Ultra Low Emission Zone (ULEZ)

Jangan panik dengan judul diatas karena ini hanya berlaku di inggris, kalau di indonesia nanti gubernurnya bisa di demo kalau menetapkan peraturan seperti ini. Yup, pemerintah kota london akan menekan populasi motor yang memasuki dan melewati kota london, motor-motor yang berumur dibawah tahun 2007 diharuskan membayar £12.50 perharinya atau sekitar 241ribu jika mau memasuki kota london tengah.

Peraturan ini dibuat untuk mencegah emisi gas buang, peraturan itu tercantum dalam Ultra Low Emission Zone (ULEZ). Itu berarti untuk masuk ke kawasan ULEZ ini, motor-motor minimal harus memiliki standar emisi Euro3. ULEZ akan beroperasi selama 24 jam, selama 7 hari dalam seminggu, seperti yang diberitakan oleh visordown.

Lalu bagaimana cara mendeteksi motor yang berumur tahun 2007 kebawah ? pemerintah kota london akan memasang banyak kamera di setiap sudut jalan, setiap motor yang lewat akan terpantau dan dicek dari nomor platnya kemudian dicari datanya apakah motor tersebut masuk daftar ULEZ atau tidak, kalau motornya melanggar maka akan dikenakan sanksi denda tersebut. Tapi peraturan ini baru akan dijalankan pada tahun 7 september 2020 mendatang, jadi masih 5 tahun lagi.

Pemerintah kota london tidak akan pusing dengan adanya peraturan ini karena populasi motor yang ada sangat sedikit, beda lagi kalau peraturan ini diterapkan di jakarta… bisa puyeng tuch ngecek ratusan motor di lampu merah, itu baru satu lampu merah…

1 KOMENTAR

  1. d bbrp negara, tingkat pajak kendaraan (mobil) baru juga dihitung dr keluaran karbon nya, jadi klo mesin yg lbh boros pajaknya lbh tinggi, di tiap brosur spek kendaraan biaasanay dicantumkan tingkat emisi nya ……jd kendaraan keluaran lama sdh pasti lbh polutif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini