ahok-ridwan-kamil

Jian mumet tenan ki… setelah kemarin Walikota bandung Ridwan kamil razia motor pakai knalpot racing sekarang lebih besar lagi cakupannya yaitu kendaraan plat B dilarang masuk kota bandung hanya satu tujuan yaitu biar bandung nggak macet.

Kemarin ridwan kamil dan ahok bertemu di balai kota DKI salah satunya membahas rencana kendaraan plat B dilarang masuk bandung bahkan wali kota bogor juga ikut2an saat wekend kendaraan plat B tidak boleh masuk wilayah bogor dan puncak.

“Pak Ridwan minta kita pakai kereta api masuk Bandung,” ujar Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Selasa (16/9).

“Tapi kampanyenya harus dari sekarang. Pak Ahok yang nanti gubernur suaranya akan lebih didengar (warga Jakarta), ketimbang saya di sana (Bandung),” kata ridwan kamil. “Karena masalah Jakarta mirip-mirip sama Bandung. Macet, banjir dan knalpot bising, masalah tadi Pak Ahok bisikin soal taman. Jakarta mau dibanyakin taman-taman tematik juga kayak di Bandung,” pungkas dia.

Sementara itu, Emil menegaskan kedatangannya ke Ahok untuk meminta Ahok mensosialisasikan warga Jakarta agar memakai kendaraan umum ke Bandung. Menurut dia, hal tersebut jadi tidak berguna apabila hanya wali kota Bandung yang meminta bukan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Merdeka.com.

Sedangkan untuk bogor tidak jauh pula…

pemerintah Kota Bogor menyatakan akan menerapkan kebijakan satu hari tanpa kendaraan berpelat B. Menurut Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, kebijakan itu merupakan digagas Bima Arya setelah konsultasi dengan Tim Percepatan Penganggulangan Prioritas Pembangunan (TP4).

Setiap kendaraan yang berplat B baik warga Jakarta dan Bogor, tidak bisa masuk kawasan Kota Bogor pada akhir pekan. Sosialisasi kebijakan ini akan mulai dilakukan tahun 2015.

“Ada wacana sehari tanpa kendaraan berpelat B. Baik itu warga Kota Bogor maupun yang akan masuk ke Kota Bogor. Artinya orang yang ingin masuk Kota Bogor harus terfasilitasi oleh kendaraan massal. Baik itu melalui APTB maupun melalui jaringan regional yang akan kita bangun nanti antara kota, kabupaten dan DKI,” kata Usmar kepada wartawan, Selasa (16/09)

Untuk mendukung program itu, kata Usmar, Pemkot Bogor akan melakukan persiapan untuk membenahi angkutan massal. Setelah sarana dan prasaranya terlengkapi, program itu akan mulai dilakukan oleh Pemkot Bogor. newsdetik.com.

Boleh boleh saja bikin aturan seperti itu tapi…mana fasilitas yang layak…? bus way saja sering terbakar… kereta api sering anjlok…

Yang penting kita sebagai pengguna layanan publik tidak dirugikan…la piye…? lawong nggak bisa makai kendaraan sendiri.

Sumber :

http://wartakota.tribunnews.com/2014/09/16/bandung-macet-ridwan-kamil-minta-ahok-kampanyekan-kereta-api

http://www.tribunnews.com/regional/2014/09/11/ridwan-kamil-merasa-seperjuangan-dengan-ahok

http://news.detik.com/read/2014/09/16/205612/2692232/10/ahok-dukung-larangan-mobil-pelat-b-masuk-bogor-tiap-akhir-pekan

https://id.berita.yahoo.com/ridwan-kamil-minta-ahok-larang-warga-dki-ke-074358162.html

125 KOMENTAR

  1. Jiaaahh… Lah pegimane kalo ade keluage nyang punye bocah masih orok yg mau ke bandung atawa bogor? Kudu desek2an di kereta atao bis? Yg bener aje cooyy…???

  2. Ane tinggal diBogor….
    Motor-mobil ane plat B.
    Orang tua tinggal diBandung….
    Ane ga ada urusan dengan tempat wisata dikedua daerah itu….
    Jd ane ga boleh pulang kerumah sendiri @bogor???
    Ato ga boleh sungkem dengan ortu d Bandung….????
    Bogor-bandung itu bisa maju dan rame, terkenal karna kendaraan Plat B yg masuk….. Wisata kuliner, wisata alam…. Apa ada kereta kesana….?

  3. pajak tiap tahun byar tepat waktu lagi..knalpot resing di larang. .it sudah mematikan usaha orang. .mkir yg jualan knalpot kasian,mau ngash makan anak istri pke apa?wong usahanya dah gulung tikar. .lah ente enak2an makan duit rakyat,skrng bkin aturan aneh. .

  4. kebijakan ora mutu, menyengsarakan rakyat, ini dampak dari otonomi orang dikotak2an berdasarkan daerah, bahaya buat persatuan NKRI

  5. Berarti diberlakukan sama untuk seluruh daerah dan warganegara indonesia ya, bapak bapak pejabat yang mau berlibur harus naik angkutan umum juga, bapak dari pejabat dari daerah juga bila ada tugas dijakarta juga mesti naik angkot gitu kan… pak presiden juga kalo mau ke istana bogor dan cipanas harus mesti naik angkot juga dong. jangan ngak ya?

  6. itu bukan solusi untuk mengurangi kemacetan…..tapi daerah harus mempersiapkan sarana dan prasarana klo memang mau menambah income dari pariwisata…….tul gak pak walikota…..hatur nuhun,,,,,tong janten bendu nyak da saya ge orang garut sok der ah.

  7. Engga sekalian aja pak tutup pabrik nya aja. Biar ga ada kendaraan, nanti pasti tdak akan macet. Lagi” yg di rugikan masyarakat kecil waaah , coba klo ga pengen bising sama kndaraan yg pake knalpot racing, yg punya pabriknya atw tempat produksinya di cari trus di tutup jangan yg pembelinya yg di sanksi, klo ga pengen macet batasi saja jumlah produksi kendaraan bermotor, terus batasi juga orang yg beli apalagi yg sudah punya “ebih dari satu kendaraan bermotor. Gitu aja ko repot

  8. widih .. itu wakot bandung ama bogor kaga mikir kali y mau bikin system kya gtu ..meskipun ane bukan orang bogor..bandung ..or jakarta .. ane orang sukabumi tetangga bogor …nolak tuh kalo system y kaya gtu.. sekalian aja jangan ada motor … fasilitas transportasi bikin lebih nyaman donk kalo mau bikin system kaya gtu ..

  9. Wah kalo sampai ada larang melintas ini sudah keterlaluan tapi kalo kepemilikan masih masuk.akal.

    warga bandung , tempat tinggal bandung juga tapi memiliki kendaraan plat B macet macetnya dibandung bayar pajak untuk jakarta = ga adil

    Namun jika aturan itu untuk pelintas dan pengunjung pantas ditentang.

  10. bodoh. yg ada pemasukan pedagang dan daerah berkurang banyak. bogor macet? angkotnya aja bejibun dah ampun. plat b permanen gak boleh masuk bandung? yg suka belanja oleh2 bandung, distro, FO, tempat wisata, kuliner plat mana hadeuhhh aya2 wae dipikir disik jo sakarepe dewek

  11. ko jadi dipelintir gini sih -_-”
    banyak juga yang telen mentah2 beritanya -_-”
    nih saya kutip langsung dari akun twitternya Ridwan Kamil
    ” ridwan kamil @ridwankamil · 12h
    Tdk ada ide kebijakan melarang pelat B ke bandung. yg betul, menghimbau agar coba lebih sering pake kereta. itu saja. mhn jgn dilebaykan.”
    https://twitter.com/ridwankamil/status/512091959469436928
    gak ada larangan sama sekali 🙂 himbauan loh bukan larangan :p
    soal transportasi umum, fyi bandung lagi berbenah ko 🙂

    • http://m.kompasiana.com/post/read/674928/3/menyoal-larangan-mobil-plat-b-masuk-ke-kota-bogor-dan-kota-bandung.html
      Baca link di atas broo.. dan msh byk lg link yg laen. disitu jelas2 si kamil bilangnya “LARANGAN” bahkan sampe hrs ngemis2 ke pak Ahok lagi. Buat menghimbau wage Jakarte yg mao ke bandung pake transportasi umum (Kreta dsb..). sayang banget tuhh.. kamil,, sekolah tinggi tinggi tapi pola pikirnya sempit alias cupett!!!

      • bagian mana bro ? gak ada satupun kutipan langsung dari RK tentang larangan lol.
        bro baca tweet dari RK diataskan ? jelas-jelas sudah diklarifikasi oleh RK, gak ada kebijakan larangan sama sekali tuh lol.
        Loh apa yang salah sama pola pikirnya ? nih saya kutip lagi dari link yang ada pada artikel diatas :
        “Tadi silaturahmi sekalian membicarakan warga Jakarta yang datang ke Bandung naik kereta sampai Bandung nanti langsung disambut oleh cable car dan monorel. (Kedua moda transportasi itu-red) Saat ini sedang proses lelang konstruksi dan tahun depan. Jadi kampanyenya dari sekarang, karena pak Ahok yang jadi gubernur suaranya lebih didengar ketimbang saya,” kata Ridwan di Balai Kota DKI Jakarta,”
        intinya kampanye & sosialisasi, infrastrukturnya sedang dipersiapkan, so apa yang salah ?
        oia bro pernah ke bandung waktu hari sabtu & minggu ? kemacetan sudah lumayan parah loh,
        atau bro punya solusi yang lain?

  12. Skalian aja pak Ahok bikin aturan “smua kendaraan selain plat nopol B dilarang masuk Jakarta”. Dan nanti diikuti pemda-pemda yang lainnya (Semarang, Medan, Bali dan seluruh indonesia). Mau jadi apa bangsa ini?? ” gara-gara macet malah ada perpecahan!! ” Kalian jadi pemimpin berpikirlah yang ARIF dan BIJAKSANA. Salam Persatuan,, Tanah Airku , INDONESIA

  13. ajak gelut kui uwong….masyarakate kon do gelut ro pulisi sing nilang…peraturan marai pousing, bila setiap daerah memperlakuakan undang undang yang sama bubarkan saja NKRI ganti dengan negara bagian yang tiap propinsi dan kota memiliki aturan sendiri yang independen tanpa campur tangan pusat, bila ingin mengurangi kemacetan regulasi undang undang untuk produksi dan pembelian kendaraan di perketat dong… agar jumlah kendaraan yang berada di jalanan berkurang bos…hanya atas nama infestasi terus masyarakat yang di gantung dengan mengatasnamakan undang undang daerah.

  14. lucu ya rata2 yang komen masih pada kaya anak SD, “yaudah kalo gitu plat bandung sama bogor gausah masuk jakarta aja” lol. mbo ya kalo ada berita jgn ditelen mentah2 sambil marah2 ga jelas. tuh udah ada yg jelasin, Pak Emil itu bukan ngelarang, tapi menghimbau. jangan mau di provokasi media, haha lucu ah lo pada, kelarin sekolah dulu sana

    • ia bang, komentar nya egois banget, mentingin kepentingan diri sendiri. penolakannya atas dasar masalah masing2 terus udah gitu kaya masalah tersebut dianggap general.

  15. bentar lagi.. larangan Plat Jabar, sumatra,DKI, Banten dilarang masuk Jateng saat Mudik Lebaran, dihimbau utk naik transportasi umum… seru juga kayaknya nih…

    • Kagak mumet kalo sama” eling: rakyatnya eling bertransportasi umum, pemerintahnya eling memperbaiki transportasi umum

      Ga usah pada sewot sama judul artikel, Walkot Bandung jelas” hanya meminta penggunaan kereta dikampanyekan. Masih jauh dari pelarangan plat B.

      Kalo Walkot Bogor mungkin beda lg pertimbangannya.

      Peraturan macam ini memang memicu sentimen kedaerahan, jd harus kepala dingin menanggapi & memprotesnya.

  16. Nah masalahnya kalau yang seperti saya terkadang suka keluar kota solo riding solusinya bagaimana? Kan hanya numpang lewat, dan kalau harus menghindari jalan utama saya jujur saja segan memasuki jalanan yang sepi dan banyak polisi tidurnya (karena saya suka berangkat malam). Atau boleh ada yang share jalur non utama ke arah jawa tengah dari jakarta yang melewati bogor/bandung?

  17. muke gile lo mil, lo kira gw banyak duit x mending kalo transport umum gag susah jubel2an apalg mahal ongkosnya heeeeh.. mikir dong cara lain yg lebih efektif kl mo nanggulangin macet!!!!

  18. kalau mobil jakarta tidak boleh ke bogor berarti mobil dari daerah bogor di larang ke jakarta. karena. salah satu penyebab kemacetat di jakarta adalah mobil dari daerah bogor seperti cibubur sentul dll

  19. weh, yang komen disini baca beritanya gak si. yang nulis juga gak bener nih. itu himbauan ke bandung naik kendaraan umum. gak ada larangan plat B masuk Bandung. Baca yang bener!

  20. jangan begitu pak.. jalan punya warga indonesia.. mereka bayar pajak berarti layak untuk memakai kendaraan sendiri kemanapun mereka mau.. kalau plat b ga boleh masuk bandung gimana saya yang pakai plat d ke jakarta? mohon di pertimbangkan kembali pak…

  21. lebih baik benahi dulu warga bandung sendiri pak… sebelum menghimbau yang kurang berkenan kepada warga kota lain… knalpot bising semua harus kena tilang baik motor atau mobil dan dari kota manapun.. pakai kendaraan alternatif pun belum tentu menghindarkan macet.. sebaiknya percepat perbaikan bandung yang lebih aman,nyaman,asri..

    • Alhamdulillah Kota Bandung sejak saya tinggal di ibukota selama 1 tahun dan jarang ke Bandung, perubahannya nyata. Kini Bandung sudah mulai kembali seperti semula. Tapi jujur saja, bila dibandingkan dengan hari biasa, Bandung di hari libur lebih macet, apalagi daerah pasteur, yang notabene pintu gerbang kita (orang luar kota) masuk ke Bandung. Jadi menurut saya ga ada salahnya kalo Kang Emil menghimbau agar menggunakan kereta. Sekali lagi “Menghimbau”.

  22. apaa-apaan ini..plat B gk boleh masuk wilayah kota bandung.. Trus harus naik angkutan umum kalo mau ksana,,aman??
    Jambret banyak,copet dmana2.. Gmana sih bikin peraturan..!

  23. Maaf saudara penulis. Saya sarankan anda untuk meng-edit tulisan anda yang malah menjurus ke fitnah, membuat banyak orang salah sangka. Kenyataannya Ridwan Kamil tidak melarang.
    Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Terima kasih

  24. Gw setuju aja kalo plat B dilarang masuk bandung dan bogor TAPI dengan syarat kendaraan plat D dan F GAK BOLEH MASUK WILAYAH JAKARTA – BEKASI.

  25. Ini kan cman percobaan , kalau pun iya pasti kendaraan kendaraan plat B yang punya kebutuhan ( bisnis atau pun cma lewat ) bakalan boleh lewat bandung/bogor. Gw setuju setuju aja sih kalau misalnya plat D gabisa ke Jakarta , toh naik kendaraan umum lebih enak kesana. Tapi coba deh kalau di bandung , emang plat B dominan kalau hari JUMAT SABTU MINGGU , jadi harusnya ya kerja sama dong jangan mau enaknya doang.

  26. semua dampak kemacetan itu datangnya dari pemerintah yg tidak membuat kuota kendaraan keluar dari dealer dan tidak adanya kedisiplinan pengguna kendaraannya itu sendiri, semua itu awalnya dari tahun 2005, sewmua dealer di tuntut selesnya banyak menjual kendaraan, ya rasakanlah dampaknya sekarang

  27. liat aja sekarang kendaraan kotor roda dua tu kaya kacang garing, satu rumah bisa lbh dari dua kendaraan, bkn barang mewah lagi, dampaknya, kendaraan umum jd sepi penumpang, sukabumi kota macet ga kaya dulu lagi

  28. Bikin peraturan boleh ja… itu jalur puncak emangnya punya kodya…? Ck… ck… ck..
    Buat gue siy warga bgr kodya yg pake plat b, mangga wae loe bikin aturan kyak bgtu… Cm shari doank ni kok… toh pilkada brikutnya gue tggal pilih org (walikota ma gubernur) yg baru…. haha..

  29. kalo begitu para perantau dari bandung yg gapunya keahlian apa2 tapi mau cepet kaya, gaboleh dateng ke jakarta juga ya pak 🙂 cuma bikin sumpek.. nanti dateng ke jakartanya kalo udah punya keahlian

    • hey goblok monyet… org bandung yg ke jakarta bisa di hitung jumlahnya…

      KALIAN ORANG JAKARTA PENDATANG HARAM YANG BERBONDONG2X DATANG KE BANDUNG JUMLAHNYA LEBIH BANYAK… YANG CARI PACAR/ISTRI, RUMAH, KERJA, USAHA, SEKOLAH DAN KULIAH DLL….

      APA GAK MALU HEY GOBLOK ??

      KALIAN LELAKI JAKARTA ANJING DILARANG MENDEKATI GADIS CANTIK MOJANG PRIANGAN BANDUNG DLL..

      BUBARKAN INDONESIA,,,, KAMI INGIN JAWA BARAT MERDEKA MENGGANTI JADI NAMA PROVINSI PASUNDAN, KALO BISA NEGARA PASUNDAN..!!!!!

      • Jaga mulut mas . Jd lah komentator yg baik dan sopan . Bagaimana kalau anda menjadi warga jakarta ? Lagi pula ini jga msh uji coba blm smua ny trlaksana .

  30. asik yaaa kalo ga macet nanti kaya jepang kemana-mana jalan kaki, pake sepeda, dan naik kereta … mimpi saya semenjak dulu untuk hidup minim polusi udara. Kampung halaman saya di Cipanas-Puncak dan jadi jalur saaangaat padat apalagi di Cisarua, dan tiap weekend di Cipanas juga macet banget dan memang sebagian besar mobil plat B. Jadi kasihan, kan, mereka (termasuk adik saya) yang mau kuliah naik bis jadi ikutan macet sama mereka yang mau senang-senang liburan. 😉
    Sekarang saya kuliah di bandung dan walaupun daerah saya (Dago atas) ga macet-macet amat, tapi kalau mau turun ke bawah, huaahh macetnyaaaa

  31. semua pemimpin lomba-loma bikin pencitraan…lg pula jalan tol cipularang dibikin buat kendaraan masuk ke daerah jabar kl gk mau macet tutup aja jalan tol cipularang dan jalan akses alternatif lainnya…lagian orang bawa mobil keluar masuk bandung itu hak asasi manusia yang jg ikut byr pajak kendaraan bermotor.pemimpin dipilih gunanya utk mengatasi persoalan masyarakat bkn mengurangi hak2 masyarakat..masyarakat Jakarta dsb trmsuk masyarakat bdg adlh masyarakat Indonesia smua yg memiliki hak2 yang sama.. kl masyarakat jkt n sktrnya dilrang bawa kendaraan, PAD bdg akan berkurang…think before act, please…!!!!

  32. kalo gak urgent, ya nggak usah ke luar kota. yang di jakarta gak usah ke bandung, yang di bandung gak usah ke jakarta. yang di bogor ya gak usah kemana-mana juga. perlu ketemuan, kan bisa video conference

  33. Kurang pinter aja yg bikin peraturan seperti itu, gmn buat kesejatraan para pengusaha di bogor atau bandung, touris Lokal dan international akan berkurang atau tidak ada yg mau datang ke daerah mereka, klo begitu sekalian buat buat Peraturan untuk JADETABEK plat selain B tidak boleh masuk ke jakarta,Bekasi, Depok, Tangerang dihari biasa. Gmn usul saya..

    Jadi pemimpin harus pinter memikirkan Rakyatnya dan berbicara

    By : @pratamaghuntur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini