CLUTCH (1)

Motor bebek yang sudah berumur biasanya saat pindah gigi terasa aga getaran selip seperti rantai mau lepas, terjadi setelah pindah gigi terutama dari gigi satu pindah ke gigi dua apalagi saat boncengan atau membawa beban berat maka motor terasa loncat loncat, itu diakibatkan karena kampas kopling otomatis dan rumah kopling otomatis sudah selip bahkan sudah habis/aus, kejadian ini terjadi hanya pada motor yang memakai kopling otomatis.

Seperti yang terjadi pada motor yang baru saja terjadi, owner motor jupiter z tahun 2007 ini ngeluh motornya saat pindah gigi dan bawa boncengan terasa getar dan loncat2. Setelah dibongkar bagian kopling ternyata kampas kopling otomatis sudah hampir habis dan kondisi rumah kopling otomatis sudah aus.

Lihat gambar dibawah ini kondisi rumah kopling jupiter z yang sudah tampak aus dan terlihat alur bekas tapak dari kampas koplingnya sudah dalam banget, ini yang menyebabkan motor terasa loncat2 karena antara kampas kopling dengan rumah kopling sudah selip.

CLUTCH (4)

Kondisi kampas kopling otomatis sudah aus bahkan sanpai habis juga sangat berpengaruh terhadap kondisi selip, bahkan performa motor juga berkurang karena motor sering selip.

CLUTCH (2)

Untuk harga rumah dan kampas kopling otomatis tergolong lumayan nguras kantong karena rata2 harganya diatas 500ribu untuk satu setnya.

kampas kopling

 

Ada yang kurang ? monggo ditanyakan…

91 KOMENTAR

    • kang kalau honda blade 2009 dalam keadaan netral ada bunyi kencang tok tok tapi kalo dah over perseneling bunyinya tidak ada lagi, kira 2 apanya kang, trims

  1. mas itu apa karena oli yg gak bagus ya? o ya… apa efeknya kalo mesin yg volume olinya 800 ml diisi oli sebanyak 1 liter? matur suwun.

  2. klo jupiter z1 injekson suka mati sendiri klo mesin keadaan panas kenapa tuh kang???klo di sela langsung kendor aja selaannya.sudah 2 x terjadi sama motor saya,,,tlng di bantu kang..thx

  3. mas, gimana seandainya kopling ganda yg aus itu dibuang ganti kopling manual aja.
    kan lebih murah. soalnya bak mesin jupiter berkopling banyak di pasaran
    atau kopling ganda cukup dinonaktifkan tanpa dicopot plus diganti kopling manual.
    mohon pendapatnya

    • Bisa… Klo kopling ganda cuma dilas/non aktivkan tanpa bikin kopling manual motor mlah jd loncat beneran….seperti mtr matic, g ada netralnya.
      Bisa dimanualin tp ya ada resikonya, stang seher cepat oblak.

      • iya nih, maksud saya mau manualin motor bebek. kebetulan juga udah tua.
        ini ditawari bak mesin X1 jupiter z. pengin sekalian ane tempel di mesin bebek standart di rumah.
        tapi bingung antara mau nyopot kopling ganda atau hanya nonaktifkan saja.
        apakah ada pengaruh pencopotan kopling ganda dibanding dengan hanya dinonaktifkan saja pada saat ubah kopling jadi manual?
        kalo soal stang kena itu gak masalah bang 😀
        trima kasih jawabannya mas. sukses selalu.

        • jangan dicopot tapi nonaktivkan alias di las to…!dimatiin.
          kalo dicopot harus ada bandhul biar krukas seimbang dan motor tidak geter.
          klo pk x1 asli yo..jos lach

  4. Bang nanya dong motor supra 100cc saya tahun 2001 kalo dinyalain biasa aja tapi pas dimasukin gigi 1 rada loncat kaya motor kopling jalan sendiri kalo ga buru buru digas loncat mati. kalo udah jalan oke oke aja tapi setiap dipake berenti kalo masih masuk gigi langsung loncat mati

  5. apa efeknya mas jika motor saya jupiter z 2003 rmah kampas kopling gandanya tidak saya ganti mohon penjelasanya

  6. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ‘ Minta pencerahannya dong Mas Ari … Baru2 ini motor jupiter burhan saya masuk bengkel ganti kampas kopling otomatis + rumahnya, namun sama mekaniknya bukan dipakein yg ori… Setelah selesai malah bunyi kasar di mesin, seperti ada gesekan bunyinya keras. Apa krn ada kesalahan pasang atau memang bgtu klo sparepart Ÿª♌Ĝ bukan ori ?? Terima kasih jawabannya Mas !!!

  7. Masalah di kopling mtr jupiter z th 2010

    ko abis gandti
    rumah ganda kampas kopling plat kopling ,,ko motor jalan mash saja endet2an kya kopling lepas

    tolong info,a

  8. Motor saya jupiter mx 2010, kalo lgi jaln dg gas yg tanggung akan menyebabkan jalan yg tdak normal, sperti rantai yg kendur… Pdahal rantai motor stabil…

  9. salam kenal gan…
    aku mau tanya nih soal jupiter ’08, saat langsam ada suara dug-dug pada mesin sblh kanan. karet kopling udah ganti tapi tetep aja bunyi, mohon pencerahannya?? trims

  10. mohon pencerahannya kang ari , saya ada jupiter mx 2011 kopling otomatis , udah beberapa bulan ini .. akselerasinya berat , mesin terasa kasar sekali , untuk gigi 1 dan 2 paling parah , selain berat susah stabil , sering loncat loncatan kalau di gas , posisi km 55.000 .. apa sudah saatnya service berat?

  11. bang…vega R ane klo masuk gigi loncat..terus mati…ud kaya kopling mobil…
    perlu d ganti apanya ya??
    makasih….

  12. permisi kang ari, saya adalah pembaca setia di blog kang ari nih…mau tanya
    saya punya jupiter mx ’05’ udah diubah kopling manual memakai part ori jupiter mx manual diberes yamaha total habis 1 jutaan hasilnya enak akselerasi responsif buat boncengan juga oke tapi akhir-akhir ini bagian kalter kanan bunyi mendengung kayak orang nangis trus juga bunyi tek tek tek kalo kopling ditarik bunyi mereda(tapi gak hilang) jika tuas dilepas bunyi muncul lagi apalagi saat jalan pelan sekitar 20 kmh bunyi kretek-kretek kalo dibawa ngebut nggak bunyi…terus motor distandar tengah mesin dihidupkan gigi masuk ke 1 kopling ditarik ban belakang masih muter(harusnya kan kopling ditarik ban berhenti muter?) jika ban belakang direm rpm mesin turun tapi tidak mati(tadinya rpm 1300 turun ke 1100-1000) kayak kanvas kopling ketahan gitu nggak loss sudah distel sampai kick starter hampir ngeloss pun masih tetep muter itu ban…dan satu lagi kalo pagi-pagi motor hanya dipanasin sebentar trus dibawa jalan saat akselerasi kopling suka selip tapi kalo siang kok nggak selip ya alias normal?kira-kira kenapa ya?apakah karet kopling, rumah kopling atau apa ya maaf nih saya awam dalam permesinan motor.
    mohon dijawab ya kang….

  13. misi kang ane mau nanyai kenapa win saya kalo gigi 3 nya sering loncat loncat mas,mohon bantuan nya kang

  14. kang ane mau nanya nih.,motor ane vega r tahun 2005.,motor ane koplingnya gak bisa ditahan,kopling gandanya atau apanya yg rusak ?
    mohon dijelasin kang !

  15. om ane mau numpang tanya… motor ane Supra x 125 Tahun 2005. kenapa ya ko giginya ga maen ( di turunin ga bisa, dinaikin jg ga bisa ) jd manteng aja di gigi 2, ga bisa di oper. mohon pencerahannya ya om…

  16. Sepengetahuan saya foto foto sparepart diatas itu nama nya adlh ‘kanvas ganda” kok anda menyebut nya dgn kanvas kopling.. mohon untuk dijelaskan lebih detail lagi.. soal nya saya kurang mengetahui.. mohon dijelaskan.. terimakasih

  17. sebelumnya makasih banget infonya,persis ama yang ane alami sama motor ane gan,,mau nanya kira kira kalo kita telat ganti/perbaiki tuh kampas koplingnya,akibatnya bisa merembetke part yang lainya ga gan?
    terimakasih

  18. Kang mau tanya klo motor vega sudah pake kupling tangan tapi pas gigi 2 awalanya loncat loncat nyungken saranna haturnuhun

  19. Betul sekali kang.. Motor daya Supra Fit thn. 2006, Kanpas Kopling Ganda & Rumahan (Mangkok) sudah habis.. mempengaruhi kurangnya kecepatan

    • Bang punya ane jupiter z 2007 loncat2 tuh pasti dong kampas kopling ganda habis tapi tp blm parah,yang saya maksud rumah koplingny kira2 kena ga ya..

  20. Jupiter z ane kalo turun gas dr besar ke kecil ada suara ‘dek dek’ spt gigi nyangkut
    kira2 apanya ya?

  21. Assalamu’alaikum mas numpang tanya motor saya jupiter z2007 sudah kopling tangan masalah.nya kalo motor di pake jalan ada suara di bak kopling kayak orang nangis tapi kalo netral gak ada suara.nya itu apa.nya ya mas?

  22. bos mtor ane jupiter z 2005 jadi rumah ganda sama kopleng nya persis kyak gambar di atas
    trus jga bunyi bunyi kring2 di bagiann ganda saat posisi motr ngak netral ,trus kalo di netlar in langsung hilang bunyi nya apa penyebab nya aus pada rumah ganda dan kampas anda bos?

  23. Mas Ari, klo solusi untuk kopling otomatis (sentrifugal) beserta rumahnya yg sudah aus, spt contoh di artikel ini, tanpa harus membeli baru, adakah? Klo ada, seperti apakah solusinya? Dan apa kekurangannya / kelemahan nya dibandingkan dgn beli baru? Soalnya kantong lagi tipis nich.

  24. Di gambar kampas gandax yg no 9 itu per kecil fungsix apa yah, soalx punyaku pas di buka ga ada..soalx klo undur gigi angine brakex ga fungsi jd kayak matic…

  25. motot saya jupiter z thn 2007 abis ganti kampas kopling tapi rumahanya gak di ganti karna masih bagus. tapi pas nambah gigi terus gas nya di turunin kok malah rasanya slong kaya gigi netral. mohon pencerahanya

  26. Motor punya ane udah diganti kampas sama rumah kopling ganda nya ,habis dipasang mang ga ada loncat tapi selang 3 hari udah loncat2 lagi mang ci ga separah sebelum diganti tapi kalo keterusan bisa jadi tambah parah, sebenernya apa nya ci kendala nya apa ada kerusakan lain nya… Tks

  27. Mas saya ganti kampas ganda dan mangkoanya,t api motor dihidupkan setelah masuk gigi langsung mati,apanya yang salah ya,.motor vega 2oo3.

  28. Kang..
    Motor saya kan vega r keluaran ke 2 yg masih tromol…
    Kemafin saya udah ganti kampas kopling sama kampas otomat…
    Tapi setelah slesai motor saya pas mau pindah gigi satu dan mau star motornya mati…
    Udah jadi seperti mtor yg punya kompling tangan..
    Tapi ini kaplingnya di atur di kaki kang…
    Mohon bantuannya…

    • kemungkinan ada salah pasang komponen kopling, minta dicek lagi atau ada setelan kopling otomatisnya kurang pas.

  29. punten. Kang saya punya suzuki satria fu sudah 1 minggu di ganti kampas tapi setiap motor dingin terus di masukin gigi seperti tidak di tekan kopling tangan nya (anjlok) gejala itu setiap motor dingin dan biasanya pagi pagi.
    Penyebabnya apa yah?

  30. Ask

    Mau tanya boleh ya
    Motor saya suzuki arashi masalahnya ada di persneling, saat pedal gigi naik/turun saya tahan kmudian di gas masih berputar
    Setelah saya cek setelannya yg di samping blok mesin itu ternyata mentok keluar dan susak buat di masukan lg
    Mohon tutorial cara memperbaikinya
    Trims

  31. Saya sudah ganti kampas ganda dan rumahannya setelah sya mau coba saya masukin gig 1 lqngsung loncat dan mati.kira2 masalahnya di mana ya

  32. Mas kalau motor vega r d pasang bak koplig gak bisamasuk perseneleg/keras
    Kalau di buka bak koplig seperti biasaya apaya ya mas

Ketik Komentar Anda