speedometer

Singkat saja ya kang bro… sudah banyak artikel tentang jarum rpm vixion yang tidak stabil alias naik turun akibat masalah di sekitar penyetruman ke aki tidak normal.

Artikel lama :

Nach cerita singkat saja, kondisi motor vixion seperti video dibawah ini : jarum rpm tidak stabil

Kemudian dicek pakai FI Diagnostic tool hasilnya ada kode 46 yang artinya bermasalah di sistem penyetruman ke aki.

kiprok (3) kiprok (2)

Kemudian saya cek kiproknya normal, lanjut cek bohlam ternyata asli bawaan motor, tidak ada modifikasi kelistrikan motor masih standar cuma dulu katanya pernah pasang alarm tapi sudah dilepas. Kemudian cek kondisi spul, saat mau ngecek kondisi spul ternyata soket spul sudah gosong kecoklatan… nach ini dia penyakitnya ketemu.

SOKET SPUL GOSONG

Soket yang gosong pastinya mempengaruhi kondisi penyetruman ke aki karena tahanan di soket spul jadi berubah mempengaruhi aliran arus yang mengalir ke kiprok dan aki. Solusinya ganti spull assy.

Semoga membantu…

21 KOMENTAR

  1. Kalo vixion kanyak bunyi “ckik” itu knspa ya om…

    Kayak telat bensin / pengapian mati…
    Tp volumenya jatang skali…

  2. Nah… ini nih yang bikin bentah mampir ke warung nya mas Ari, ada artikel yang bisa nambah ilmu pengetahuan alam eh… ilmu pengetahuan otomotif hihihihihi….

    juuooosss…. pokok’e

  3. Kang Ari, saat kunci kontak di posisi “On” kenapa jarum Tachometer langsung bergerak ke angka 1 (1000rpm) ya? Padahal mesin belum nyala… Ketika mesin dinyalakan, posisi tachometer ada di angka 3 (3000rpm), tapi di FIDT rpmnya cm 1200-an… Bagaimana cara memperbaikinya?

  4. kang,,kenapa rpm yang vixion saya,kondisi motor mati tapi jarumnya berada di 3000 rpm,,pas di nyalain berada di 4500 rpm,,

    • Ada jemungkina jarusnya geser, minta bongkar lalu bisa dikembalikan seperti semula.
      Klo balik lagi, maka jarus sudah letoy ganti speedometer baru

Ketik Komentar Anda