macet bogor

Pantesan walikota bogor gerah dengan kondisi macet di daerahnya dan keluar opsi pembatasan kendaraan plat B untuk tidak masuk wilayah bogor saat weekend lawong kota bogor ternyata menjadi kota yang paling macet di indonesia.

Tapi pelarangan kendaraan plat B untuk masuk kota bogor serta kota bandung saya kira itu hanya akan merugikan sektor pariwisata daerah bogor dan bandung karena sebagian besar turis lokal berasal dari jakarta, para pedagang dan penyedia penginapan akan paling terasa terkena efeknya jika pariwisata jadi sepi.

Pembatasan kendaraan sepertinya bukan jadi solusi yang terbaik tapi sarana dan prasarana angkutan umum yang harus memadai agar masyarakat nyaman untuk beralih dari kendaraan pribadi  ke angkutan umum. Tugas pemerintah daerah yang dibantu pemerintah pusat untuk menuntaskan pekerjaan yang sangat berat, lihat contohnya di DKI sudah banyak cara dilakukan untuk menanggulangi serta mencegah terjadinya macet dari terwujudnya ngkutan umum bus way, KRL, Thre in one bahkan kini sedang dibangun monorel tapi jika dilihat dari kondisi kemacetan di DKI bukannya menurun tapi malah semakin meningkat.

Populasi kendaraan bermotor seiring bertambahnya tahun semakin bertambah pula populasi kendaraan di indonesia maka tak heran jika pemerintah susah mengatasi kemacetan.

Dari data Kementerian Perhubungan, kecepatan rata-rata kendaraan di Kota Bogor berkisar 15,32 km/jam. Ibu Kota Jakarta menempati posisi kedua berkisar 10-20 km/jam. Kota penyangga Ibu Kota, Depok menempati urutan kelima dengan 21,4 km/jam, Bekasi urutan keenam 21,86 km/jam, dan Tangerang 22 km/jam.

Berikut daftar kota termacet di Indonesia:

1. Bogor (15,32 km/jam) VC ratio 0,86
2. DKI Jakarta (10-20 km/jam) Vc Ratio 0,85
3. Bandung (14,3 km/jam) VC ratio 0,85
4. Surabaya (21 km/jam) VC ratio 0,83
5. Depok (21,4 km/jam) VC ratio 0,83
6. Bekasi (21,86 km/m) Vc Ratio 0,83
7. Tangerang (22 km/jam) VC Ratio 0,82
8. Medan (23,4 km/jam) VC ratio 0,76
9. Makassar (24,06 km/jam) VC Ratio 0,73
10.Semarang (27 km/jam) VC Ratio 0,72
11.Palembang (28,54 km/jam) VC ratio 0,61

sumber vivanews.

Dari data yang dishare oleh vivanews jelas bahwa kota bogor menjadi kota paling macet disusul DKI lanjut kota bandung dan surabaya serta depok, bekasi mana ? bekasi aman kok masih disebelah jakarta dengan tingkat kemacetan nomor 6 di indonesia.

15 KOMENTAR

    • lha kok saya yg saat ini lagi ngungsi ke bogor..malah kemacetan di bandung yang membuat saya males kesana..bogor so far so good kok even in the weekend ngga terlalu padet merayap

  1. makanya saya betah di batam, pergi kerja 70km (ngukur via speedometer) jam sibuk, melewati 7 lamer bisa ditempuh stengah jam. mentok gas terus, gir depan vixion pake 15 mata juga ga berasa, minta gigi 6 kyknya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini