2016
sebarkan.org - Maret 14, 2016
2. silentmotoblog - Maret 14, 2016

motor aja gak dirawat apalagi . . . . . ah sudahlah wkwkwkwk

3. ndoro - Maret 14, 2016

Chain Lube Yamaha aman untuk rantai dengan O-ring (kayak rantai Scorpio) nggak? Kalau diberi pelumas rantai biasa apalagi olie bekas, rantai Scorpio langsung rusak seal O-ringnya. Langsung lengket, seret, kaku, dan getas karena karet di tiap butiran rantai menjadi lumer kena olie.

Kobayogas - Maret 14, 2016
Kang ari - Maret 14, 2016

seharusnya aman

poho - Maret 14, 2016

Ada tulisan safe for o-ring ga di chain lube nya? Atau pake minyak mesin jahit OK juga cuman kudu sering2

ndoro - Maret 18, 2016

Nah, itu dia. Sangat sedikit sekali chain lube yg menulis “safe for O-ring”. Kelihatannya yg keluaran Yamaha pun tidak ada tulisan (jaminan) ini.

Dulu yg ada tulisan gitu pernah lihat hanya ada di Ace hardware, tapi waktu mau beli sudah tidak ada lagi dan lupa merknya.

4. goozir - Maret 14, 2016
5. Lucky - Maret 14, 2016

Chain Lube Yamalube memang mantap, tapi minus nya velg cepat kotor.

mas Ari, menurut sampean tentang WD40 untuk membersihkan rantai motor piye mas ?

6. Nissan - Maret 15, 2016

Info yang bermanfaat.

7. denizuwindra - Maret 15, 2016

Di kota saya sekarang stel rantai di bengkel biasa masih 2 ribu

8. fari.fairis - Maret 15, 2016

sedikit review ttg ChainLube ymha, ane dah pake 3x lebih..
memang lengket bgt ke rantai, gak gampang hilang meski kehujanan ato motor dicuci.. joss..!
tapi ane beralih ke MTR 😀 soalnya chainlube ymha bikin banyak debu bahkan pasir kecil nempel, jadi cepet kotor rantai dan gearnya

9. juhri - Maret 15, 2016

Kalau saya sih sengaja beli oli motor baru yg berviskositas 20w-40 khusus untuk lumasi rantai dan keperluan lainya.karna olinya lebih kental jd lebih lengket ke rantai dan gk mudah hilang.dg harga sekitar ± 33 rb dapet 800 ml.
Dr pd chainlube isi kurang dr 200 ml,harga ± 25 rb.
Jauh kan bedanya…?
Klo gk mau kotor k pelek,jangan kebanyakan makenya.
Terbukti rantai awet ampe 4 th baru ganti…
Yg penting rajin lumasin rantai…

10. tes psikotes - Juli 9, 2016

jadi tau nih cara rawat rantai motor yang bener, than’ks bro ilmunya



%d blogger menyukai ini: