jump to navigation

Lampu Utama Nyala Redup ? Socket Juga Bisa Berpengaruh Agustus 24, 2014

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

spul gosong (1)

Maturnuwun buat rekkan kang ari sesama mekanik yang telah mengirimkan gambar yang sangat bermanfaat, colek Pak Dhe Atim tak tunggu gambarre maneh seng akeh yo. Yup…ada kejadian motor vega zr datang ke bengkel dengan keluhan nyala lampu  utama nggak redup tidak normal.

Yup… motor vega zr menggunakan sistem AC jadi kalau nyala lampu tidak terang ada beberapa hal yang perlu di cek diantaranya ;

1. Cek kondisi bohlam apakah memang sudah rusak atau mau putus.

2.Kiprok sudah rusak,ada dua jenis kerusakan kiprok untuk nyala lampu, yang pertama kiprok konslet (over charging ) ciri2nya semua bohlam putus pada saat diganti bohlam baru langsung putus lagi, karena kondisi normal tegangan yang keluar dari kiprok maksimal 12v jika kiprok konslet tegangan yang keluar bisa lebih dari 12v bahkan sampai 20v lebih, karena bohlam hanya mampu menerima tegangan maksimal 12v jika lebih dari 12v maka bohlam akan putus. Yang kedua kiprok sudah lemot, inilah yang membuat nyala lampu jadi redup karena kerja kiprok sudah tidak maksimal lagi, biasanya tegangan yang keluar dari kiprok dikisaran 5v walaupun motor sudah digeber2.

3.Jika kiprok sudah diganti tapi nyalanya masih redup maka hanya tersisa satu yaitu spul, biasanya jika spul sudah konslet atau kerjanya sudah tidak bisa maksimal bisa terjadi pada umur motor yang sudah tua atau 5 tahun lebih.

Ketiga faktor diatas harus dicek semua, bohlam mau putus juga biasanya nyala redup dulu baru kemudian dia putus. Cara ngeceknya coba ganti bohlam yang masih normal kalau sudah ganti bohlam yang normal kok masih redup berarti ada masalah di sistem kelistrikannya. Cek kondisi kiprok dengan memakai volt meter kemudian setel ke AC colokkan ke pitingan lampu colokkan ke kabel massa dan plus kemudian motor dinyalakan dan geber sampai 5ribu rpm lihat tegangan yang keluar harus terbaca maksimal 12volt jika hasilnya dibawah 12 volt atau bahkan lebih dari volt maka diantara kiprok dan spul ada yang tidak beres. NB : lakukan hal pengecekan ini di bengkel saja kalau sampeyan masih awam.

spul gosong (2)

Jika faktor diatas sudah dicek dan ternyata normal, maka perlu diwaspadai kondisi kabel2 dan soket seperti yang terjadi pada motor vega zr ini Ternyata kondisi soket di spul gosong, karena soketnya gosong alhasil soket tidak bisa menerima dan mengalirkan arus listrik dengan sempurna sehingga nyala lampu jadi redup. Untuk hal2 yang menyebabkan soket bisa gosong silahkan klik disini.

Untuk kasus soket spul gosong tentunya harus ganti spul assy, untuk motor vega harga spul HET sebesar 214ribu belum termasuk ongkos pasang.

Berikut video contoh nyala lampu redup saya ambil saat dulu ada kejadian motor FIZ-R kiproknya sudah lemah.

Nyala lampu redup.

Nyala lampu normal setelah ganti kiprok.

Tags:

Komentar»

1. chakim92 - Agustus 24, 2014
2. fitronzawaramotor - Agustus 24, 2014

kalo di motor injeksi apa sama???

aripitstop - Agustus 24, 2014

sama, dengan lampu sistem AC pula

Kobayogas - Agustus 24, 2014

sipppp nice inpoh….
———
Impression review 2 ayago dari Honda, Dash RS 125 dan Sonic RS Super 125…!
http://kobayogas.com/2014/08/23/impression-review-honda-nova-dash-rs-2-tak-dan-honda-sonic-4-tak-menggiurkan/

3. mbladeush - Agustus 24, 2014

kalo lampu HID redup piye? 😀

satu satunya pabrikan yang full support kelas 150

—————–

sikap Marquez setelah finish buruk di Brno

http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/24/marquez-paham-bagaimana-bila-ia-menang-tapi-apakah-ia-paham-dengan-kekalahan/

aripitstop - Agustus 24, 2014

ganti motor anyar wae

mbladeush - Agustus 24, 2014

Wekekekekeke

4. kudo78dk - Agustus 24, 2014
5. 46sukses.com - Agustus 24, 2014

Mau tanya kang ari,bisa nggak ya sebuah motor lampunya di buat terang kayak mobil,,,kira2 berapa ragatnya,???…yuiiiii!!!!

aripitstop - Agustus 24, 2014

ganti full DC ganti kiprok spul plus tetek bengek…paling sithik entek 800an,

6. ipanase - Agustus 24, 2014

semua yang berpengaruh dengan kelistrikan 😀

7. agung jatmiko nurhutomo - Agustus 24, 2014

kang ari saya silent rider nih mau tanya,, d rumah ada motor yamaha crypton tahun 2000an , permasalahannya saya pengen motor saya tenaganya seperti motor baru beli,,, kemarin dah pindah-pindah bengkel turun mesin 3 x , ganti cdi, dll total dah hampir 3jt , tapi motor tetep lembek. saya tinggal di Indrapura Sumatera Utara, terimaksih kang Ari

8. xplatfromdohc - Agustus 24, 2014
9. idham - Desember 20, 2015

Wah tulisan ini jelas dan terang benderang, dah cari kemana2 ternyata ini adalah penjelasan terbaiknya.

10. Helo kity - Desember 27, 2015

Kang Ari ini dimana posisi bengkelnya

11. toni - April 15, 2018

tolg dibantu.saya udah ganti kiprok lampu tetap redup montor honda suprax125.tapi kalau gas tinggi lampu terang…

aripitstop - April 16, 2018

Spullnya kemungkinan sudah rusak


space for ads

%d blogger menyukai ini: