KEJURNAS 150CC (1)

Tahun ini PP IMI menghapus nama Indoprix dari seri balap motor nasional, seperti berita yang sempat ramai di awal tahun ini akhirnya pihak IMI mengambil alih penyelenggaraan Kejurnas Malap Motor 2015 (KBM). Seharusnya PP IMI tidak boleh sebagai penyelenggara namun dengan alasan demi menyelematkan balapan motor nasional dan nasib para team yang sudah punya kontrak dengan para sponsor tentunya ada beban tanggung jawab dengan adanya balapan tentu saja kejurnas penting untuk menentukan masa depan para pebalap.

“Kejuaraan Balap Motor kali ini kita tidak lagi menggunakan nama Indoprix. Begitu juga untuk Indospeed Race Series (IRS) juga sudah tidak kita pakai lagi, Kejurnas kali ini merupakan penggabungan antara IRS dengan Motoprix. Mulai tahun ini kita menggunakan nama Kejurnas Balap Motor, ada Kelas Sport dan Kelas Bebek”. Keterangan dari Frans Tanujaya selaku Kepala Biro Roda Dua PP IMI saat ditemui di sentul minggu 10 agustus 2015.

Kejurnas balap motor kali ini membuka kelas seperti di indoprix yaitu IP110, IP 125, IP 150, SPORT 250 dan Supersport 600. Namun dari semua kelas yang ada hanya kelas IP 150 yang masih menjadi perdebatan panjang dimana regulasi yang tidak jelas seperti ungkapan dari para peserta. Seusia pantauan saya di sirkuit sentul, balapan ini terdiri dari motor yang dicampur yaitu ada Yamaha R15, Honda CB150 R, Honda CBR150R, Yamaha MX 135 (bore up), Suzuki FU juga Yamaha Jupiter MX King.

Disaat balapan hari sabtu saja tidak ada sesi scrutineering hanya ada sesi penimbangan saja padahal sesi scrutineering sangat penting di balapan untuk menjaga fair play. Belum lagi soal bobot yang minimal 150 kg termasuk bobot motor dan pebalap, seperti yang diungkapkan oleh hendriansyah ”yang memakai R15 dimana bobot dia sampai 190 kg padahal untuk motor yang podium 1 sampai tiga hanya memiliki bobot 160 kg saja jadi selisih bobot 30 kg.

Dilihat dari alasan pabrikan juga Honda hanya menurunkan tim pabrikan di seri sentul besar saja jika tanggal 23-24 agustus 2015 nanti kejurnas diselenggarakan di sirkuit sentul kecil maka honda enggan terjun hanya tim non pabrikan saja yang ikut. Meski prestasi yang memuaskan sudah diraih di seri perdana Kejurnas IP 150.

Yamaha menjadi tim pabrikan yang sejak tahun lalu kekeh tidak mau menurunkan Timnya di kelas IP 250, ”Kami fokus dikelas IP 110, IP 125 dan IP 250, kami juga ada Sunday race kok untuk 150cc” ujar Supriyanto selaku Manager Motorsport PT YIMM saat saya temui di sentul.

”Kemarin kita kalah voting saat penentuan regulasi, ya sudah kami menunggu evaluasi regulasi dulu apalagi regulasi yang memakai frame serta velg serta spek bebas” tambahnya.

Saya singgung soal ada MX King yang ikut turun di IP 150 dari Tim TJM dengan pebalap rusman fadhil, pak supriyanto bilang ” Kami tidak ikut campur, itu riset singkat loch cuma satu minggu saya yakin bisa nomor satu nantinya”.

Kita tunggu saja kabarnya nanti kelanjutan Kejurnas Balap Motor IP 150 jika jadi dilaksanakan tanggal 23-24 di sirkuit sentul kecil.

36 KOMENTAR

  1. dulu R25 jg bilagnya baru riset..mxking bru riset..klah ya kalah ajja..
    tpi klo menang byagin hebohnya..kita cm main tim privater dan smuanya baru riset namun sudah luar biasaa..
    apa lgi klo pbrikan turunn…
    yo poraagh..?

  2. lucu.. kalo ga setuju regulasi ga usah ikut..gampang kan..
    kalo anda merasa lebih hebat bikin saja regulasi sendiri terus bikin kejuaraan sendiri… kalo cuma komentator tanpa ada bukti kerja sama saja ……. ah kapan majunya kawan kalo cara berfikir masih begini terus

    • Bisa baca dengan teliti?
      Pertanyaan sampeyan sudah terjawab di artikel ini, berarti sampeyan cuma baca awal dan akhir saja.
      Memang secara factory mereka tidak ikut, hanya tim privateer saja. Dan hanya menjelaskan, riset mereka hanya sebentar saja. Umur mx king juga masih seumur jagung.
      Jawaban kedua, mereka punya balapan sunday race, dengan regulasi sendiri kok.

      Bukan ngebela merk ini, tp cuma meluruskan. Karena ente tersesat kefanatikan.

  3. kelicikan ala honda, kalah minggat. regulasi menguntungkan dirinya n merugikan lawan, terbahak2. menang? girangnya ga terkira. fbh aja yg mau dipekokin, dikibulin..

  4. regulasi akal2an honda, tahun kemarin honda berontak dan suzuki yang malah diuntungkan sekarang honda unjuk taringnya, suzuki jadi korban lagi tapi buntung untuk tahun ini

  5. emang regulasi bobot penting biar fair dan kompetitif, jd jgn smpe beda bobot terlalu jauh, trus harusnya sport dipisah dengn underbone

  6. HAHAHAHAHAHA INI BLOGER MASIH NYARI PEMBENERAN AJA.
    GAK MIKIR APA YAK ? WKWKWKWKWK
    R15 LEBIH BERAT DARI CB150 ? HHHHMM EMANG R15 ITU MOTOR SEMPROT JENIS APA SIH ? SEMPROT FAIRING KAN ? KENAPA PUSING” MIKIRIN BERAT. TURUNIN AJA SI VIXION KAN SAMA TUH JENISNGA SEMPROT NAKED KAYA CB. PUSING AMAT WKWKWKWK.
    APA SENGAJA NURUNIN R15 BIAR KALO KALAH ADA ALESAN LEBIH BERAT ? SIAPA SURUH PAKE FAIRING WKWKWKWK TINGGAL GANTI SEMPROT NAKED AJA SUSAH BGT.

    MASIH BAHAS REGULASI GADO” ? HEH YAMAHA KEMANA TUH PAS IRS WAJIB MOTOR SEMPROT ?
    GARA” LAWANNYA GAK SEIMBANG DAN SATRIA MEMDOMINASI, DIBIKIN REGULASI WAJJB SPORT R15 SAMA VIXION MALAH GAK NONGOL. YG NONGOL MALAH CBR SAMA CB.

    MX KING KALAH KARENA RISER SEBENTAR. BUKANNYA DI IKLAN BODOH DIA BERHASIL MENGALAHKAN ROKET ? WKWKWKWKWK

  7. LO ATURAN MIKIR CUK KENAPA GAK TURUNIN NAKEDNYA AJA ALIAS SI VIXION. KAN SAMA KAYA CB SEMPROT NAKED. GAMPANG TOH ?
    MAU NGOMONG APALAGI ? BERAT ??
    HAHAHAHA TRUS KALO UDAH SAMA” NAKED TRUS KALAH JUGA BAHAS APALAGI ? RISET PENDEK ? WKWKWKWK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini