image

Yup, kemarin pihak yamaha sudah memberikan jawaban ( baca disini) akan tetapi jawaban tersebut masih dianggap tidak menjawab pertanyaan yang sesungguhnya karena dianggap masih mengambang. Kemarin pihak yamaha memberikan penjelasan lanjutan kenapa motor om leo bisa turun sampai 2 hp.

“Menjawab pertanyaan issue ini, penurunan horse power adalah hal yang wajar jika masih berada diantara 2 dk, banyak hal yang mempengaruhi perbedaan tersebut. Jika menginginkan horse power yang sama pastikan beberapa hal berikut, yaitu 4M + 1 E. Faktor Manusia, Machine, Material & Method + Environtment,” ungkap M. Abidin.

“Faktor Manusia, pastikan cara pengoperasiannya standard dan sesuai, juga dilakukan orang yang sudah terlatih. Faktor Machine, mesin dynojet yang digunakan untuk mengukur high quality measurement tools. Memiliki reliability yang baik dan di maintenance dengan baik jika sering digunakan.”

“Faktor Material, dalam hal ini motor yang dipakai untuk tes, harus dalam kondisi yang sama. Artinya masih baru, pastikan KM nol benar-benar fresh dari final inspection & setting motor juga harus sama. Kemudian Faktor Metode, tata cara sesuai metodologi yang tepat. Artinya ada standardisasi yang dipakai oleh pemerintah setempat.”

“Faktor terakhir adalah Faktor Environment atau lingkungan, suhunya harus sama. Kalau di pabrik kami melakukan tes dynojet, suhu rata-rata adalah 20 derajat celcius. Pastikan kondisinya sama saat tes serta berada di ruang tertutup. Jika semua persyaratan ini terpenuhi maka kita baru bisa menarik kesimpulan.”

Abidin menambahkan bahwa selama ada salah satu hal saja yang tidak terpenuhi dari 4 faktor di atas, hasilnya pasti akan berbeda. Belum lagi jika melakukan pengetesan pada mesin dynojet portable yang bisa dibawa ke mana-mana. Deviasi pasti akan besar, karena banyak faktor yang berpengaruh.

Yup, semoga jawaban diatas mencerahkan buat para konsumen terutama yang ragu untuk meminang sang muka hiu. Memang kalau hanya satu motor saja yang dites belum menjawab keraguan yang ada agar konsumen tidak memiliki persepsi yang mengambang. Agar clear karena ini produk massal harus ada tes lanjutan memakai motor konsumen minimal 10 unit dan kita lihat hasilnya.

 

 

1 KOMENTAR

  1. ane nggk terlalu percaya om sm alasan2 yg diutarakan yamaha.. karna fakta berbicara lain..
    wong test di tempat yg sm, mesin dyno jg sm.. kalau beda faktor2 lain berapa sih turunnya tuh power ?!

    • Yg dipermasalahkan itu soalnya dr grafik om leopold dr test dyno intinya bukan di pengurangan 2dk saja
      Tapi yg menarik kok grafiknya menurun setelah 10500rpm yg menyebabkan selisih HP
      Beda dengan tes unit otomotfnet yg masi naik hingga 14rpm
      Jadi kelihatan banget klo stelah 10500rpm tenaganya di cut ama ECU

      dan ini jelas diluar alasan 4M-1E yg diutarakan oleh yamaha

      Ayolah YIMM, kami bukan anak kecil

  2. om ari, jadi intinya, klo memang ada penurunan versi produksi massal, apa karena ecu yang beda? klo iya ecu beda, brti tinggal tunggu aja part ecu aftermarket/ mungkin pabrik mo keluarin.

  3. Yamaha nampaknya mencoba mengarang alesan yang lebih baik drpd jawaban sebelumnya. Tetap saja kecewa dan merasa tertipu kali begini ceritanya. Tidak konsisten dgn apa yg disampaikan sebelumnya.

  4. dalam hal ini, yimm harus bener2 klarifikasi karena user motor ini ‘agak berbeda’ dengan user motor di bawah 20 juta. jangan pake ngambang lagi jawab nya

  5. Coba perhatikan, 4M + 1E
    man
    machine
    matherial
    method
    Environtment

    yg pasti materialnya beda, mesinnya juga beda, kan materialnya ada dimesin juga…

  6. Kata kang adhi sheldiez beda kerenggangan celah busi juga berpengaruh walopun dikit.

    #senenge seng nduwe erselawe

  7. Soal ambient temperature saat pengetesan sepertinya gak perlu dibahas karena akan lebih membuka ‘level kepintaran’ petinggi YIMM, sebab ECU memiliki kemampuan deteksi kondisi kerapatan O2 dan menyesuaikannya dengan ignition timings.
    Ini sudah bukan jaman vacuum advance system di karburator yg harus dibantu geser2 !

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini