fireblade crash

Bisa dibayangkan…nggak usah dibayangkan lawong sudah kejadian. TKP di banda aceh sesuai info yang saya dapat rider dari fireblade ini masih berumur 18tahun anggota IMBI termuda di Prov. Aceh ( mohon koreksi jika salah). Kedua rider tewas ditempat.

Bisa dibayangkan rider baru 18tahun sudah bawa motor moge, saya saja mrinding loch bawa moge…lach ini kok malah masih remaja banget, remaja tingkat emosional masih tinggi serta masih labil jadi salah bertindak bisa berakibat fatal. Pengawasan dari orang tua paling penting apakah anak sudah bisa dilepas bawa motor sendiri atau belum hanya orang tua yang paling paham.

crash

 

Terlepas dari siapa yang salah dalam kecelakaan ini apakah dari rider beat atau fireblade namun yang perlu dicermati adanya anak muda bawa moge…sungguh hal yang tidak lazim di indonesia lawong bawa motor sekelas bebek saja masih menjadi senjata paling mematikan apalagi moge yang memiliki tingkat resiko lebih besar. Setiap hari ada saja berita kecelakaan sampai tewas tapi masih saja tingkat kesadaran akan safety riding di masyarakat kita masih sangat rendah. Semoga kejadian ini bisa menjadi penglaman yang sangat berharga.

60 KOMENTAR

    • mau tau aja, atau mau tau bingit?
      1. Umur msh belasan, alasan msh labil, scr hukum belum genap 2 tahun dpt sim, tp dah bawa moge, so feeling jalan dijalan umum belum terasah benar.
      2. Kecepatan moge biasanya kenceng, lawong ai yg cm pk 250cc kadang tak terasa dah lewat 80km/jam, pdhl menurut aturan kan dah ada batasan kecepatan dijalan raya (dalkot max 60km/jam, luar kota max 80km/jam). & tak jarang (sering bingit) diatas 100km/jam.
      3. Moge dirasa kurang cocok dg kondisi demografis indonesia, dimana masyarakatnya menggunakan motor cc kecil sbg angkutan utama, yg berakibat jalanan penuh dg motor, so pemakaian moge dikeramaian sangatlah menyiksa stamina rider, ujung2nya you know sendiri lah.

      • emang-a situ siapa ngatur2 orang bawa moge??? asalakan udah ada sim c siapa aja berhak bawa motor…. klau emang indonesia gak cocok ama moge ngapaen dijual belikan.maka0a mikir sebelom nyerocos

        • bener tu,namanya udah ajal ya mau gmna lagi,masa salah2in orang bawa moge terus.yang naik matic skali pun bisa juga kecelakaan.

        • secara hukum indonesia, rider mogenya ga bisa langsung disalahin. tapi kalo ngeliat aturan di negara maju, umur segitu belom boleh bawa moge.

            • Kita ambil contoh di Eropa
              Di Eropa itu ada penjenjangan surat ijin mengemudi untuk sepeda motor (motorcycle driving licence) dari Mulai AM, A1, A2 sampai A
              AM itu adalah SIM awal dimana pengendara hanya bisa mengendarai Skuter/moped dengan kubikasi mesin nggak boleh lebih dari 50cc dan kecepatan nggak boleh dari 45 km/jam. minimum usia adalah 16 tahun
              A1 adalah SIM lanjutan AM dengan syarat lulus AM, motornya harus 1 silinder dengan kapasitas nggak boleh lebih dari 125 cc dan power tidak boleh melebihi 11kW.
              A2 adalah SIM motor lanjutan dari A1 dengan pembatasan power motor nggak boleh lebih dari 35kW dan Power to weight rationya nggak boleh lebih dari 0,2 kW/kg . . . nah motor apaan nih . .. sejenis Ninja 300r masuk yaa . .. oh ya minimum usia untuk A2 adalah 19 tahun
              A adalah kasta sim eropa paling tinggi dengan pembolehan mengemudikan motor dengan power diatas 35 kW (sumber: tmcblog.com)
              Nah dari situ kan kita bisa ambil kesimpulan toh.

  1. https://id.berita.yahoo.com/kecelakaan-calon-mempelai-pria-tewas-di-jalan-141547211.html
    Seorang calon pengantin pria, Zulkhaifan yang hendak menyelenggarakan pernikahan 3 hari lagi tewas di tabrak oleh Motor Gede (Moge) jenis CBR yang melaju kencang di Jalan Sultan Iskandar Muda, Desa Blang Oi, Kecamatan Meuraxa, Rabu (15/10) sekitar pukul 14.00 WIB.

    Sedangkan pengendara moge jenis CBR bernama Ali mengalami luka parah dan mengembuskan napas terakhir saat dalam perjalanan menuju Rumah Sakit terdekat. Kondisi kedua motor itu hancur berkeping-keping.

    Menurut keterangan saksi mata di TKP, Afrizal mengatakan, motor CBR itu melaju kencang dari arah Ulee Lheue menuju kota Banda Aceh. Lalu tiba-tiba ada motor Beat dari arah Banda Aceh hendak memutar ke arah Ulee Lheue.

    Kemudian motor CBR yang melaju kencang langsung menghantam motor Beat yang sedang berbelok arah tersebut. Akibatnya kedua motor Beat tersebut bertabrakan secara tragis. Sehingga Zulkhaifan mengalami pecah kepala dan kaki kirinya patah dan nyaris putus.

    “Motor CBR itu kencang larinya, jadi di belokan itu ada motor Beat yang mau balik arah, saat itulah motor CBR menabrak motor Beat itu,” kata Afrizal saat dihubungi merdeka.com.

    “Sayang juga, itu yang naik motor Beat informasi yang kami peroleh mau menikah 3 hari lagi,” tutupnya.

  2. dulu pas SMA bwa mtor bebek aja udh ngerasa kya naek Motor GP wktu jalan, kenceng..pas tikungan ya gtu deh.. apalagi ini?? bwa fireblade, serasa marques beneran pasti..

  3. Moge 1000cc apalagi tipe supersport. Kecepatan 150 km/h aja bisa didapet di 6000 rpm gigi 6, pasti yg bawa tuh moge ga kerasa kenceng.

  4. ya sama-sama salah yg belok juga gak liat2 dulu main belok aja, yang bawa moge juga gitu ngegas pol….untung gak ada pihak ke-3 yang terlibat …

    • Saya rasa..!! Walau udah lihat CBRnya dari 100 meter di belakang, kalo kecepatannya tinggi ya hitungan detik aja sudah sampai di depan mata.. Harusnya kalo mau kenceng ya di sirkuit saja.. bahkan pebalap MotoGP saja sering nglindes hewan nyebrang di sirkuit tanpa bisa mengelak..

  5. Semoga orang tua si anak yang pakai CBR itu bisa berbangga hati, menghantarkan anaknya dengan bekal motor mewah ke alam akhirat (yang sebenarnya menjadi tujuan akhir semua orang)
    “Kubelikan motor mahal ini untuk mengantar hidupmu dengan lebih indah ke tujuanmu, Nak”

  6. Umumnya yang Me……… nubruk itu adalah yg salah terlepas musuhnya belok dadakan, ngerem dadakan dll. Jadi intinya yg Me….. itu yg biasanya disalahkan.

    Jadi kita semua harus lebih waspada dan hati2 dijalan dimulai dari ya kita sendiri.

  7. Ga ada hubungan kecelakaan, motor gede sama umur bang. Kalo misalkan udah lebih dari 20 thn pake moge trs kecelakaan jga gmna? Juara dunia motogp sekarang umurnya berapa?
    Kalo udh masuk IMBI secara otomatis pengalaman berkendara akan lebih baik ketimbang org2 yg biasa berkendara dijalan, karena pasti sering touring2 luar kota dan diajarkan cara safety riding.
    Ada faktor yg buat kecelakaan mungkin pengendara beat belok ga liat liat dulu atau apa. Mentang2 jalanan sepi terus seenaknya belok ga liat2 dulu itu udah sering terjadi dan jadi salah satu faktor penyebab kecelakaan.

    • Setuju. Intinya kata-kata yang sering disampaikan instruktur safety riding course yaitu “defensive riding” sangat- SANGAT- perlu diterapkan 100% selama kita berkendara di jalan raya. Memang manusia ngga sempurna dan pasti ada saat-saat terlengahnya namun begitu ada “kode/wahyu” yang secara ngga langsung disampaikan oleh jalan raya kita harus langsung sadar untuk menerapkan defensive riding, Yang paling saya ingat sampai sekarang moto paling ekstrim untuk merasa 100% aware sama lingkungan adalah: “Consider everyone in our surroundings as a threat.”

      • “Consider everyone in our surroundings as a threat.”

        sangat bagus dan saya setuju
        7 tahun belakangan sudah saya terapkan hal ini dan lumayan berhasil.
        (sebelumnya sudah dan hampir mengalami tabrakan dengan orang yang ngerem mendadak, nyebrang – dengan motor- mendadak, muter arah mendadak, nikung mendadak tanpa menyalakan lampu sein, dan nyerobot – dari kiri – ketika hendak masuk gang, yang juga secara mendadak).

        tapi perlu sedikit ditambahkan….mungkin kata “everyone” disini perlu diganti dengan “everything” karena kita juga harus waspada juga dengan binatang (biasanya kucing / anjing yg nyebrang mendadak) serta terrain alias lingkungan (blind spot, jalan berlubang / tudak rata, serta sampah / sesuatu yg berserakan dijalan – terutama botol kaca dan tumpahan oli yg bisa bikin jatuh biker yang tidak waspada)

    • menurut saya, kecil kemungkinan tidak melihat kanan kiri sebelum belok, karena itu jalanan sepi menuju pantai(pandangan bisa jauh), besar kemungkinan pengendara Beat tidak menyangka sedang memotong jalur pengendara lain yang kencangnya tidak biasa, umumnya kencang bagi pengendara lain 100kph.

      sehingga bisa ditebak keputusan yang dibuat pengendara Beat, adalah keputusan seorang pengendara yang tidak pernah melihat motor kencang.

    • jangan jangan ni anak beneran kena euforianya marquez nih.
      mentang mentang masih muda udah juara, trus ikutan ngebut pake motor yang masih saudara kandung.
      ckckc dasar alay, kalo mau niruin marquez ya disirkuit sana.

    • kalo kecelakaan 60kpj gak mungkin ampe ringsek gan. itu pasti ngebut. pasti tau donk perbedaan sirkuit dengan jalan raya? taruh lah 80kpj. jatuh pun gak mungkin ringsek banget apalg full wearpak. paling kelenger. gak modar n ringsek kek diatas. kesimpulannya adalah rider moge ngebut.

      kalo beat kekx srantal sruntul keluar gang. ngebut diatas 80kpj = nyari mati.

      😉

    • mmg nya kamu ada liat kronologi kejadian nya???main slhkn beat segala.yg bawa cbr tuh yg slh dia ngebut di jalan raya di mana banyk kendaraan lalu lalang,honda beat berhenti hendak menyebrang tp cbr dgn laju kencang menyambar honda beat,itu juga krn sumpah serapah org2 kampung yg mengatakan”kalo ketabrak biar mati”saking sakit hati nya org kmpung unt pengemudi cbr tuh sdh 2 kali mutar2 di jln dgn kecepatan sngt tinggi,rupanya sumpah org2 kampung benar2 trjadi…tp syg org yg mengendara beat yg tdk brslh jd korban jg,maka nya bagi kalian2 yg mempunyai honda gede jangan trlalu sok,action,bw kencang2 seolah2 itu jln pnya neneng moyang lu,kalo mau ngebut ada tmpt nya jgn di jln umum,sakit hati org bs trjadi dgn sumpah ingt itu!!

    • mmg nya kamu ada liat kronologi kejadian nya???main slhkn beat segala.yg bawa cbr tuh yg slh dia ngebut di jalan raya di mana banyk kendaraan lalu lalang,honda beat berhenti hendak menyebrang tp cbr dgn laju kencang menyambar honda beat,itu juga krn sumpah serapah org2 kampung yg mengatakan”kalo ketabrak biar mati”saking sakit hati nya org kmpung unt pengemudi cbr tuh sdh 2 kali mutar2 di jln dgn kecepatan sngt tinggi,rupanya sumpah org2 kampung benar2 trjadi…tp syg org yg mengendara beat yg tdk brslh jd korban jg,maka nya bagi kalian2 yg mempunyai honda gede jangan trlalu sok,action,bw kencang2 seolah2 itu jln pnya neneng moyang lu,kalo mau ngebut ada tmpt nya jgn di jln umum,sakit hati org bs trjadi dgn sumpah ingt itu!!

    • mmg nya kamu ada liat kronologi kejadian nya???main slhkn beat segala.yg bawa cbr tuh yg slh dia ngebut di jalan raya di mana banyk kendaraan lalu lalang,honda beat berhenti hendak menyebrang tp cbr dgn laju kencang menyambar honda beat,itu juga krn sumpah serapah org2 kampung yg mengatakan”kalo ketabrak biar mati”saking sakit hati nya org kmpung unt pengemudi cbr tuh sdh 2 kali mutar2 di jln dgn kecepatan sngt tinggi,rupanya sumpah org2 kampung benar2 trjadi…tp syg org yg mengendara beat yg tdk brslh jd korban jg,maka nya bagi kalian2 yg mempunyai honda gede jangan trlalu sok,action,bw kencang2 seolah2 itu jln pnya neneng moyang lu,kalo mau ngebut ada tmpt nya jgn di jln umum,sakit hati org bs trjadi dgn sumpah ingt itu!!
      Balas

  8. Intinya di jalan raya kita tidak sendiri, kemungkinan buruk terjadi dijalan raya saat kita berkendara yaitu kecelakaan tunggal/jatuh sendiri, menabrak dan ditabrak, dah selesai, jadi klo dijalan raya yg penting waspada.

  9. Kalo Motor berlari 150kph++ sang lawan yang akan memotong jalur lintasan tidak mampu memprediksinya, karena saat akan memotong pasti melihat motor CBR masih jauh.

    Saya membayangkan jadi pengendara Beat,
    wah tuh motor masih jauh, belok ah, ternyata ga disangka2 motor lawan sudah dekat dan ternyata CBR itu 180kph++

    setahu saya itu jalur jalan raya yang halus(krn di Banda Aceh jarang Truk besar datang) dan sepi, dan saya pernah tinggal di Banda Aceh, jalur itu pernah saya dan teman saya naik RGR150 tembus 160kph++..

  10. Pasti banyak yang mengkritik keras biker moge karena
    alasan umur 18, naik motor bukan soal umur bro tapi
    soal kedewasaan dan pengendalian emosional. Moge
    gak akan pernah benar2 melaju kencang bila jalanan
    sedang ramai. Coba ingat2 bagaimana tingkah
    pengemudi motor harian (non moge) saat ini? Sudah
    tertib kah? Yang sudah berumur dan ngawurpun
    banyak bosku..

      • kalau jalanan sepi dan memungkinkan saya rasa why not kita geber motor kencang?
        permasalahannya, pernahkah mas bro dipotong jalurnya seenaknya oleh pengendara lain secara tiba-tiba hingga mengakibatkan panic brake.
        faktanya banyak mas bro, pengendara motor kecil (cc dibawah 250cc) yang tidak taat aturan dan seenaknya saja bawa motor.

        • mmg nya kamu ada liat kronologi kejadian nya???main slhkn beat segala.yg bawa cbr tuh yg slh dia ngebut di jalan raya di mana banyk kendaraan lalu lalang,honda beat berhenti hendak menyebrang tp cbr dgn laju kencang menyambar honda beat,itu juga krn sumpah serapah org2 kampung yg mengatakan”kalo ketabrak biar mati”saking sakit hati nya org kmpung unt pengemudi cbr tuh sdh 2 kali mutar2 di jln dgn kecepatan sngt tinggi,rupanya sumpah org2 kampung benar2 trjadi…tp syg org yg mengendara beat yg tdk brslh jd korban jg,maka nya bagi kalian2 yg mempunyai honda gede jangan trlalu sok,action,bw kencang2 seolah2 itu jln pnya neneng moyang lu,kalo mau ngebut ada tmpt nya jgn di jln umum,sakit hati org bs trjadi dgn sumpah ingt itu!!

  11. Semua tergantung masing2 manusianya lagi bro.. Saya masih berumur 17 dan sudah dikasih kepercayaan sama ortu buat bawa zx10… Yang penting dalam berkendara tidak boleh terbawa emosi

  12. Gw knal ,ini temen gw bro, nama ilham basri umur 20 tahun, jd bukan bocah yg sprti bro smua omongin,, kami selalu sefety riding dn kjadian ini cukup kita jdikan plajaran saat kita berkendara,,itu aja mohon doa nya buat teman kami ini #Rip ilham

  13. nah gini aja dah semisal si pembawa honda beat itu memang mau berbelok arah , terus ada motor lewat dengan kecepatan ya katakanlah 80kpj , apa bakalan terjadi itu kecelakaan ? motor saya vixion saja 80kpj bisa ngerem sampe berenti paling cuman jarak 10m ,yg bawa beat jg ga bodo2 amat kali liat jalan kosong gt jg pasti sudah liat dulu ada motor apka kagak , kesimpulannya motor gede nya jg pasti diatas 120kpj itu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini