1722194Vietnam-motor-okeh780x390

Rencana pemrov DKI melarang motor masuk sepanjang jalan Medan Merdeka Utara hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI). Rencana bulan desember 2014 sudah dijalankan dan jika berjalan lancar maka aturan ini akan menjadi aturan tetap dan akan diperpanjang motor tidak boleh lewat hingga jalan sudirman.

Rencana yang bikin ngowoh dan ndlongop seiring belum terpenuhinya transportasi yang memadai bahkan aman buat penggunanya…masih sering terdengar bus transjakarta terbakar, kecelakaan bahkan masih sering pula terjadi pelecehan sexual di dalam bus way. Jika ingin menerapkan aturan seharusnya diiringi pula memperbaiki efek negatif dari aturan itu.

Alasan klasik aturan ini dijalankan karena titik kemacetan yang bertambah banyak dan kecelakaan yang lebih sering terjadi oleh para biker.

“Kita harus sayang sama nyawa kita. Menaiki sepeda motor itu bahaya. Kita berangkat dari angka kecelakaan di jalan, 70 persennya adalah kecelakaan sepeda motor. Satu tahun saja ada sekitar 30.000 orang yang meninggal dunia,”

“Rencana kita akan batasi pergerakan sepeda motor sepanjang ini, pemanasan dari istana, di Medan Merdeka Barat sampai Bundaran HI,” ujar Akbar di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat.

‎”Nantinya, Pemprov akan menyediakan bus gratis untuk teman-teman pengguna motor yang meninggalkan motornya di tempat-tempat parkir. Ada bus tingkat gratis yang akan melayani dari HI, sepanjang Thamrin, kemudian Medan Merdeka Barat, Harmoni,”

“Bus gratisnya nanti di tambah 5, saya rasa itu cukup. ‎Kan ada yang pakai Bus Transjakarta juga. Jadi yang dari rumahnya dia sudah niat tidak menggunakan sepeda motor dia bisa menggunakan Bus Transjakarta. Prestige-nya cukup tinggi lho sepanjang Thamrin ke Medan Merdeka Barat,” kata Akbar. liputan6.com.

Apakah aturan ini akan efektif mengurangi titik kemacetan dijakarta ? saya rasa tidak karena pengguna motor akan beralih melewati jalan2 lain yang berakibat titik kemacetan akan berpindah bukan bukan berkurang. Boleh saja sich motor tidak boleh lewat jalan protokol di jakarta tapi kalau aturan itu dibuat karena motor menjadi salah satu penyebab utama kemacetan di jakarta sepertinya harus ditinjau ulang…

 

1 KOMENTAR

  1. la la la la la… Motor ga boleh masuk ya. Biar pejabat yg bermobil bisa melenggang kangkung ya. Lu orang ngebangkang, lu orang punya motor w bakar. Hahaha. Ga bakal epektip kang. 5 unit buat digunakan sluruh pengendara motor yg lewat jalur itu? Ngimpi men? TJ penuhnya ga ketulungan. Motor biang macet? Hebat dong para pengendara bisa masup jalan tol.. IYKWIM. Hahaha. Dagelan aja nih.

  2. Secara LOGIKA DAN FAKTA EMANG BENER KLO BIKERS SUMBER BIKIN SEMRAWUT. Fakta sederhana coba liat hampir setiap lampu merah, BIKERS/PEMOTOR BERGEROMBOL LEWATIN GARIS PUTIH atau motor bisa bebas lawan arah tp BIKERS GAK MAU BISA TERTIB RAPI DAN SOPAN DIJALAN SPT MOBIL
    Mana ada Club/Komunitas atau Blogger yg mau kampanye atau nyuruh para bikers spy bisa tertib rapi dan sopan atau spy gak semrawut jadi gak usah heran klo Pemerintah buat peraturan baru krn kelakuan bikers sendiri.

    VERSI BIKERS MAUNYA (secara fakta) :
    bikers gak mau dibilang sumber semrawut
    bikers gak mau ada pembatasan dgn ALASAN KLASIK MERASA BAYAR PAJAK LAH, MERASA 1 ASPAL LAH (klo merasa bayar pajak dan 1 aspal knp gak bisa tertib)
    bikers klo sudah ada kejadian spt diatas SELALU MENGATASNAMAKAN ORANG KECIL LAH, GAK MANUSIAWI LAH ATAU ORANG GAK MAMPU LAH SPY PEMERINTAH ATAU ORANG LAIN MERASA IBA (tp kelakuan dijalan gak bener atau klo gak ada peraturan spt diatas gak mau ngeluarin jurus pamungkas yaitu NGATASNAMAKAN ORANG KECIL)
    bikers selalu MINTA DIHARGAI YG LEBIH
    bikers maunya ORANG LAIN KUDU MAU MERAKYAT SPY KATANYA SENASIB
    BIKERS SANGAT SENENG KLO ADA PEMBATASAN MOBIL ATAU MOBIL DIKURANGIN ATAU YG PAKAI MOBIL HRS GANTI ALIH PAKAI MOTOR
    bikers PANTANG MAU CARA BERKENDARA SPT DRIVERS (alasan klasik krn dimensi lebih kecil)

    Mari kita liat komen2 dibawah gw yg gak bisa diterima oleh bikers krn gw dianggap kontra atau gak sependapat dgn bikers.
    Jd intinya SUPAYA DISENENGIN BIKERS, KLO KOMEN DISINI GAK BOLEH PAKAI LOGIKA/RASIO TP HARUS MAU DAN WAJIB BELAS DAN DUKUNG BIKERS SPY DIANGGAP SAMA DGN SEMUANYA.
    Mari kita bela bikers spy disenengin bikers, hidup bikers…. hidup bikers…. hidup bikers…..

    • Mas, pertama, siapa bilang tidak ada komunitas yg perduli pada ketertiban lalu lintas, coba mas perhatikan, RSA (Road Safety Association) itu kebanyakan dari para biker atau bike antusias.. dan coba mas pelajari komunitas2 yg ada, ada banyak komunitas yg memperhatikan peduli bukan hanya keselamatan, tetapi juga menerapkan disiplin pada anggotanya, jika melakukan pelanggaran dan ditemukan melanggar, jangan tidur atau cuma liat di depan monitor terus koar2. Kalo mas mau sedikit capek aja cari2 info..
      sekarang saya tanya, komunitas mobil apa yang sudah menerapkan kebijakan intern seperti itu ? bukannya justru kalo komunitas mobil lg konvoy pasti melanggar lampu merah krn gk mau ketinggalan rombongan.. ??
      Sekarang yg kedua.. logikanya, kenapa semerawut ? jelas karena kepadatan, karena macet, ngomongin macet, berarti ngomongin volume kendaraan, volume dlm arti dimensi kendaraan, besar mana peluang bikin macet dibanding mobil, dgn kondisi spt skrg ? kenapa jalan tol masih juga macet pdhl gk ada motor ??
      tolong mas yg pakai logika dan rasio..
      satu, tunjukin komunitas mobil yg perduli keselamatan..

  3. catatan…bis gratis 24 jam gak….banyak pekerja bidang jasa yang pulang diatas jam 23””curhat trans jakarta ragunan cuma ampe jam 23 saza”””

  4. jadi dari blokm bunderan senayan masuk thamrin boil ama motor bayar ERP, dari gatsu masuk benhill kenap ERP, bunderan HI masuk tharin ada gate ERP lagi terakhir di perempatan masuk Harmoni nyampe Glodok ERP lagi…ok kan…mau motor mobil masuk kawasan ini yang bayar biar ane bisa naek bis gratis dibayarin yang punya mobil ama motor yang masuk jalur ERP huahahahahaha….jadi gak ada lagi ngaku ngaku motor orang gak mampu mobil orang mampu dua duanya mau pake jalur ini ya bayar…satu gate 15 ribu, 4 gate 60 ribu mantaf tuh…ane sutuju banget….ayo kapan nih BIS gratis jalan dari blok m ampe glodok…

  5. karena kerja di sudirman jadi motor ku tak parkir di stasiun kereta bogor tiap hari pas pulang habis turun kereta baru saya bawa lagi..jujur saja bagi saya tidak masalah aturan ini di berlakukan..tetapi bicara adil tentu saja bagi saya sangat tidak adil toh tidak semua orang yg berangkat kerja nya kayak saya..jadi asas keadilannya blm tersentuh..hal tersebut bisa tersentuh jika kajian terhadap aturan ini dilakukan secara cermat dan sesama

  6. yang naek motor ga tau aturan.. trotoar aja d labas, jalan ngelawan arah pulak.. giliran ketabrak nyalahin mobil.. sesama yg naek motor ga pernah ingetin.. giliran ga boleh masuk sudirman pada protess.. TAIKKK!!!

  7. suatu kemunduran jaman…dimana banyak negara memperbolehkan motor masuk TOL, negara ini justru malah melarang motor lewat jalan tertentu… Daripada main ERP & larang-melarang lebih baik jemput bola ke kendaraan yang pajaknya mati.

  8. Pake logika dan otak lo, mana mungkin gk ada motor trus jalan jadi gak macet..
    kalo mobil yg gk blh lewat sudirman br gw jamin lancar total..
    lo liat aja sono hampir kbnyakan tol jakarta macet… padahal gk ada motor, bego kan..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini