r25 racing

Dulu sempat buat geger R25 disunat 2HP, tapi belum tahu bagian apa yang dirubah sehingga tenaga R25 bisa turun.

Dulu pernah saya bahas :

Piye Iki…? Power R25 Versi Mass Pro Beda Versi Tes Ride Turun Sampai 2HP, Nich Grafiknya…

dan saya bahas lagi :

Nich Tanggapan Yamaha Tentang R25 Turun 2HP…!

Test-ride-Yamaha-YZF-R256

Saat itu alasan awal R25 turun :

“Saat development berbagai aspek pasti sudah dipertimbangkan selain kecepatan maksimal dan torsi maksimalnya. Jangan lupa, kami juga mempertimbangkan sisi reliability. Jadi tidak benar jika ada penurunan tenaga dari produk awal yang menjadi test ride unit dengan produk yang kami delivery ke konsumen. Sejak awal diumumkan sudah demikian,” jawab M. Abidin.

Abidin menambahkan bahwa pabrikan motor terkemuka manapun bisa membuat motor berkekuatan lebih, tapi banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Mungkin salah satunya agar performa mesin tidak mengalami penurunan. Meski sudah digunakan bertahun-tahun. via metrotvnews.

Kini motorplus coba ubek2 kenapa R25 bisa turun powernya :

tim MOTOR Plus dan motorplus-online.com coba menelusuri lebih dalam dan melakukan tukar pendapat dengan Bram, panggilan akrab Brahmantyo. “Ini pendapat awal ya! Nampaknya timing pengapian R25 yang mass pro, diseting mundur dari unit tes awal. Tujuannya mengurangi gasingan yang kelewat tinggi hingga 13.000 rpm, supaya mesin aman”.“Yamaha punya dua pilihan, antara memberi limiter dan memundurkan timing pengapian. Nampaknya, Yamaha lebih memilih memundurkan timing pengapian. Makanya saat menyentuh 10.500 rpm power flat,”

Lanjut konfirmasi dari yamaha :

“Sebenarnya unit tes yang diberikan kepada media merupakan unit R25 mass pro pertama.” Belum final soal ketahanan mesin dan pertimbangan kualitas konsumsi bahan bakar di seluruh pelosok Indonesia. “Ya memang betul, apa yang dibilang Bram kalau timing pengapian di R25 dimundurkan. Itu mempertimbangkan endurance mesin juga,” papar Abidin.

“Sejatinya R25 punya karakteristik engine yang unik, dengan aplikasi part aftermarket dipastikan kenaikan power bakal lebih bagus,” papar Abidin.

Nach sekarang sudah gamblang kan kenapa powernya turun karena timing pengapian di R24 dimundurkan tujuannya agar powernya tidak liar dan ketahanan / endurance mesin menjadi point pertama. Meskipun powernya beda dengan tes awal tapi toch…powernya masih diatas kompetitor to…

Mau kenceng ?

1. ECU ganti

2. Koil ganti

3. Busi ganti

4. Knalpot ganti

5. Bore up 1.000cc

6. Kurang kenceng…? diiket lalu seret pakai F16….WUUUZ…kenceng gas pool.

 

31 KOMENTAR

    • Mungkin untuk konsumen premium seperti pemakai motor 250cc ke atas, gak begitu memikirkan kata “mahal” mas untuk modif, pa lagi jika melakukan modif itu sudah menjadi hobby. Seperti halnya banyak teman seikatan sesama pengandara N250 di wilayahku yang nglonotrin dana yang setara buat beli motor batangan hanya untuk modif, ntah tu naikin performa atau penampilan. Memang benar kata pak Abidin tentang part aftermarket, dan untuk membeli part tersebut mungkin bukan hal yang sulit untuk beberapa konsumen premium.

      • Semua org punya batas mahal boss. Orang2 yang ente bilang brani modif sampe biaya setara harga motor batangan jg mgkn dah ngos2an, mgkn jg modifnya nyicil gak skali jadi. Kalo beneran kaya gamikir mahal masa iya ambil 250cc? Kategorinya masih konsumen klas menengah lho, belum kelas atas. Kalo kelas atas ya ambil Panigale, RSV4, S1000RR atau ZX10 atau R1.

        Capek lah modif abis 20jt an cm nambah 3hp? Mnding 1000cc bisa nambah 150hp masbro wkwkwkwk

    • om indonesia bkn jawa doang om… diluar sono cari pertamax susah om ga semua spbu ada. spbu jg ga 24 jam om. dikota saya aja pertamax baru ada spbu yg jual thn 2009 cuma 1 spbu lg. gimana jd nya pakai premiun tp full gas mulu kalo jalan secara jlnan mulus dan sepi

      • Modifnya sih abis ber juta-juta, tapi tetap saja isi bensin premium. Mau motor kencang tapi minumnya premium??
        Pakai ninja 150 2 tak aja deh.

  1. di PHP in sama r25…
    terus diberi penjelasan pembelaan diri yamaha oleh pam abidin..
    sekarang mengakui motor itu sudah disunat demi kesehatan..
    lalu disuruh main ganti agar garansi hilang..
    buruan kawasaki keluarin N250FI facelift..!!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini