DUDUKAN PLAT NOMOR XABRE (1)

Kali ini bahas dudukan plat nomor Yamaha Xabre. Sudah menjadi ciri khas motor sport dari yamaha keluaran terbaru seperti salah satunya Yamaha xabre, dudukan plat nomor ada di diatas headlamp. Ada kelebihan dan kekurangannya ketika plat nomor diatas headlamp.

Yamaha sudah memikirkan dari segi teknis bahwa plat nomor diatas headlamp tidak mengganggu sistem pendinginan radiator sehingga radiator bekerja secara maksimal dan suhu mesin bisa terjaga atau stabil, beda ketika ada sedikit penghalang dari depan radiator yang pada akhirnya mengganggu proses pendinginan air radiator. Posisi plat nomor diatas headlamp memiliki keuntungan umur mesin lebih awet, namun banyak yang bilang kalau plat nomor dijidat itu kurang sedap dipandang mata. Yap, begitu sudah sampai di tangan konsumen pasti banyak akan modifikasi duudkan plat nomor di bawah headlamp seperti yang dilakukan oleh bro Farid Sutanzah.

Yamaha xabre tunggangan bro Farid Sutanzah langsung disulap dudukan plat nomor ditaruh di bawah headlamp, dia memakai duudkan plat nomor vixion tapi harus disesuaikan, plat dudukan plat nomor milik vixion dipotong2 kemudian dilas dan dibentuk untuk terpasang di dudukan baut bawah headlamp.

DUDUKAN PLAT NOMOR XABRE (2)

Hati2 saat pasang plat nomor di bawah headlamp, perhatikan hal2 berikut :

  1. Pastikan pancaran cahaya lampu utama tidak terganggu atau jalanan malam masih terlihat dengan jelas.
  2. Dudukan plat nomor jangan sampai terbentur spakbor depan.
  3. Pastikan bahan dudukan plat nomor kuat tidak mudah patah.
  4. Cari tempat pengikat dudukan plat nomor diusakan jangan di cover tapi dudukan berupa besi misalnya di segitiganya.
  5. Usahakan minimal pakai dua dudukan baut agar kuat.

Untuk pasang duudkan plat nomor di bawah headlamp motor xabre memang agak rumit karena tidak ada dudukan baut pengikat yang enak, hanya ada baut di segitiga pengikat sok USD, namun meski bikin dudukan plat nomor yang meliak-liuk. Monggo yang mau coba jangan abaikan hal2 diatas kalau mau awet.

27 KOMENTAR

  1. y diatas headlamp bgus juga sih!!! tp sebenarx ad resikox sewaktu2 plat no. lepas dr baut pengikat yg bahaya cos pernah kejadian tu dlu ad rider nancap plat nox pas di kaca helmx katax gara2 bautx lepas n pas si rider dlm keadaan kecepatan tggi bru tu hantam lobang djalan… eh skalix plat no. melayang langsung nancap di kaca helmx!!! y untung aj kenax pas helmx, gimana klo pas nancapx di leher!!! wassalam dah!!!

  2. Ga safety itu Om.
    Kayak naro pisau di depan motor, tinggal tunggu waktu buat dapet korbannya.

    Seharusnya nomor polisi di depan ga perlu pake plat kyk gitu, pakai stiker misalnya bisa lebih aman klo kebutuhannya buat identifikasi.

  3. setuju, lagian di negara-negara yg notabene lbh maju daripada negara kita pada ngga pakai plat nopol depan. tp ya mau gimana lagi, tinggal di Indonesia mau ga mau ya ikut aturan Indonesia, biarpun aturan dan birokrasi di negara ini sering dimainin & dijadiin proyek

  4. Pelat nomor semiring itu bahaya… Kakak gw dulu bgt pahanya habis 15 jahitan keiris pas tabrakan ama RZR…. Sekarang napa pula pada naroh semiring itu…keliatan dari depan juga engga… New CBR tuh gw ngeri liat penempatan pelat nomornya hampir lurus

    Mestinya sih ga ada pelat nomor depan dan pelat nomor belakang bukan persegi panjang tapi agak bujur sangkar

  5. Klo ane platnya tetap dijidat, tapi ditekuk/diperkecil pinggirnya dan dipoles ulang, jadi tetap safety dan tetap enak dilihat, sepanjang plat asli tetap aman dari pak polisi.

  6. sudah saatnya di Indonesia penempatan plat nomor depan di hapus/pkai stiker biar lebih aman dan keren tentunya untuk motor kita. 😀

Ketik Komentar Anda