sim

Buat SIM ? pasti pada ngeles ribet lach, mahal lach, males lach, kalau ada razia tinggal tungguin saja sampai bubar… weleh2… Pengalaman pribadi baru saja terjadi kemarin ketika pulang kerja ditengah2 perjalanan habis lampu merah ada razia yang dilakukan oleh polisi, karena posisi habis lampu merah jadi para pengguna kendaraan dalam kondisi belum kencang tapi sudah tekan gaspol, tapi tiba2 biker didepan saya belok kekiri secara mendadak beruntung saya tidak menabrak dia, ternyata dia ketakutan ketika melihat razia didepan, ckckckck…parah.

Hati2 ketika kita males membuat SIM apalagi sampai males datang ke kantor samsat, banyak kok orang yang males datang ke samsat tapi maunya dapat SIM seperti yang terjadi di jawa tengah ini.

Terungkapnya SIM palsu itu setelah aparat menilang warga Dukuh Tumpaksari, RT 001/RW 003, Desa Gupit, Kecamatan Nguter, Sukoharjo. Sebelumnya, Rahmat berniat berangkat kerja berboncengan dengan temannya dari indekos di Jogonalan menuju Ceper.

Namun, saat melintas di Jl. Pemuda Selatan, Kelurahan Tonggalan, Klaten Tengah, laju sepeda motor yang dikendarai Rahmat dihentikan aparat. Hal itu lantaran ia melanggar jalur.

Aparat dari Satlantas Polres Klaten lantas meminta Rahmat menunjukkan surat kelengkapan pengendara yakni SIM dan STNK. Namun, petugas curiga dengan SIM yang dibawa Rahmat. Setelah diteliti, SIM yang dibawa ternyata palsu.

Gara-gara membawa SIM palsu seharga Rp200.000, Rahmat harus mendekam di balik jeruji penjara. Ia dijerat Pasal 263 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal enam tahun.

Ternyata dia dapat SIM dari calo, bisa dipikir dech kalau nembak SIM kok cuma habis biaya 200ribu saja lawong banyak beredar info kalau nembak bikin SIM bisa sampai satu jutaan. Pengalaman pribadi ketika dulu bikin SIM di samsat ungaran jawa tengah tahun 2004 cuma habis 90ribuan kalau sekarang sekitar 200ribuan bikin normal tanpa nembak.

Jadi kalau mau bikin SIM pastikan datang langsung ke sampai, tanda kutip (nembak juga tapi SIM asli).

Ciri-ciri SIM palsu :

  • Kita tidak foto langsung di samsat
  • Memiliki ciri-ciri gambar foto lebih kasar
  • Tidak ada hologram

sumber : solopos.

 

32 KOMENTAR

  1. kalo skrg lebih rapi, lwt kursus mengmudi.
    jd kita tetep masukin berkas sendiri, ikut ujian tulis, ujian praktek (tp cm diberi arahan berlalu lintas sama petugas), mbayar pun sendiri.
    rapinya gmn?
    1. kita daftar ke tempat kursus, byr biayanya.(di daerah ku trakhir A:340 C:135-150).
    2. besoknya kita ambil berkas ditempat kursus(diberi materi latihan ujian tulis) khusus untuk sim c ada ujian prakteknya.
    3. waktu ngambil berkas itu, uang kita dikembalikan sebesar biaya mengajukan sim secara mandiri (a:120,c:75 -100 lupa). yg unik isi berkas ditaruh diluar map/kyk semacam tanda(kode) antara kursus-polisi(normalnya isi ditaruh didlm map).
    4. kita bayar sendiri yg 75/120 itu, nah sisanya kan buat pintu belakang kursus-polisi.
    5.klo material ada, satu hari SIM sdh jadi. Asli pula…
    jd didepan kelihatan seperti proses normal saja, tp dibelakang ada proses jg.

  2. alhamdulillah ane bikin sim c th 2001 sim a th 2003 kagak pake nembak2an..cuma 110 sm pekgo perpanjang cm cepe kalo dipolres,kalo sim kliling pekgo…ayooo jgn ikut2an anggota dpr make ijasah palsu ,sim kok palsu

  3. Aku juga nembak sim C dan sim A bersamaan walaupun blm punya mobil dan blm bisa nyetir mobil walaupun dirumah dah ada mobil.
    Wistalah 90% biker n driver sim nya hasil nembak

  4. kecuali di kota Malang, gak bisa pake calo calo an, pake yg kursus itu juga udah gak bisa, jadi ribet emang, cuman nggak ada kenakalan, bayar ya cuma 100k buat C, 120k buat A/BI/BII, kalo perpanjang dikurangi 20k

  5. skrg kl bikin sim gak nembak alias ikut aturan kapan bisa dapat sim nya? lha setiap ujian teori gak akan pernah ada yg lulus kok gimana mau lanjut bikin sim? itu sdh permainan alias lagu lama kaset kusut hehehe…

  6. Dulu saya bikin SIM C umur 17 tahun tanpa nembak tahun 2014 di Pontianak cuman 100 ribu langsung jadi hari itu juga, bikinnya juga gampang gak dipersulit dari sononya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini