lorenzo crash (2)

Hari ini para rider moto gp menjalani pengetesan uji coba menggunakan ban michelin dimana michelin akan mulai menggantikan bridgeston mulai tahun 2016, namun uji coba pertama oleh para pebalap mengalami kendala dimana banyak rider yang berjatuhan.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya pihak dorna dan michelin melakukan uji coba karena sebelumnya juga pernah melakukan uji coba tapi dengan rider terpilih dan hasilnya kala itu memuaskan. Lalu kenapa hari tercatat ada 4 pebalap yang crash ?.

lorenzo crash (3)

Kemmpat pebalap ini jatuh di dua lokasi yang sama Jack Miller (Turn 5), Aleix Espargaro (Turn 5), Jorge Lorenzo (Turn 3) dan Andrea Dovizioso (Turn 3), dari karakter kedua tikungan yang ada maka pihak michelin memastikan bahwa adanya perbedaan daya cengkeram antara ban depan dengan ban belakang sehingga pada saat rider membuka throtle melibas tikungan keseimbangan grip kedua ban tidak stabil.

“What we are lacking now is a good balance front and rear. How the tyres work together. Front and rear balance is something you hear a lot about in car racing, but you also get it in bikes.

“Basically the two accidents at Turn 3 for example were because riders opened [the throttle] probably a bit early. Maybe they wanted to take the most out of the rear grip and the front couldn’t cope with opening so early.

“Some other riders, that didn’t crash, said quite quickly that they couldn’t use all the potential from the rear on the exit of the corner because the front is not at the right level yet.”.Michelin Racing’s technical director Nicolas Goubert explained.

Yup, pihak michelin pun menginginkan adanya kerja sama dengan team balap agar motor mereka bisa menyesuaikan dengan kondisi ban michelin. Michelin membawa dua ban depan yang berbeda dan tiga ban belakang yang berbeda. Goubert mengatakan bahwa daya tahan ban tidak ada masalah, apalagi juara dunia Marc Marquez menyelesaikan simulasi balapan dengan performa yang konsisten di seluruh lap.

lorenzo crash (4)

sumber : crashnet.

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini