Advertisements
jump to navigation

Motor Bebek Terasa Loncat Loncat Saat Pindah Gigi, Ini masalahnya… Mei 27, 2014

Posted by aripitstop in : OTOMOTIF , trackback

CLUTCH (1)

Motor bebek yang sudah berumur biasanya saat pindah gigi terasa aga getaran selip seperti rantai mau lepas, terjadi setelah pindah gigi terutama dari gigi satu pindah ke gigi dua apalagi saat boncengan atau membawa beban berat maka motor terasa loncat loncat, itu diakibatkan karena kampas kopling otomatis dan rumah kopling otomatis sudah selip bahkan sudah habis/aus, kejadian ini terjadi hanya pada motor yang memakai kopling otomatis.

Seperti yang terjadi pada motor yang baru saja terjadi, owner motor jupiter z tahun 2007 ini ngeluh motornya saat pindah gigi dan bawa boncengan terasa getar dan loncat2. Setelah dibongkar bagian kopling ternyata kampas kopling otomatis sudah hampir habis dan kondisi rumah kopling otomatis sudah aus.

Lihat gambar dibawah ini kondisi rumah kopling jupiter z yang sudah tampak aus dan terlihat alur bekas tapak dari kampas koplingnya sudah dalam banget, ini yang menyebabkan motor terasa loncat2 karena antara kampas kopling dengan rumah kopling sudah selip.

CLUTCH (4)

Kondisi kampas kopling otomatis sudah aus bahkan sanpai habis juga sangat berpengaruh terhadap kondisi selip, bahkan performa motor juga berkurang karena motor sering selip.

CLUTCH (2)

Untuk harga rumah dan kampas kopling otomatis tergolong lumayan nguras kantong karena rata2 harganya diatas 500ribu untuk satu setnya.

kampas kopling

 

Ada yang kurang ? monggo ditanyakan…

Advertisements
Tags:

Komentar»

1. otoreblog - Mei 27, 2014

Reblogged this on otoreblog.

hery - Oktober 15, 2015

kang kalau honda blade 2009 dalam keadaan netral ada bunyi kencang tok tok tapi kalo dah over perseneling bunyinya tidak ada lagi, kira 2 apanya kang, trims

2. ari - Mei 27, 2014

nice info bro..

====================================
tulisan baru setelah libur nulis
http://zulari58.wordpress.com/2014/05/26/kelebihan-dan-kekurangan-honda-mobilio/

3. ari - Mei 27, 2014

motor ane honda supri th 2001 belum ada loncat2 tuh ๐Ÿ™‚

4. potretbikers - Mei 27, 2014

Jupiterku sudah pakai Kopling manual, jadi lonca-loncat sudah biasa ๐Ÿ˜‰ wakka

http://potretbikers.com/2014/05/27/memotret-ladscape-dengan-kamera-sederhana-menggunakan-evercoss-a7t/

5. toni - Mei 27, 2014

mas itu apa karena oli yg gak bagus ya? o ya… apa efeknya kalo mesin yg volume olinya 800 ml diisi oli sebanyak 1 liter? matur suwun.

aripitstop - Mei 27, 2014

bukan karena oli, tapi memang sudah umurnya saja, efek ngisi oli berlebihan… oli bisa naik ke filter motor bisa brebet.

6. Kobayogas - Mei 27, 2014
7. ndesospeed - Mei 27, 2014

regone mantap

8. monkeymotoblog - Mei 27, 2014
9. Fauzan Arie Kusuma - Mei 27, 2014

klo jupiter z1 injekson suka mati sendiri klo mesin keadaan panas kenapa tuh kang???klo di sela langsung kendor aja selaannya.sudah 2 x terjadi sama motor saya,,,tlng di bantu kang..thx

aripitstop - Mei 27, 2014

saya sarankan untuk minum carbon cleaner dua minggu sekali…

Fauzan Arie Kusuma - Mei 27, 2014

oh begitu..makasih ya kanG……………………………………..

Fauzan Arie Kusuma - Mei 30, 2014

itu caranya gmn ya kang…di campurkan ke bbm nya apa gmn ya…tolong dong penjelasanya…thx

aripitstop - Mei 30, 2014

iya sebelum isi bbm tuang dulu satu botol.

Fauzan Arie Kusuma - Juni 4, 2014

oke kang

10. ryan cooper - Mei 27, 2014

klo dbwa ke BERES yamaha.total ongkos bnkar hrga sparepart..hbs brpa Kang..?

11. nivikoko - Mei 27, 2014

Bebek nggak punya gigi kaliii kang.. Ngoahahahah. Mau tau top speed yamaha R25. http://www.nivikoko.com/2014/05/27/speed-yamaha-r25-tembus-154-kmjam-posisi-masih-di-rpm-11-000-juwosssss/

12. pak tarno - Mei 28, 2014

mas, gimana seandainya kopling ganda yg aus itu dibuang ganti kopling manual aja.
kan lebih murah. soalnya bak mesin jupiter berkopling banyak di pasaran
atau kopling ganda cukup dinonaktifkan tanpa dicopot plus diganti kopling manual.
mohon pendapatnya

aripitstop - Mei 28, 2014

Bisa… Klo kopling ganda cuma dilas/non aktivkan tanpa bikin kopling manual motor mlah jd loncat beneran….seperti mtr matic, g ada netralnya.
Bisa dimanualin tp ya ada resikonya, stang seher cepat oblak.

pak tarno - Mei 28, 2014

iya nih, maksud saya mau manualin motor bebek. kebetulan juga udah tua.
ini ditawari bak mesin X1 jupiter z. pengin sekalian ane tempel di mesin bebek standart di rumah.
tapi bingung antara mau nyopot kopling ganda atau hanya nonaktifkan saja.
apakah ada pengaruh pencopotan kopling ganda dibanding dengan hanya dinonaktifkan saja pada saat ubah kopling jadi manual?
kalo soal stang kena itu gak masalah bang ๐Ÿ˜€
trima kasih jawabannya mas. sukses selalu.

aripitstop - Mei 28, 2014

jangan dicopot tapi nonaktivkan alias di las to…!dimatiin.
kalo dicopot harus ada bandhul biar krukas seimbang dan motor tidak geter.
klo pk x1 asli yo..jos lach

Dian Anugrah Putraโœ— (@dhiankcs) - Januari 9, 2015

aripitstop@ motor sy kopling otomatis terus sy ubah ke kopling manual, tapi kopling gandanya gak dilas, hanya di buka ring bos. dampaknya gimana tuh nantinya?

Kang ari - Januari 9, 2015

efeknya jangka pangjang sama saja sich…

13. roda2makassar - Mei 28, 2014

pengalaman, jadi manual, stang seher minta ganti sama rumah kopling minta ganti karetnya(oblak)

14. atlantis - Mei 28, 2014

transmisi z1 sering miss, terutama dari netral ke 1. bawaan atau bukan kang

aripitstop - Mei 28, 2014

bukan bawaan, setel setelan giginya

15. Aji Kusuma (@AjiAnzhi) - Juli 26, 2014

Bang nanya dong motor supra 100cc saya tahun 2001 kalo dinyalain biasa aja tapi pas dimasukin gigi 1 rada loncat kaya motor kopling jalan sendiri kalo ga buru buru digas loncat mati. kalo udah jalan oke oke aja tapi setiap dipake berenti kalo masih masuk gigi langsung loncat mati

16. david - Juli 29, 2014

apa efeknya mas jika motor saya jupiter z 2003 rmah kampas kopling gandanya tidak saya ganti mohon penjelasanya

17. Dodi W - September 9, 2014

OM Ari,kalo cara masang Cage di rumah kopling ganda gimana sii?
pas saya pasang rumah kopling malah ga bisa muter kruk as
mohon solusinya

18. danikriss - September 22, 2014

1 paket kopling buat jupiter z2010 yg tinggal pasang doank kira2 harga’a brp ea bossss?????

19. doni - September 27, 2014

ty bermanfaat bgt ,….

20. heryvixen - Oktober 16, 2014

saya sudah coba ganti,tapi setelah berapa lama kemudian,gigi satu ke gigi dua masih ada gejala loncat tapi hanya di awal start.gigi satunya pendek nafasnya ga tau kenapa..
http://herybiker.wordpress.com/2014/06/23/ganti-mangkok-kopling-shogun-125-r/

21. ervan - Desember 13, 2014

ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุงุชูู‡ู ‘ Minta pencerahannya dong Mas Ari … Baru2 ini motor jupiter burhan saya masuk bengkel ganti kampas kopling otomatis + rumahnya, namun sama mekaniknya bukan dipakein yg ori… Setelah selesai malah bunyi kasar di mesin, seperti ada gesekan bunyinya keras. Apa krn ada kesalahan pasang atau memang bgtu klo sparepart ลธยชโ™Œฤœ bukan ori ?? Terima kasih jawabannya Mas !!!

aripitstop - Desember 13, 2014

kesalahan pasang kemungkina tidak tapi kualitas sparepart yang tidak pasti tidak presisi sehingga timbul noise

ervan - Desember 14, 2014

Maaf nih nanya lagi … Rumah oto kopling jup 08(GY) harga 290 rb. Oto kopling jup z assy (GY) 230 rb.
Istilah GY itu apa mas ?? Apakah ori atau kw ??

22. ARIF - Desember 22, 2014

om agar honda mau loncat gigi dua kita buat apa ya ?

23. Gunawan - Januari 1, 2015

Masalah di kopling mtr jupiter z th 2010

ko abis gandti
rumah ganda kampas kopling plat kopling ,,ko motor jalan mash saja endet2an kya kopling lepas

tolong info,a

aripitstop - Januari 1, 2015

Pastikan kampas ganda dan rumah ganda asli.
Klo yg diganti cuma rumah ganda saja tapi kampas ganda nggak ganti, Masih selip

24. Yasir - Februari 11, 2015

Motor saya jupiter mx 2010, kalo lgi jaln dg gas yg tanggung akan menyebabkan jalan yg tdak normal, sperti rantai yg kendur… Pdahal rantai motor stabil…

25. beat - Maret 16, 2015

salam kenal gan…
aku mau tanya nih soal jupiter ’08, saat langsam ada suara dug-dug pada mesin sblh kanan. karet kopling udah ganti tapi tetep aja bunyi, mohon pencerahannya?? trims

Kang ari - Maret 16, 2015

Bisa karet kopling yg keras, atau bunyi laher kruk as yg mulai oblak

26. nurfahthomi - Mei 1, 2015

mohon pencerahannya kang ari , saya ada jupiter mx 2011 kopling otomatis , udah beberapa bulan ini .. akselerasinya berat , mesin terasa kasar sekali , untuk gigi 1 dan 2 paling parah , selain berat susah stabil , sering loncat loncatan kalau di gas , posisi km 55.000 .. apa sudah saatnya service berat?

27. qie - Mei 25, 2015

bang…vega R ane klo masuk gigi loncat..terus mati…ud kaya kopling mobil…
perlu d ganti apanya ya??
makasih….

Kang ari - Mei 25, 2015

Biasanya cage sudah hancur mesti bongkar kopling

28. Black MX - Mei 25, 2015

permisi kang ari, saya adalah pembaca setia di blog kang ari nih…mau tanya
saya punya jupiter mx ’05’ udah diubah kopling manual memakai part ori jupiter mx manual diberes yamaha total habis 1 jutaan hasilnya enak akselerasi responsif buat boncengan juga oke tapi akhir-akhir ini bagian kalter kanan bunyi mendengung kayak orang nangis trus juga bunyi tek tek tek kalo kopling ditarik bunyi mereda(tapi gak hilang) jika tuas dilepas bunyi muncul lagi apalagi saat jalan pelan sekitar 20 kmh bunyi kretek-kretek kalo dibawa ngebut nggak bunyi…terus motor distandar tengah mesin dihidupkan gigi masuk ke 1 kopling ditarik ban belakang masih muter(harusnya kan kopling ditarik ban berhenti muter?) jika ban belakang direm rpm mesin turun tapi tidak mati(tadinya rpm 1300 turun ke 1100-1000) kayak kanvas kopling ketahan gitu nggak loss sudah distel sampai kick starter hampir ngeloss pun masih tetep muter itu ban…dan satu lagi kalo pagi-pagi motor hanya dipanasin sebentar trus dibawa jalan saat akselerasi kopling suka selip tapi kalo siang kok nggak selip ya alias normal?kira-kira kenapa ya?apakah karet kopling, rumah kopling atau apa ya maaf nih saya awam dalam permesinan motor.
mohon dijawab ya kang….

29. yanto - Juni 1, 2015

misi kang ane mau nanyai kenapa win saya kalo gigi 3 nya sering loncat loncat mas,mohon bantuan nya kang

30. muhammad ichsan nudin azizi - Juni 2, 2015

kang ane mau nanya nih.,motor ane vega r tahun 2005.,motor ane koplingnya gak bisa ditahan,kopling gandanya atau apanya yg rusak ?
mohon dijelasin kang !

Kang ari - Juni 2, 2015

maksudnya nggak bisa ditahan ?

31. Sarip Hidayat - Juni 25, 2015

om ane mau numpang tanya… motor ane Supra x 125 Tahun 2005. kenapa ya ko giginya ga maen ( di turunin ga bisa, dinaikin jg ga bisa ) jd manteng aja di gigi 2, ga bisa di oper. mohon pencerahannya ya om…

32. aantok - Juli 18, 2015

mas apa rumah2 prodo ganda pengaruh ma tenaga

33. abdi - Oktober 17, 2015

mas itu smash gigik nya koq loncat loncat apa nya kira kira itu..

34. Yudi - November 16, 2015

Sukses selalu

35. ronie - November 30, 2015

Sepengetahuan saya foto foto sparepart diatas itu nama nya adlh ‘kanvas ganda” kok anda menyebut nya dgn kanvas kopling.. mohon untuk dijelaskan lebih detail lagi.. soal nya saya kurang mengetahui.. mohon dijelaskan.. terimakasih

36. soim - Januari 1, 2016

Bos…kalau kampas kopling sogun 125 di masukin ke mtor smash 2005 bsa ga ya bos…

37. Yopi Winanto - Januari 28, 2016

sebelumnya makasih banget infonya,persis ama yang ane alami sama motor ane gan,,mau nanya kira kira kalo kita telat ganti/perbaiki tuh kampas koplingnya,akibatnya bisa merembetke part yang lainya ga gan?
terimakasih

Kang ari - Januari 28, 2016

Bisa, v belt cepat aus dan secondary sliding cepat aus juga

38. dodi - Februari 9, 2016

Kang mau tanya klo motor vega sudah pake kupling tangan tapi pas gigi 2 awalanya loncat loncat nyungken saranna haturnuhun

Kang ari - Februari 9, 2016

itu ada msalah di kopling otomatisnya yang dimatiin mungkin tidak center atau rumah kampas kopling tidak center dengan dudukan kampas kopling dan tutupnya

39. ussa - Februari 16, 2016

mas cara pasang laher bambu dan pin dowel serta per nya gemana nih…

40. Agung Dwi - Maret 15, 2016

Betul sekali kang.. Motor daya Supra Fit thn. 2006, Kanpas Kopling Ganda & Rumahan (Mangkok) sudah habis.. mempengaruhi kurangnya kecepatan

syamsudin - Maret 19, 2016

Bang punya ane jupiter z 2007 loncat2 tuh pasti dong kampas kopling ganda habis tapi tp blm parah,yang saya maksud rumah koplingny kira2 kena ga ya..

41. Emzeth - Maret 21, 2016

Cara buka mangkoknya (kelingan)gimana gan?

Kang ari - Maret 21, 2016

digerinda

42. alie thamfolls - April 8, 2016

Jupiter z ane kalo turun gas dr besar ke kecil ada suara ‘dek dek’ spt gigi nyangkut
kira2 apanya ya?

43. wiro gandri - Juni 30, 2016

Tolong gan apa penyebab motor supra lama kalo dimasukin gigi 1 tanpa di gas bisa jalan sendiri ,tolong di bls y gan

44. tamamrasyid - Juli 21, 2016

Assalamu’alaikum mas numpang tanya motor saya jupiter z2007 sudah kopling tangan masalah.nya kalo motor di pake jalan ada suara di bak kopling kayak orang nangis tapi kalo netral gak ada suara.nya itu apa.nya ya mas?

45. robi - Agustus 21, 2016

bos mtor ane jupiter z 2005 jadi rumah ganda sama kopleng nya persis kyak gambar di atas
trus jga bunyi bunyi kring2 di bagiann ganda saat posisi motr ngak netral ,trus kalo di netlar in langsung hilang bunyi nya apa penyebab nya aus pada rumah ganda dan kampas anda bos?

46. Selamat - September 11, 2016

Mas Ari, klo solusi untuk kopling otomatis (sentrifugal) beserta rumahnya yg sudah aus, spt contoh di artikel ini, tanpa harus membeli baru, adakah? Klo ada, seperti apakah solusinya? Dan apa kekurangannya / kelemahan nya dibandingkan dgn beli baru? Soalnya kantong lagi tipis nich.

47. Ridwan setiawan - September 16, 2016

Mantap pnjlasannya bisa nmbah ilmu ditunggu artikel lainnya

48. Ihsan - September 21, 2016

Di gambar kampas gandax yg no 9 itu per kecil fungsix apa yah, soalx punyaku pas di buka ga ada..soalx klo undur gigi angine brakex ga fungsi jd kayak matic…

49. Ridwan Setiawan - November 14, 2016

Motor sy MX 135 klw lgi pake gigi 2 suka pindah sndiri k gigi netral knpa y??

50. imam - November 29, 2016

motot saya jupiter z thn 2007 abis ganti kampas kopling tapi rumahanya gak di ganti karna masih bagus. tapi pas nambah gigi terus gas nya di turunin kok malah rasanya slong kaya gigi netral. mohon pencerahanya

51. Eko - Desember 21, 2016

Motor punya ane udah diganti kampas sama rumah kopling ganda nya ,habis dipasang mang ga ada loncat tapi selang 3 hari udah loncat2 lagi mang ci ga separah sebelum diganti tapi kalo keterusan bisa jadi tambah parah, sebenernya apa nya ci kendala nya apa ada kerusakan lain nya… Tks

52. lrs - Januari 1, 2017

Mas saya ganti kampas ganda dan mangkoanya,t api motor dihidupkan setelah masuk gigi langsung mati,apanya yang salah ya,.motor vega 2oo3.

53. darwis - Januari 3, 2017

Kang..
Motor saya kan vega r keluaran ke 2 yg masih tromol…
Kemafin saya udah ganti kampas kopling sama kampas otomat…
Tapi setelah slesai motor saya pas mau pindah gigi satu dan mau star motornya mati…
Udah jadi seperti mtor yg punya kompling tangan..
Tapi ini kaplingnya di atur di kaki kang…
Mohon bantuannya…

aripitstop - Januari 3, 2017

kemungkinan ada salah pasang komponen kopling, minta dicek lagi atau ada setelan kopling otomatisnya kurang pas.

54. ikram - Januari 8, 2017

Bang gear honda karisma saya udah longgar,,,jadi saya mau bertanya apa solusi nya?

55. Rio12345 - Januari 13, 2017

Itu kampas ganda om mekanik bkn kampas kopling. Mekanik amburadul

aripitstop - Januari 13, 2017

TERIMA KASIH

56. Egy winata - Januari 14, 2017

Gan ane mau nanya. Motor ane kalau disela suka ngelos, itu penyebabnya apa ya gan?

57. ega - Februari 20, 2017

Bos mau tanya boleh ga??

58. ega - Februari 20, 2017

Bos mau tanya boleh ga??

59. syamsul maarif - Februari 23, 2017

punten. Kang saya punya suzuki satria fu sudah 1 minggu di ganti kampas tapi setiap motor dingin terus di masukin gigi seperti tidak di tekan kopling tangan nya (anjlok) gejala itu setiap motor dingin dan biasanya pagi pagi.
Penyebabnya apa yah?

aripitstop - Februari 23, 2017

kemungkinan dari kampas koplingnya atau pemasangan tidak pas

60. daus - Februari 23, 2017

Ask

Mau tanya boleh ya
Motor saya suzuki arashi masalahnya ada di persneling, saat pedal gigi naik/turun saya tahan kmudian di gas masih berputar
Setelah saya cek setelannya yg di samping blok mesin itu ternyata mentok keluar dan susak buat di masukan lg
Mohon tutorial cara memperbaikinya
Trims

aripitstop - Februari 23, 2017

klo setelan sudah mentok kemungkinan baut macet, mesti dibongkar baknya, klo bautnya selek harus ganti baru

61. Erwan - Februari 25, 2017

Saya sudah ganti kampas ganda dan rumahannya setelah sya mau coba saya masukin gig 1 lqngsung loncat dan mati.kira2 masalahnya di mana ya

62. mon mon - Maret 18, 2017

Mas kalau motor vega r d pasang bak koplig gak bisamasuk perseneleg/keras
Kalau di buka bak koplig seperti biasaya apaya ya mas

63. Jufri - Maret 29, 2017

Honda supra x tahun 2001, gigi tiganya kyak ada orng tarik2 dibelakng alias loncat2, apa kndalanya,?


space for ads

%d blogger menyukai ini: